HomeTips & TrickMountaineering10 Tips Naik Gunung Ketika Puasa Supaya Tidak Batal

10 Tips Naik Gunung Ketika Puasa Supaya Tidak Batal

Mendaki gunung ketika puasa, kenapa engga? Menahan lapar dan haus bisa jadi tantangan tersendiri yang bisa kamu rasakan saat Ramadan tiba. Namun ada berbagai hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin mendaki gunung saat berpuasa. 

Berikut ini adalah beberapa tips agar kamu kuat selama perjalanan pendakian, dari mulai berbagai persiapan sampai daftar latihan fisiknya. Lengkap, cek disini dan jangan lupa subscribe blog EIGER Adventure! 

Lakukan Ini Sebelum Mendaki Gunung Ketika Puasa

Mendaki gunung saat puasa adalah kegiatan yang membutuhkan stamina dan kekuatan fisik yang cukup tinggi. Hal ini memerlukan persiapan yang matang untuk menghindari risiko kelelahan dan dehidrasi saat berpuasa.

Sebelum mendaki gunung, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

1. Persiapan Fisik

Lakukan latihan fisik secara teratur dan intensif beberapa minggu sebelumnya untuk mempersiapkan tubuh dan meningkatkan daya tahan.

2. Persiapan Mental

Siapkan mental yang kuat dan fokus pada tujuan. Jangan berpikir negatif atau ragu-ragu saat menghadapi tantangan di perjalanan.

3. Persiapan Perlengkapan

Persiapkan perlengkapan yang memadai seperti sepatu gunung yang nyaman, pakaian yang tepat, ransel yang nyaman, serta perlengkapan pendakian seperti tenda, matras, sleeping bag, dan lain sebagainya.

4. Perencanaan Rute

Teliti rute yang akan ditempuh dan perhatikan kondisi cuaca serta keamanan jalur pendakian. Kamu juga harus punya alternatif rute jika sewaktu-waktu ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. 

5. Perhatikan Waktu dan Jadwal Berpuasa

Pendakian adalah kegiatan yang membutuhkan energi dan stamina yang tinggi, sehingga sangat penting untuk memperhatikan jadwal dan waktu mendaki yang sesuai. 

6. Bawa Persediaan Air dan Makanan yang Cukup

Pastikan membawa cukup air dan makanan yang dapat memberikan energi dan gizi untuk memenuhi kebutuhan tubuh selama perjalanan.

7. Beristirahat dan Menghindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Beristirahat dan hindari paparan sinar matahari langsung saat sedang istirahat untuk menghindari dehidrasi dan kelelahan.

Daftar Persiapan Fisik Sebelum Mendaki Gunung Ketika Puasa

Dalam hal ini, kesehatan dan keselamatan menjadi prioritas utama. Pastikan untuk memperhatikan kondisi tubuh selama perjalanan.

Segera beristirahat atau meminta bantuan untuk turun gunung  jika terjadi kondisi yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan.

Mendaki gunung saat puasa membutuhkan persiapan fisik yang matang agar tubuh siap menghadapi tantangan yang cukup berat. 

Nah ada beberapa tips persiapan fisik sebelum mendaki gunung saat puasa antara lain:

1. Lakukan Latihan Fisik 

Eigerian perlu membangun keseimbangan, fleksibilitas, serta kekuatan pada kaki dan otot punggung untuk dapat melewati berbagai medan dan jalur pendakian. 

Kamu perlu melakukan latihan fisik secara teratur dan intensif beberapa minggu sebelumnya untuk mempersiapkan tubuh dan meningkatkan daya tahan.

2. Fokus Pada Latihan Kardiovaskular 

Olahraga kardio adalah semua jenis olahraga yang dapat meningkatkan detak jantung. Tujuan dari latihan kardio adalah untuk melatih jantung dan sistem peredaran darah.

Sebuah latihan dianggap sebagai latihan kardio apabila dilakukan paling tidak 10 menit dan dapat meningkatkan detak jantung 50-75% dari detak jantung maksimum. 

3. Jangan Lupa Latih Kekuatanmu! 

Melatih kekuatan otot sangat penting untuk menjaga kesehatan otot. Tidak hanya itu, dengan kekuatan otot yang terjaga baik, aktivitas pun menjadi lebih lancar.

Tubuh akan  terasa lebih lincah, seimbang, dan kuat untuk menahan atau mengangkat beban tertentu. Lakukan juga latihan kekuatan seperti angkat beban, pull-up, atau push-up untuk memperkuat otot tubuh.

4. Jaga Pola Makan yang Sehat dan Seimbang 

Jaga pola makan yang sehat dan seimbang dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan menghindari makanan yang berlemak atau terlalu banyak gula.

 Ini salah satu cara agar kamu juga terhindar dari berbagai penyakit yang membahayakan yang bisa mengganggu perjalanan mendakimu. 

5. Jaga Berat Badan

Jaga berat badan agar tetap ideal dan tidak terlalu berat sehingga memudahkan dalam mendaki. Perlu diketahui sebenarnya menjaga berat badan ideal tidak sulit dilakukan.

 Dengan menerapkan pola hidup sehat, olahraga teratur, menjaga asupan makanan adalah cara agar berat badan bisa selalu terjaga. Dengan menerapkan ini risiko obesitas bisa dihindari.

6. Lakukan Pemanasan

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum latihan fisik atau pendakian untuk meminimalkan risiko cedera. 

Kamu bisa melakukan berbagai pilihan latihan pemanasan. Lakukan pemanasan bersama teman-teman mendakimu agar terasa lebih menyenangkan. 

Baca Juga: 15 Rekomendasi Wisata Religi Terpopuler di Indonesia

Lebih Siap Naik Gunung Dengan Berbagai Produk EIGER!

Selain tips diatas gunakan berbagai produk penunjang perjalananmu dari EIGER. Dari mulai apparel sampai peralatan mendaki lainnya. Gunakan peralatan yang sesuai kebutuhanmu dengan kualitas terbaik. 

Yuk, lengkapi berbagai kebutuhan pendakian kamu, mulai dari apparel, tas, dan sepatu hanya di www.eigeradventure.com dan EIGER Adventure Store! Dapatkan promo menarik dan keuntungan lainya. Tiap belanja di website resmi kamu juga bisa dapat kebebasan metode pembayaran loh!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru