HomeTips & TrickRiding5 Tips Berkendara Aman untuk Pengendara Motor Wanita

5 Tips Berkendara Aman untuk Pengendara Motor Wanita

Pengendara motor merupakan subjek yang ada di jalan raya, dan melakukan kegiatan aktif. Tentu saja terdapat resiko yang harus dihadapi seorang pengendara motor. Maka, penerapan prinsip safety riding harus dimaksimalkan.

Artikel ini kami buat khusus untuk pengendara motor wanita, yang resikonya tak kalah besar dengan pengendara motor laki-laki. Mungkin memang secara umum tips berkendara aman dan nyaman memiliki banyak kemiripan. Namun tentu saja ada beberapa hal spesifik yang berbeda dan sifatnya khusus.

Maka tanpa perlu berpanjang lebar lagi, mari kita simak beberapa tips berkendara dengan aman untuk kamu, pengendara motor wanita.

Untuk Bawahan, Hindari Penggunaan Rok

pengendara motor

Well, hal ini sangat mendasar dan mungkin kamu juga sudah mengetahuinya. Ketika berkendara menggunakan motor, sebisa mungkin hindari penggunaan rok sebagai pakaian bawahan. Bukan hanya karena alasan fashion, namun dari segi keamanan juga akan sangat beresiko.

Seperti kita semua tahu bahwa ketika motor dikendarai, banyak mesin dan roda gigi yang bekerja di sana. Dalam skenario terburuk, penggunaan rok ketika berkendara berisiko bagian dari rok masuk ke roda gigi ini.

Meski memang kini banyak sepeda motor matic yang tak menggunakan roda gigi secara terbuka, namun tips pertama ini tetap wajib kamu terapkan untuk meningkatkan keamanan berkendara.

Pakaian Lengkap dan Sesuai Standar

Sebenarnya pada aturan berlalu lintas sendiri sudah tertera pakaian ketika berkendara yang dianjurkan. Mulai dari penggunaan sepatu, celana panjang, baju dan jaket, sarung tangan, hingga helm dengan standar yang jelas.

Bukan tanpa alasan, tapi penerapakan pakaian ideal ini semata untuk meningkatkan perlindungan diri. Tentu saja, kini banyak sekali pakaian bermotor yang khusus dibuat untuk kamu, biker wanita. Selain didesain agar tetap tampak keren dan stylish,  pakaian ini juga sebaiknya dipastikan sisi perlindungannya.

Tampak keren dan tetap aman kini bukan lagi jadi hal yang sulit diterapkan, khususnya untuk biker wanita.

Baca Juga : Cari Pemandangan Air Terjun Terbaik? 4 Titik ini Wajib DIkunjungi!

Sedikit Highlight, Hindari Sepatu Hak Tinggi

pengendara motor

Mungkin sebenarnya hal ini sudah masuk dalam pembahasan di poin kedua tadi. Tapi secara khusus kami rasa baiknya disampaikan, sebab sepatu dengan hak tinggi masih sering ditemukan pada biker wanita, khususnya yang menggunakan motor matic.

Memang, secara praktis motor matic tidak menuntut operasional dari sisi kaki, seperti menginjak pedal rem, persneling, dan sebagainya. Namun untuk menghadapi kondisi yang tak terduga, sepatu hak tinggi tak akan baik untuk pengendara motor.

Selain kurang praktis, sepatu hak tinggi justru meningkatkan resiko cedera pada bagian kaki pada banyak kondisi saat berkendara. Jadi hindari penggunaan sepatu ini ya!

Meminimalisir Penggunaan Perhiasan

Pengendara motor juga memiliki resiko keamanan dari pengendara motor lain yang berniat jahat. Maka tak ada salahnya untuk mengurangi penggunaan perhiasan. Meski dengan dalih semua perhiasan akan tertutup dengan baik, tapi resiko akan selalu ada.

Penggunaan perhiasan untuk pengendara motor sebenarnya tidak terlalu substansial, sebab tidak memiliki manfaat secara praktis. Bukan melarang, namun meminimalisir penggunaan perhiasan juga bisa mengurangi resiko keamanan dan tindak kejahatan.

Jika ingin tetap digunakan, pastikan semua tertutup dengan pakaian yang Anda kenakan, seperti cincin tertutup dengan penggunaan sarung tangan, kalung tertutup dengan penggunaan jaket yang menutup leher, dan lain sebagainya.

Jika Memang Harus, Gunakan Tas Sejenis Ransel

pengendara motor

Tak jarang pengendara motor wanita, sebenarnya juga pada pengendara pria, perlu membawa tas guna membawa berbagai barang yang diperlukannya. Nah, untuk kamu pengendara motor wanita, pastikan menggunakan tas yang cocok untuk berkendara.

Tidak sedikit kejadian buruk terjadi ketika pengendara menggunakan tas yang digendong di bahu saat berkendara. Dari sisi praktis, mungkin hal ini benar. Namun dari sisi keamanan, resikonya sangat besar karena ketika ada orang jahat, tas bisa dengan mudah ditarik dan mencelakakan pengendara motor itu sendiri.

Lagipula, kini banyak sekali jenis tas motor yang tetap keren ketika digunakan oleh pengendara motor wanita. Baik di marketplace atau di toko-toko resmi, kamu bisa mendapatkan pilihan tas dengan model yang keren namun tetap berfungsi dengan baik dan minim resiko.

Baca Juga : Konsep Safety Riding, Perilaku dan 8 Perlengkapan Utamanya 

Sedikit tips di atas semoga bisa berguna untuk pengendara motor wanita yang ada di luar sana. Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, tips ini sifatnya sangat mendasar dan wajib dipahami semua orang.

Lepas dari kewajiban lain seperti membawa kelengkapan surat dan berkas saat berkendara, serta selalu menjunjung tinggi etika berkendara, lima tips di atas bisa jadi pengetahuan dasar yang sangat berguna ketika diterapkan di jalan raya.Tentu saja untuk melengkapi perangkat berkendara dari pengendara motor wanita, kamu bisa langsung mengunjungi laman produk dari Eiger Adventure khusus untuk biker atau rider. Di sana akan tersedia banyak sekali opsi perlengkapan berkendara, aksesoris, dan peralatan lengkap dengan kualitas yang tidak main-main. Segera kunjungi laman produknya sekarang dan dapatkan produk terbaik dari Eiger Adventure untuk kamu!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments