HomeTips & TrickTraveling11 Tempat Liburan Seru yang Sudah Buka, dan Syaratnya

11 Tempat Liburan Seru yang Sudah Buka, dan Syaratnya

Mengingat kondisi yang sekarang ini semakin terkendali, banyak tempat liburan yang kemudian sudah dibuka untuk umum. Namun, pembukaan tempat liburan ini dengan beberapa syarat dan ketentuan, dalam rangka tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Tapi tak usah cemas, sebab setiap tempat atau objek wisata yang diperbolehkan buka berarti sudah memenuhi syarat dan ketentuan dari pemerintah. Tentu, kamu juga sudah bisa berkunjung ke luar daerah, meski sebenarnya masih terdapat himbauan untuk membatasi mobilisasi.

Nah, sebagai referensi yang semoga bisa berguna, berikut beberapa tempat wisata yang sudah dibuka di seluruh Indonesia, serta persiapan travelling jarak jauh yang wajib dilakukan dalam kondisi new normal ini.

Rekomendasi Tempat Liburan Seru Seluruh Indonesia

tempat liburan

1. Pantai Sumur Tiga, Di Sabang

Di titik paling barat Indonesia, ada tempat wisata pantai Sumur Tiga yang bisa jadi destinasi menarik untuk kamu kunjungi. Letaknya di kota Sabang, provinsi Aceh. Pantai ini menawarkan pasir putih dan garis pantai yang panjang, lengkap dengan pemandangan air laut berwarna biru muda.

2. Anambas, Di Kepulauan Riau

Kedua berada di Kepulauan Riau, tepatnya di Anambas. Tempat wisata ini memiliki pemandangan alam yang dijamin membuat siapa saja terpukau, dan terbukti dengan penghargaan sebagai Kepulauaun Tropis Terbaik di Asia versi CNN pada 2013 lalu.

3. Berkunjung Ke Pulau Peucang, Banten

Selanjutnya kamu bisa mempertimbangkan berkunjung ke pulau Peucang. Tempat liburan yang satu ini bisa ditemukan di wilayah Banten, tepat di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon. Di sana tersaji keanekaragaman flora dan fauna, tentu dengan pemandangan alam yang mempesona pula.

4. Kepulauan Karimunjawa, Jepara

Well mungkin tak asing jika disebutkan keindahan Kepulauan Karimunjawa yang sudah terkenal sejak lama. Area ini resmi dibuka dengan penerapan protokol kesehatan ketat, sehingga semua pengunjung bisa menikmati kegiatan dan keindahan alam dengan proteksi lebih baik. Kamu bisa mendatanginya di wilayah Jepara, Jawa Tengah.

5. Air Terjun Kedung Pedut, Di Kulon Progo

Area Yogyakarta tak hanya terkenal dengan wisata budaya dan pantai, namun juga terdapat Air Terjun Kedung Pedut yang berada di Kulon Progo. Di sini kamu bisa merasakan keindahan sekaligus kesegaran udara yang ada, sehingga bisa jadi tempat liburan seru untuk dikunjungi sendiri atau bersama dengan teman dekatmu.

6. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Di Jawa Timur

Nah untuk kamu yang sudah tak sabar melakukan pendakian atau penjelajahan alam, kamu bisa berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Taman nasional ini sudah kembali dibuka dengan penerapan protokol kesehatan, sehingga pengunjung bisa datang menikmati alam dan suasananya dengan lebih nyaman dan aman.

7. Jelajah Pulau Derawan Di Kalimantan Timur

Berada di garis khatulistiwa membuat alam Indonesia menjadi salah satu yang paling indah di dunia. Di pulau Derawan, kamu bisa melakukan penyelaman dan menikmati keindahan bawah laut yang luar biasa. Akses yang mudah dan fasilitas yang lengkap, menjadikannya tempat liburan seru untuk dikunjungi.

Baca Juga : Daftar Buku Best Seller yang Cocok Dibaca Saat Grounding di Alam

8. Nusa Dua, Bali, Tempat Liburan Favorit

Tidak bisa dipungkiri memang keindahan Bali, seluruh wilayah Bali, akan jadi tempat liburan seru yang bisa dikunjungi. Nusa Dua, tepatnya, memiliki pesona yang unik dan menarik banyak sekali turis. Pantai dengan pasir putih dan lembut selalu ramah pada setiap pengunjung. Jangan lupa taati peraturan yang berlaku, baik aturan adat maupun aturan pengelolanya.

9. Taman Nasional Gunung Kelimutu, NTT

Keindahan gunung Kelimutu dan kecantikan danau dengan tiga warna air berbeda, selalu jadi tujuan wisata dan liburan yang menarik untuk dikunjungi. Tempat ini sempat tutup beberapa waktu yang lalu karena pandemi, dan kini sudah kembali dibuka untuk umum dengan syarat yang ketat.

10. Wakatobi Di Sulawesi Utara

Tak bisa dihindari keindahan dari Wakatobi yang berada di Sulawesi Utara ini. Daya tarik utamanya berada di keindahan bawah laut yang luar biasa, dan oleh-oleh  khas berupa peralatan logam berkualitas. Tak sedikit lho yang menjadikan Wakatobi tempat liburan dambaan!

11. Danau Sentani, Papua

Di bagian timur Indonesia, kamu bisa mencoba berkunjung ke danau Sentani. Keindahannya dikatakan bersaing dengan Raja Ampat yang berada di Papua Barat, karena memiliki daya tarik unik yang tak ditemukan di tempat lainnya.

Persiapkan Diri dan Berkas Syarat Perjalanan dan Kunjungan

tempat liburan
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Di era sekarang ini, berkas dan syarat ditetapkan untuk perjalanan dan kunjungan ke tempat wisata. Beberapa berkas umum biasanya adalah sebagai berikut.

  • Bukti vaksinasi dosis kedua yang ada di aplikasi PeduliLindungi.
  • Bukti hasil tes Antigen atau PCR dengan hasil negatif, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Berkas pendukung lain jika dua berkas di atas tidak bisa ditunjukkan.

Selain itu, biasanya tubuh juga wajib dipastikan suhu dan kesehatannya berada pada kondisi terbaik, sehingga meminimalisir resiko. Jadi tetap jaga pola hidup sehat agar bisa mulai menjelajah keindahan nusantara di tempat liburan serunya!

Baca Juga : Yuk intip 5 Perayaan Malam Tahun Baru Unik Di Berbagai Negara! 

Beberapa tempat liburan di atas sudah bisa dikunjungi oleh kamu semua. Tentu, dengan persiapan fisik yang matang, menjaga kesehatan, serta melengkapi berkas yang disyaratkan, kunjungan dan liburan akan terasa makin nikmat. Kamu juga bisa meningkatkan pengalaman liburanmu dengan dukungan peralatan terbaik dari Eiger Adventure, yang bisa kamu temukan langsung di laman produknya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru