HomeTips & TrickMountaineering5 Latihan Tes Kebugaran Jasmani untuk Pendakian

5 Latihan Tes Kebugaran Jasmani untuk Pendakian

Kegiatan pendakian gunung memang kegiatan yang seru dan menyenangkan. Namun, kegiatan ini perlu persiapan yang tidak sedikit. Tidak ada salahnya kamu menjalani tes kebugaran fisik, dan mempersiapkan diri melatih kekuatan otot-otot penting yang berperan besar dalam pendakian.

Seperti yang mungkin kamu sudah tahu, pendakian gunung akan memerlukan tubuh yang kuat dan sehat. Membawa beban yang cukup berat di punggung, beban berat di bagian kaki, serta setiap bagian tubuh yang bergerak terkoordinir, semua wajib disiapkan agar tak terjadi cedera saat kegiatan berlangsung.

Beberapa latihan kebugaran yang bisa kamu lakukan sebelum pendakian, antara lain adalah sebagai berikut.

Paling Sederhana, Jogging

tes kebugaran jasmani
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Jogging adalah salah satu olahraga paling sederhana, paling populer, dan memiliki banyak sekali manfaat. Pada pendakian, kamu perlu memiliki kaki dan stamina yang kuat. Well, keduanya bisa didapatkan dengan melakukan jogging secara rutin beberapa waktu sebelum pendakian.

Tak perlu terlalu lama, kamu bisa melakukan jogging antara 30 menit sampai 1 jam saja setiap harinya, di pagi atau sore hari. Dengan begini, otot bagian kaki bisa terus dilatih. Latihan ini juga sering jadi acuan untuk tes kebugaran jasmani, sehingga akan membawa manfaat lebih besar untuk tubuhmu.

Kekuatan kaki diperlukan tak hanya untuk melakukan pendakian menanjak saja, tapi juga saat kamu turun dari atas gunung. Jangan salah sangka, berjalan di turunan justru memerlukan kekuatan kaki lebih besar lho karena harus mampu menahan berat badan dan tas serta laju saat menuruni gunung.

Baca Juga : Daya Tarik dan Info Lengkap Seputar Ranca Upas Camping

Persiapan Tes Kebugaran Jasmani untuk Mendaki, Bersepeda Di Tanjakan

Bersepeda secara umum juga bisa jadi latihan yang sangat baik untuk persiapan mendaki gunung. Latihan stamina, koordinasi gerak tubuh, kemudian keseimbangan, semua bermanfaat dalam pendakian yang dilakukan.

Namun secara spesifik jika kamu ingin melatih agar nafas terasa lebih panjang dan kekuatan kaki lebih besar, tanjakan adalah medan paling tepat. Bersepeda di tanjakan akan memberikan beban yang lebih besar pada bagian paha atas dan betis, sehingga kekuatannya meningkat secara progresif.

Selain itu, kerja paru-paru dan jantung juga akan semakin terpacu, sehingga dalam jangka waktu panjang akan jadi latihan yang sangat baik untuk fungsi keduanya.

Selesai Di Bagian Bawah Tubuh, Coba Push-Up

tes kebugaran jasmani
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Jangan lupa jika mendaki gunung tak hanya menyoal kekuatan kaki saja, namun juga kekuatan tubuh bagian atas. Otot utama seperti yang ada di perut, kemudian punggung, serta otot tangan dan bahu, semua wajib dilatih dengan baik untuk mampu membawa beban yang berat saat mendaki.

Latihan paling sederhana untuk beberapa otot utama ini adalah push-up. Memang, gerakan yang dilakukan seperti sangat mudah dan ringan. Namun ketika dilakukan secara rutin, kamu bisa benar-benar memperkuat semua otot tersebut.

Kombinasikan dengan latihan jogging. Misalnya, setelah lari satu atau dua putaran, berikan selingan 10 hingga 20 kali push-up reguler. Lakukan berulang, dan rasakan otot tubuh kamu mulai terbentuk dalam waktu beberapa minggu saja.

Manfaatkan Dumbbell untuk Melatih Bahu

Bahu akan jadi penyokong utama tas besar yang kamu bawa dalam pendakian. Oleh sebab itu, kamu wajib memiliki bahu yang kuat agar tak mudah lelah dan tak mengalami cedera saat pendakian berlangsung lama.

Jika kamu memiliki dumbbell di rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk melatih otot bahu ini. Pertama pegang dumbell di kedua tangan, luruskan tangan sejajar di samping badan, kemudian angkat bahu mendekati telinga dengan menjaga tangan tetap lurus.

Terdengar mudah dan ringan? Lakukan sebanyak 10 hingga 20 kali dalam setiap set yang kamu inginkan. Rutin melakukan gerakan ini dapat membantu kamu memenuhi kualifikasi tes kebugaran jasmani sebagai persiapan pendakian gunung yang akan dilakukan.

Latihan Menyeluruh dengan Berenang

tes kebugaran jasmani
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Berenang adalah salah satu olahraga paling baik untuk mempersiapkan fisik menghadapi pendakian gunung atau bahkan tes kebugaran jasmani. Mengapa? Karena berenang bisa memberikan latihan yang intens untuk setiap bagian tubuh dan otot yang kamu miliki.

Di saat yang bersamaan, kamu bisa melatih kerja paru-paru dengan intens sehingga stamina yang kamu miliki juga akan meningkat drastis. Tak masalah gaya apapun yang kamu gunakan selama berenang, selama dilakukan secara rutin dan konsisten semua bisa memberikan hasil maksimal.

Baca Juga : 5 Tips Manajemen Waktu untuk Kamu yang Sudah WFO 

Setiap latihan dan persiapan tes kebugaran jasmani untuk pendakian gunung tersebut di atas bisa kamu lakukan mulai dari sekarang. Semakin lama persiapannya, semakin maksimal juga hasil yang didapatkan.

Satu hal lagi, jangan lupa melakukan pemanasan setiap kali akan menjalani sesi latihan, apapun latihan fisiknya, karena pemanasan dapat membantu kamu menghangatkan otot sehingga tidak mengalami cedera saat melakukan latihan fisik.

Menjalani beberapa latihan tes kebugaran jasmani untuk pendakian memang jadi satu hal krusial. Tentu saja, kamu bisa menggunakan perlengkapan dari Eiger Adventure untuk mempersiapkan diri, sekaligus menjadi partner terbaik saat kamu mendaki gunung. Temukan produk terbaik di laman produknya, dan selamat merencanakan dan mempersiapkan pendakian!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru