HomeTips & TrickTraveling10 Tips Liburan ke Jogja Bagi Pemula, Gak Perlu Budget Besar

10 Tips Liburan ke Jogja Bagi Pemula, Gak Perlu Budget Besar

Indonesia punya banyak destinasi wisata seru. Mulai dari kuliner rempah kaya rasa, wisata bahari hingga petualangan alam terbuka yang menantang adrenalin. Banyak tempat yang wajib banget kamu eksplor. Mungkin kamu bisa mulai dengan Jogjakarta. Buat kamu yang baru pertama kali kunjungi kota penuh budaya ini, bisa cek tips liburan ke jogja bagi pemula disini ya! 

Suasana Jogja memang sangat khas dan tidak bisa kamu temukan di kota-kota lainnya. Kamu yang mempunyai hobi yang jalan-jalan, wajib memasukkan kota ini ke dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi.

Pilih Waktu yang Tepat ya Eigerian!  

Jogja jadi salah satu kota tujuan populer untuk liburan. Maka dari itu sudah pasti Jogja akan sangat padat pada saat musim liburan.

Nah untuk kamu yang pertama kali ke kota ini, ada baiknya hindari waktu-waktu puncak liburan. Sebaiknya pilih waktu yang agak longgar atau bukan musim liburan.

Selain itu, liburan di luar high season juga bisa membuatmu lebih hemat. Hal ini karena harga tiket dan hotel jauh lebih murah daripada saat musim liburan.

Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Tidak hanya untuk tiket pesawat saja, tiket kereta juga lebih murah jika kamu pesan jauh-jauh hari. Jadi pastikan kamu pesan tiket minimal 1 bulan sebelum berangkat. 

Membeli tiket jauh sebelum hari keberangkatan memang lebih murah. Hal ini tentu bisa membuat kamu menjadi jauh lebih hemat. Kamu bahkan bisa mendapatkan harga 50% lebih murah daripada harga sebelum keberangkatan.

Booking Hotel yang Murah

Tips liburan ke Jogja bagi pemula selanjutnya adalah booking hotel jauh-jauh hari.  Untuk kamu yang datang sendiri ke Jogja atau liburan ala backpacker bisa memilih hostel yang lebih murah. Selain lebih praktis, harganya juga relatif murah. Apalagi jika kamu booking jauh-jauh hari.

Persiapkan Segala  Kebutuhan Pokok Sebelum Keberangkatan

Obat-obatan, peralatan mandi, makanan ringan, dan kebutuhan yang sekiranya akan diperlukan selama berwisata, lebih baik dipersiapkan sebelum keberangkatan. Barang-barang tersebut biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal di sekitar tempat wisata, mengingat hampir setiap orang pasti membutuhkannya.

Buat Rencana Perjalanan Jadi Tips Liburan ke Jogja Bagi Pemula

Tips selanjutnya adalah membuat itinerary atau jadwal liburan ke Jogja. Itinerary merupakan jadwal perjalanan mulai dari keberangkatan sampai pulang. Dalam itinerary ini harus termuat informasi lengkap mengenai waktu dan tempat kunjungan setiap tempat wisata.

Jangan sepelakan membuat itinerary ya, karena ini bisa bermanfaat membuat liburanmu jadi lebih nyaman. Namun itinerary hanyalah rencana saja, sebab dalam pelaksanaannya terkadang ada perubahan waktu. Yang terpenting adalah itinerary ini bisa kamu jadikan sebagai acuan perjalanan selama liburan di Jogja.

Kunjungi Tempat Wisata Populer Dengan Harga Murah

Ketika berkunjung ke Jogja, kita bisa menemukan begitu banyak tempat wisata populer dengan harga tiket yang masih murah, bahkan gratis. Misalnya saja Malioboro, Nol Kilometer, Benteng Vredeburg, Tugu Jogja, Keraton, Museum Sonobudoyo dan Tamansari. Tempat-tempat wisata tersebut bisa kita kunjungi dengan membeli tiket masuk yang harganya tak sampai sepuluh ribu rupiah, bahkan ada yang bisa dinikmati secara cuma-cuma.

Tawar Sebelum Beli Oleh-Olehmu! 

Ga perlu malu  tawar menawar ketika membeli oleh-oleh. Berbelanja oleh-oleh di Jogja memang harus pandai menawar. Eigerian kamu bisa menawar sampai setengah harga. 

Pandailah untuk mengambil hati penjualnya agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Apalagi jika kamu membeli banyak, coba minta  potongan harga agar bisa lebih hemat.

Batasi Pembelian Oleh-Oleh

Batasi jumlah pembelian oleh-oleh disesuaikan dengan jumlah budget kamu. Kamu hanya perlu membelikan oleh-oleh untuk keluarga dan orang-orang terdekatmu saja.

  1. Mencari Promo

Jika ada promo kenapa tidak? Akhir tahun pasti akan banyak berbagai macam promo menarik dan diskon yang besar. Gunakan kesempatan ini untuk mendapatkan semua seperti tiket perjalanan, hotel, paket wisata perjalanan dengan harga yang murah dan kamu bisa menjadi hemat.

  1. Coba Transportasi Umum 

Fasilitas transportasi umum yang bisa diandalkan ketika berwisata ke Jogja adalah Trans Jogja. Bus-bus Trans Jogja ini dapat mengantarkan kita berwisata ke beberapa landmark Jogja hanya dengan membayar seharga Rp3.600 untuk satu kali jalan. Minimal 10 tempat wajib kunjung seperti Candi Prambanan, Malioboro, Tugu Jogja hingga Kebun Binatang Gembira Loka dapat kita datangi.

Baca Juga: Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Bersama Teman dan Keluarga

Siap Kembali Travelling? 

Travelling bersama EIGER! Dapatkan berbagai kebutuhan perjalanamu dari EIGER. Mulai dari aksesoris, atasan keren, bawahan yang nyaman sampai tas dan sepatu. Dapatkan produk EIGER dengan harga terbaik di website resmi. Dapatkan juga gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru