HomeTips & TrickLifestyle5 Cara Mudah Menggunakan Media Sosial dengan Bijak

5 Cara Mudah Menggunakan Media Sosial dengan Bijak

Bermedia sosial sekarang ini memang jadi tren yang sudah mendunia. Bagi kebanyakan orang, media sosial bahkan jadi bagian besar dari hidupnya. Karena penggunanya kian meningkat, rasanya kamu juga perlu paham cara menggunakan media sosial dengan bijak.

Well, bukankah dengan akun pribadi seseorang kemudian bisa mengunggah dan memberikan komentar dengan bebas?

Secara praktis, ya. Tapi secara ideal, semua hal akan memiliki konsekuensi atas apa yang dilakukan. Memang, media sosial mengizinkan kamu atau penggunanya  berlindung dibalik anonimitas. Namun pada akhirnya, jejak digital tidak akan pernah hilang.

Jadi berikut beberapa cara menggunakan media sosial dengan bijak, agar tidak menjadi bumerang di kemudian hari yang bisa menjadi masalah.

Lakukan Penyaringan Konten Sebelum Mengunggahnya

menggunakan media sosial dengan bijak
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Filtrasi perlu dilakukan sebelum mengunggah konten. Mengingat banyak orang makin aware dengan isu keamanan cyber, maka kamu wajib memperhatikan konten yang akan kamu unggah. Jangan sampai melanggar ketentuan platform yang digunakan, agar akun yang kamu miliki tidak terkena banned.

Unggah konten yang tidak menyinggung hak atau ranah pribadi orang lain untuk meminimalisir resiko masalah. Selain itu, jika kamu membaca ketentuan dan aturan komunitas di setiap media sosial, kamu juga akan paham konten seperti apa yang diizinkan untuk diunggah.

Cek kembali sebelum konten diunggah, untuk sekedar memastikan konten ‘aman’ dari berbagai resiko yang ada.

Baca Juga : Yuk intip 5 Perayaan Malam Tahun Baru Unik Di Berbagai Negara!

Informasi Pribadi, Jangan Sampai Bocor

Hal kedua dalam menggunakan media sosial dengan bijak adalah jangan sampai ada informasi pribadi yang diunggah secara bebas. Mulai dari nama lengkap, nama anggota keluarga, berkas yang bersifat sensitif dan pribadi, serta hal-hal lainnya.

Informasi pribadi sering dijadikan kunci untuk masuk ke akun-akun penting yang dimiliki orang. Ketika informasi pribadi ini bocor, resiko keamanan akun yang dimiliki akan meningkat. Bahkan pada beberapa kasus informasi pribadi digunakan untuk melakukan gangguan atau teror secara pribadi.

Jadi berkas seperti KTP, kemudian KK, Akta Kelahiran, SIM, STNK, dan sejenisnya, usahakan tidak diunggah dengan sembrono. Pun jika harus diunggah, pastikan keamanan dan kerahasiaannya terjamin.

Lakukan Validasi sebelum Percaya pada Konten

menggunakan media sosial dengan bijak
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Jutaan konten diunggah setiap detik dan banyak sekali jenis konten yang bisa kamu temukan. Satu hal yang pasti, jangan langsung percaya pada apa saja yang kamu lihat di media sosial ini. Selalu berangkat dengan anggapan bahwa semua konten diunggah untuk tujuan tertentu.

Sebelum mempercayai informasi yang kamu temukan di media sosial, ada baiknya kamu melakukan pengecekan. Sesederhana mencarinya di Google, kamu bisa temukan informasi serupa. Untuk melakukan validasi ini kamu bisa melihat akun-akun resmi yang memiliki kredibilitas lebih baik.

Pastikan pengecekan ganda pada informasi yang disebarkan dan viral, sebelum mempercayainya. Jangan hanya termakan oleh judul yang clickbait atau konten sejenis.

Pilihlah Akun yang Diikuti dengan Bijak Juga

Tak hanya memperhatikan konten yang kamu unggah untuk menggunakan media sosial dengan bijak, ikuti juga akun-akun yang memberikan manfaat untuk kamu. Mulai dari akun yang informatif, akun menghibur, atau akun edukatif yang bisa membuatmu belajar hal baru setiap hari.

Memang, pemilihan akun yang ingin diikuti ini akan sangat personal sifatnya. Kamu bisa mengikuti akun jenis apa saja yang kamu inginkan. Namun konten dari akun-akun tersebut juga akan mempengaruhi pola pikir yang kami miliki.

Jadi sebisa mungkin, pilih akun yang kira-kira akan memberikan manfaat untuk hari-harimu, yang bisa memberikan informasi berguna, inspiratif, atau menghibur. Jadi akun media sosial yang kamu miliki juga bisa menyegarkan pikiran.

Etika Bermedia Sosial

menggunakan media sosial dengan bijak
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tak hanya menjaga etika dalam kehidupan nyata, namun juga menjaga etika dalam bersosial media. Dalam urusan mengomentari sebuah unggahan, atau berkomunikasi dengan orang lain, jaga etika agar tetap menjunjung tinggi hak dan nilai kesopanan.

Tidak berkata kasar, tidak SARA, tidak melanggar hak dan privasi orang lain, serta tidak merendahkan, bisa jadi hal paling sederhana yang dilakukan dalam menerapkan etika bersosial media. Jika memang kamu tidak suka pada konten yang kamu tonton, berikan saran. Jika tidak bisa, kamu bisa dengan mudah skip saja konten tersebut.

Intinya, semua orang di media sosial memiliki hak yang sama. Alangkah baiknya jika setiap orang saling menghormati, dan mengurus urusannya masing-masing tanpa harus mencari lebih banyak masalah.

Baca Juga : Kenapa Bisa Terjadi Burnout, Bagaimana Cara Mengatasinya? 

Menggunakan media sosial dengan bijak jadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh kamu semua yang memiliki akun media sosial. Bukan hanya agar tidak menyinggung orang lain, namun juga menjaga track record dan jejak digital tetap bersih.

Eiger Adventure, sebagai brand kekinian yang terus mengikuti perkembangan jaman, juga mendukung cara-cara menggunakan media sosial dengan bijak. Sikap baik dari kamu dalam bermedia sosial, juga akan membantu menjaga keamanan data pribadi yang dimiliki sehingga tak mudah bocor dan disalahgunakan. Selalu berhati-hati dalam menggunakan media sosial, dan tetap waspada pada oknum tak bertanggung jawab yang selalu berkeliaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru