HomeTips & Trick5 Tips Agar Tidak Overpacking Saat Solo Traveling, Apa Saja?

5 Tips Agar Tidak Overpacking Saat Solo Traveling, Apa Saja?

Tidak kalah menarik dengan travelling bersama kelompok, solo travelling juga bisa memberikan banyak pengalaman. Agar perjalanan semakin menyenangkan, sebaiknya hindari overpacking. Cek tips agar tidak overpacking disini!

Solo traveling merupakan suatu kegiatan liburan atau berpergian ke suatu tempat tanpa orang lain. Umumnya, kegiatan ini dilakukan oleh seseorang yang ingin self healing (penyembuhan diri) maupun sekadar menyegarkan pikiran.

Adapun manfaat solo traveling, pertama membantu Eigerian untuk mengenal diri sendiri. Hal ini disebabkan, karena Eigerian menjadi punya waktu sendiri ketika sedang menjadi seorang solo traveler.

Selain itu, Eigerian juga bisa melakukan semua aktivitas liburan sesuai dengan keinginan pribadi. Kedua, meningkatkan rasa percaya diri.

Solo traveling bisa meningkatkan percaya diri karena segala sesuatu akan didasarkan pada keputusan diri sendiri.

Ketiga, dengan solo traveling Eigerian bisa mendapatkan teman baru. Bila bertemu dengan sesama solo traveler, cobalah untuk berkenalan.

Dengan demikian, Eigerian bisa menemukan koneksi baru dan akan menambah pengalaman selama traveling sendiri. 

Keempat, dengan solo traveling maka Eigerian bisa mempelajari cara mengatur keuangan. Sebab, saat solo traveling maka biaya yang dikeluarkan cenderung hanya untuk diri sendiri.

Dengan begitu, Eigerian akan belajar untuk mengatur keuangan agar bisa lebih hemat. 

Tips Solo Traveling

1. Ketahui Akses Akomodasi dan Transportasi

Saat sedang melakukan travelling sendirian, sebaiknya Eigerian harus mengetahui akses akomodasi dan transportasi terlebih dahulu.

Oleh sebab bepergian sendirian, maka sebaiknya Eigerian mengetahui akses akomodasi dan transportasi sebaik mungkin.

Pastikan pula kalau Eigerian akan menginap di tempat penginapan yang aman dan nyaman. Maka itu, Eigerian bisa memilih tempat penginapan yang memperoleh review baik dari pemakai sebelumnya.

Kemudian, pastikan kendaraan umum yang tersedia dari tempat penginapan ke destinasi wisata. Lalu, cari tahu terlebih dahulu harga tiket dan rute perjalanan yang dilalui kendaraan umum itu.

2. Siapkan Itinerary

Menyiapkan itinerary saat sedang traveling sendirian, tidak kalah penting. Itinerary adalah rencana perjalanan yang penting untuk disiapkan, apalagi ketika sedang berlibur sendiri.

Dengan demikian, Eigerian tidak kebingungan ketika akan mengunjungi wisata mana saja. Tidak hanya itu, menyusun rencana perjalanan juga bisa membuat Eigerian bisa mengatur pengeluaran sebaik mungkin.

3. Persiapkan Obat-Obatan Pribadi

Saat sedang berpergian sendiri, menyediakan obat-obatan pribadi sangatlah penting. Hal ini disebabkan karena orang yang memahami kondisi tubuhmu adalah dirimu sendiri.

Siapkan pula beberapa obat pelengkap, seperti obat antimual, vitamin, parasetamol, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, Eigerian yang mempunyai kondisi medis tertentu juga perlu menyiapkan beberapa catatan khusus di ponsel untuk berjaga-jaga kalau terjadi situasi darurat.

4. Atur Pengeluaran Sebaik Mungkin

Supaya tidak kehabisan uang ketika sedang berlibur, Eigerian perlu mengatur pengeluaran dengan baik.

Eigerian bisa menetapkan target dan rencana perjalanan agar bisa mengatur pengeluaran selama liburan.

Tips yang tidak kalah penting ketika sedang solo traveling adalah tidak overpacking.

Menurut Greg Rodgers, overpacking dianggap sebagai kesalahan besar dalam travelling. Lantaran, overpacking bisa berdampak pada perasaan stres dan frustasi saat liburan.

Lantas, apa saja tips agar tidak overpacking? Simak tips selengkapnya berikut ini, yuk!

Tips Agar Tidak Overpacking Saat Ingin Solo Traveling

1. Buat Rencana Liburan yang Matang

Bila tidak ingin merasakan overpacking, sebaiknya para solo travelling melakukan perencanaan yang matang terlebih dahulu.

Rencana liburan yang sudah disusun matang, bisa membantu solo travelling untuk memilih barang yang harus dan tidak dibawa.

2. Carilah Tempat Laundry Terdekat Jika Bepergian Lama

Mencuci pakaian selama liburan dapat menjadi tips agar terhindar dari overpacking. Jadi, solo traveller bisa memakai pakaian yang sama selama beberapa kali.

Tips ini sangat cocok diterapkan untuk solo travelling yang bepergian dengan durasi cukup lama.

3. Lakukan Riset Adalah Salah Satu Tips Agar Tidak Overpacking

Solo traveller yang ingin berpetualang di kota-kota atau negara-negara tertentu sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu. Beberapa hal yang perlu direset, yaitu iklim di lokasi tujuan dan kegiatan yang ingin dilakukan di tempat tujuan. 

Tips ini berguna agar seorang solo traveller tidak keliru memilih pakaian atau barang bawaan. 

4. Berkemas Lebih Awal

Dalam melakukan perjalanan, seorang solo traveller sebaiknya tidak berkemas dengan mendadak. Cobalah, untuk berkemas lebih awal.

Hal ini ditunjukkan agar bisa membuat keputusan yang tepat tentang pakaian atau barang yang akan dibawa.

5. Batasi Ukuran Koper atau Ransel

Ketahuilah bahwa ukuran koper atau ransel bisa menentukan seberapa banyak barang yang akan dibawa dan dikemas. Agar tidak terjadi overpacking, sebaiknya tidak memakai koper atau tas yang ukurannya terlalu besar.

Baca Juga: 10 Tips Backpacker ke Luar Negeri untuk Pemula, Pasti Bisa

6. Tidak Membawa Banyak Barang Elektronik

Membawa terlalu banyak barang elektronik, bisa berakibat pada overpacking. Sebelum berangkat ke tempat tujuan, sebaiknya pilih barang elektronik yang benar-benar dibutuhkan.

Itulah tips agar tidak overpacking saat ingin solo travelling. Eigerian sudah siap untuk melakukan perjalanan solo travelling?

Agar bisa lebih siap untuk solo travelling, simak koleksi 1989 yang bisa digunakan untuk menunjang traveling di website eigeradventure.com, yuk Eigerian!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru