HomeTips & TrickGreen & Healthy10 Solusi Kamar Tanpa Ventilasi, Mudah Dilakukan!

10 Solusi Kamar Tanpa Ventilasi, Mudah Dilakukan!

Ayo coba cek berapa ventilasi udara yang ada di rumahmu Eigerian, apakah sudah memenuhi standar sebuah ruangan sehat? Lalu bagaimana dengan kamarmu, sudahkah  terdapat ventilasi yang mencukupi? Jika belum, tips di bawah ini penting banget buat kamu loh, ada daftar solusi kamar tanpa ventilasi yang bisa kamu ikuti. 

Ventilasi Itu Penting Eigerian! 

Ventilasi jadi salah satu bagian penting dalam suatu bangunan. Hunian yang nyaman bergantung pada ventilasi udara yang baik. Keberadaan ventilasi juga bisa jadi pertimbangan saat kamu mencari rumah atau kamar yang sesuai. 

Sebenarnya apa itu ventilasi? Ventilasi adalah sistem pertukaran udara di suatu ruangan. Aliran udara yang melalui ventilasi dapat dari dalam bangunan menuju ke luar bangunan maupun sebaliknya. Keberadaan ventilasi udara memungkinkan terjadinya pertukaran udara di dalam dan di luar bangunan secara terus-menerus.

Lalu, Bagaimana Solusi Kamar Tanpa Ventilasi?

Walaupun banyak yang tahu pentingnya ventilasi udara, namun kenyataannya masih banyak orang yang belum punya ventilasi yang baik di rumahnya. Mencari solusi untuk ventilasi ruangan memang terasa gampang-gampang susah. Maka dari itu yuk kita simak daftar solusi kamar tanpa ventilasi di bawah ini. 

1. Jangan Simpan Terlalu Banyak Barangmu!

Siapa Nih dari Eigerian yang hobi menyimpan banyak barang di kamar? Yuk mulai berbenah dan sortir barang-barangmu. Simpan barang secukupnya yang hanya kamu butuhkan. Eigerian juga bisa memilih perabotan yang minimalis dan tidak memakan tempat. 

Punya banyak barang apalagi dengan ukuran yang besar bisa membuat kamarmu terlihat sempit dan pengap. Nah maka dari itu ini bisa jadi solusi kamar tanpa ventilasi yang mudah dan bisa kamu lakukan sekarang. Cara ini dimaksudkan agar ruangan jadi terlihat terkesan lebih lapang dan nyaman.

2. Memaksimalkan Penggunaan Kipas

Apakah kamu pernah merasa gerah dan pengap meski telah menyalakan kipas di kamar? Nah ini mungkin caramu menggunakan kipas angin yang salah Eigerian. Alih-alih mengarahkan kipas angin langsung, seharusnya kipas angin diarahkan ke arah berlawanan dan menghadap dinding. Kamu bisa mencoba cara ini agar keseluruhan sirkulasi udara di kamar jadi lebih stabil sehingga tetap segar. 

3. Gunakan Exhaust Fan 

Solusi kamar tanpa ventilasi selanjutnya adalah dengan menggunakan exhaust fan. Alat ini dapat  membantu kamu untuk menyedot udara dari dalam kamar kemudian otomatis membuangnya keluar. Dengan alat ini kamu ruangan kamarmu akan lebih segar dan sehat. 

Tapi jangan lupa untuk rutin membersihkan exhaust fan ya Eigerian. Kamu bisa memasangkan exhaust fan di atas pintu kamarmu. Ukurannya yang kecil juga tidak memakan tempat, selain itu harganya pun tergolong ekonomis. 

4. Rutin Membuka Pintu dan Jendela

Nah meskipun kamarmu mungkin tanpa ventilasi, kamu bisa memaksimalkan bukaan dari pintu masuk. Selain itu kamu juga bisa rutin membuka jendela rumahmu. Misalnya ketika di pagi hari, kamu bisa membuka seluruh pintu dan jendela yang ada disekitar rumah.

Dengan begini otomatis menjadi ventilasi tempat keluar masuknya udara atau sirkulasi juga. Waktu terbaik untuk membuka pintu dan jendela adalah di pagi hari sebelum jam 10. Pada jam-jam ini udara di luar ruangan juga belum terlalu panas. Sinar matahari juga baik untuk kesehatan tubuh. 

5. Hias Ruanganmu Dengan Tanaman

Kamar tanpa ventilasi udara pasti pengap bukan? Hal ini dikarenakan karena kamarmu kekurangan oksigen. Nah untuk memperkaya zat oksigen tersebut kamu bisa menggunakan beberapa tanaman hias. Tapi perlu kamu perhatikan, jika kamu mengandalkan tanaman hias, kamu perlu lubang ventilasi untuk memungkinkan tanaman berfotosintesis. 

Kamu bisa pilih berbagai tanaman indoor yang cocok dipajang di area kamar.  Ada sukulen, kaktus, dan palem serta tanaman lainya. Nah tapi jangan lupa untuk keluarkan tanamanan malam hari ya EIgerian. Selamat mencoba solusi kamar tanpa ventilasi yang satu ini. 

Baca Juga: 7 Tanaman Rumah Penghasil Oksigen, Bikin Ruangan Anti Pengap

6. Gunakan Cat Dinding yang Warnanya Netral 

Nah salah satu solusi lainya yang bisa kamu coba adalah dengan pilih cat berwarna netral. Tahukah kamu, kenyataan nya memang, cat dinding  yang salah akan membuat kamar tidur terasa pengap. Biasanya warna-warna gelap dan menyerap cahaya akan menimbulkan kesan pengap. 

Cobalah gunakan cat dinding berwarna netral dan cerah. Seperti hijau muda, kuning muda, khaki dan warna lainya. Warna dinding yang pas akan menambah kesan luas pada kamar dengan ukuran yang terbatas. 

7. Pasang Atap Kaca

Kelembapan ruangan yang terlampau tinggi juga dapat membuat kamar terasa pengap dan tentunya bikin tidurmu ga nyaman bukan? Ketika ruanganmu pengap, kamu juga jadi bisa merasakan aroma yang kurang sedap.

Atasi dengan memasang atap kaca. Dengan atap kaca, selain ruangan akan terlihat lebih lapang kamu juga bisa mendapatkan cahaya matahari. Kelembapan udara dalam ruangan juga jadi berkurang. Namun ini hanya berlaku jika kamarmu berada di lantai atas. 

8. Kapan Terakhir Kamu Membersihkan Tempat Tidurmu? 

Ayo Eigerian kapan terakhir kamu membersihkan ruangan itu? Kamar yang bersih dan nyaman pastinya akan membuatmu lebih betah dan nyaman. Maka dari itu pastikan kondisi kamar tidur bersih setiap waktu. 

Kamu bisa meluangkan waktu setiap hari sebelum atau setelah melakukan berbagai kegiatan. Jadikan ini kebiasaan agar kamu bisa hidup lebih sehat dan menjaga kebersihan dalam kamar setiap waktu. Ruangan yang sempit namun bersih, akan membuatmu merasa nyaman. 

9. Coba Pasang Cermin 

Selanjutnya kamu bisa menyiasati kamar yang sempit dengan memasang cermin. Cobalah gunakan cermin yang panjang agar ruanganmu terlihat lapang. Selain itu cermin juga memantulkan cahaya lampu sehingga kamarmu akan terasa lebih terang dan tidak terkesan pengap. 

10. Sudah Coba Pasang AC atau dehumidifier?

Eigerian, jika ruanganmu masih terasa pengap setelah melakukan solusi di atas, kamu bisa coba pasang Air Conditioner atau AC. Selain AC, dehumidifier juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi kondisi lembab di dalam ruangan. Dehumidifier adalah alat yang dapat mengatur kadar kelembapan di dalam ruangan kamu bisa mendapatkanya di marketplace atau toko elektronik terdekat. 

Jangan Biarkan Kamar Terasa Pengap!

Nah itu tadi solusi kamar tanpa ventilasi yang bisa kamu coba. Mudah dan bisa kamu lakukan segera. Jangan lupa untuk selalu simak blog resmi EIGER Adventure ya dan dapatkan informasi menarik seputar promosi, tips and trik dan lainya. Hadir juga give away menarik, so terus simak artikel-artikelnya ya! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru