HomeTips & Trick4 Cara Memperkuat Sinyal HP, Anak Gunung Wajib Tahu!

4 Cara Memperkuat Sinyal HP, Anak Gunung Wajib Tahu!

Saat mendaki gunung, masalah yang sering dihadapi adalah sinyal HP yang lemah yang mengakibatkan sulit mengakses jaringan internet, telepon terputus, atau pesan yang masuk maupun keluar menjadi tertunda. Itulah mengapa, para pendaki wajib mengetahui cara memperkuat sinyal HP supaya bisa tetap terhubung meskipun berada di puncak gunung.

Baca Juga: 9 Cara Menghemat Baterai HP, Cocok untuk Perjalanan Jauh

Penyebab Sinyal Lemah

Sinyal merupakan gelombang elektromagnetik yang ditangkap oleh Handphone supaya mampu terhubung dengan jaringan. Proses penangkapan sinyal ternyata tidak sesederhana itu. Banyak faktor yang menyebabkan sinyal menjadi kuat, lemah, atau bahkan hilang.

Jarak dari Menara Seluler

Sinyal yang ditangkap oleh ponsel berasal dari menara seluler yang dibangun oleh penyedia jasa telekomunikasi. Namun, tidak semua tempat dekat dengan menara seluler. Biasanya, akan sulit menemukan menara seluler di tempat terpencil seperti gunung atau hutan, sehingga ponsel harus menangkap sinyal dari jarak yang cukup jauh. Semakin jauh jaraknya, semakin lemah sinyal yang didapatkan oleh ponsel.

Lanskap di Area Sekitar

Gelombang sinyal bergerak lurus dari pemancar ke ponsel. Jika ada penghalang yang besar seperti bukit atau gunung, akan menghambat laju gelombang sinyal yang mengakibatkan sinyal menjadi lemah. Itulah mengapa, saat berada di gunung, ponsel kesulitan menangkap sinyal.

Tidak hanya bukit dan pengunungan, konstruksi seperti beton, alumunium dan logam juga bisa menghalangi laju gelombang sinyal sehingga di daerah perkotaan pun sinyal bisa melemah.

Cuaca

Gelombang sinyal berjalan melalui atmosfer. Sehingga, ketika cuaca buruk, sinyal akan melemah. Contohnya, ketika terjadi badai, ion-ion akan menghalangi atmosfer sehingga mengganggu laju gelombang sinyal.

Cara Memperkuat Sinyal di Gunung

Sebagai penggiat kegiatan outdoor, ponsel merupakan hal yang cukup penting untuk dibawa saat mendaki. Bukan hanya untuk menghubungi teman dan kerabat, namun juga untuk mengabadikan momen dan membagikannya di media sosial. Namun, sinyal yang lemah akan menghambat itu semua.

Tapi tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara memperkuat sinyal ponsel yang bisa kamu lakukan saat berada di gunung.

Lepas Casing

Saat ini, hampir semua pengguna memasang casing pada ponselnya supaya tidak licin saat dipegang dan melindungi ponsel dari benturan. Namun ternyata beberapa jenis casing mampu menutup antena penerima sinyal. Maka, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melepas casing supaya ponsel mampu menerima sinyal dengan lebih baik.

Aktifkan Mode Pesawat

Foto mode pesawat. Sumber: Unsplash.com

Mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode akan mematikan semua jaringan baik itu seluler, wifi, atau bluetooth, yang otomatis akan me-refresh kembali jaringan. Aktifkan mode pesawat dalam beberapa saat, kemudian matikan kembali dan biarkan ponsel menangkap sinyal lebih baik.

Nyalakan Ulang Ponsel

Jika mode pesawat belum berhasil, coba matikan ponsel beberapa saat dan nyalakan kembali. Sama dengan mode pesawat, me-restart ponsel memungkinkan sinyal dapat tertangkap lebih baik.

Baca Juga: Tas HP: Kegunaan, Tips Memilih, dan Rekomendasi Terbaiknya

Lepas Kartu SIM

Foto kartu sim. Sumber: Unsplash.com

Cara memperkuat sinyal selanjutnya adalah dengan melepas kartu SIM yang menempel pada ponsel. Cara ini dilakukan untuk mengetahui apakah sinyal yang lemah disebabkan oleh kartu SIM yang tidak terpasang dengan benar. Setelah dilepas, coba pasangkan dan nyalakan kembali ponsel.

Update Sistem Operasi

Sistem operasi yang bermasalah bisa menjadi salah satu penyebab sinyal yang lemah. Maka dari itu, salah satu cara memperkuat sinyal ponsel adalah dengan membarui sistem operasi baik Android maupun iOS.

Dengan diperbaruinya sistem operasi, ponsel akan memperbaiki sistem yang bermasalah dan dapat mengoptimalkan kinerjanya selama digunakan, salah satunya terkait sinyal.

Itu tadi beberapa cara memperkuat sinyal di gunung yang bisa dicoba saat sinyal melemah di gunung maupun daerah terpencil. Selain sinyal, jangan lupa untuk memperhatikan perlengkapan lain saat mendaki gunung. Pastikan peralatan kamu kuat, aman dan nyaman digunakan, seperti peralatan dari EIGER.

Lakukan pemesanan secara online dengan lebih mudah kapan pun dan dari mana saja melalui situs web resmi EIGER Adventure Official.

Proses pembayarannya cepat dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Keamanannya pun terjamin.

Yuk, belanja sekarang untuk menikmati berbagai promo menarik lainnya dari EIGER.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru