HomeTips & TrickLifestyle5 Tips dan Langkah Cuci Sepatu Gunung dengan Baik

5 Tips dan Langkah Cuci Sepatu Gunung dengan Baik

Mendaki gunung perlu didukung dengan peralatan dan perlengkapan yang mumpuni. Sepatu khusus pendakian, dalam hal ini menjadi basic dalam perangkat yang digunakan untuk mendaki gunung. Menjadi modal pijakan utama, kamu wajib paham benar bagaimana merawat sepatu gunung agar awet dan bisa terus diandalkan. Salah satunya adalah cara cuci sepatu gunung yang tepat.

Bukankah tinggal dimasukkan ke jasa cuci sepatu saja dan semua akan beres?

Memang, secara praktis hal ini akan menjamin kebersihan dan perawatan pada sepatu kamu. Tapi sebagai Eigerian sejati, agaknya sudah jadi hal wajar jika kamu juga bisa merawatk berbagai barang yang kamu gunakan sendiri bukan? Selain menghemat pengeluaran, kamu juga akan memiliki kemampuan dasar yang diperlukan untuk menjamin semua peralatanmu bekerja dengna baik.

Nah, berikut ini beberapa tips cuci sepatu gunung yang bisa kamu aplikasikan dan coba secara langsung. Check this out!

Cuci Sepatu Gunung

Apakah Bahan Pembersih yang Tepat untuk Digunakan?

Cuci sepatu
Sumber : freepik.com

Mencuci sepatu gunung sebenarnya bisa dilakukan dengan cukup mudah. Kamu tinggal menggunakan mild soap atau sabun dengan pH netral, yakni yang berada di angka 7.0. Sabun seperti ini bisa dijumpai di banyak toko perawatan sepatu, outdoor gear, dan sebagainya. JIka mencari alternatif, sabun atau shampoo bayi bisa jadi penggantinya. Kamu juga bisa menggunakan sabun cair cuci piring.

Untuk beberapa jenis sepatu gunung yang memiliki fitur waterproof, treatment yang diberikan akan sedikit berbeda. Sepatu jenis ini bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan air saja, dengan lap dan sikat yang cukup lembut. Untuk sepatu yang sudah mulai berjamur, campurkan cuka di air yang digunakan dengan perbandingan air 80% dan cuka 20%.

Ingat, jangan gunakan sabun batang atau detergen karena justru dapat merusak kain atau materi dari sepatu tersebut.

Gunakan Lap Basah dan Sikat dengan Bulu Lembut

Sepatu gunung memiliki tiga bagian besar di bagian luarnya, yakni bagian atas, bagian dalam, dan bagian bawah. Bagian atas biasanya terdiri dari materi kain, waterproof material, kulit, dan sebagainya. Segmen ini bisa dibersihkan dengan lap basah.

Bagian dalam bisa dibersihkan dengan menggunakan sikat yang memiliki bulu halus, dan sedikit dibasahi dengan air. Gosok perlahan hingga kotoran yang menempel terlepas, lalu bilas perlahan.

Pada bagian bawah, kamu bisa membersihkannya menggunakan sikat lembut. Pastikan setiap bagian sudah digosok hingga bersih, namun jangan berikan tekanan terlalu kuat. Hal ini justru dapat merusak bagian sol sepatu yang terbuat dari bahan karet.

Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung

Cuci sepatu
Sumber : freepik.com

Setelah selesai dicuci dan dibersihkan, kini saatnya mengeringkan sepatu gunung kamu. Memang cara cuci sepatu juga mencakup proses pengeringan. Satu hal yang wajib kamu ingat, adalah jangan sampai sepatu gunung kesayangan kamu terkena sinar matahari secara langsung.

Memang mungkin akan lebih cepat kering, namun sinar matahari langsung dapat merusak materi sepatu dan membuat warnanya cepat pudar. Tentu saja hal ini tidak diharapkan untuk sepatu yang akan menemanimu berpetualang bukan?

Pengeringan sepatu gunung cukup dengan bantuan angin saja, atau dijemur di lokasi yang tak terkena sinar matahari secara langsung. Masukkan koran bekas dan tekan hingga agak padat di bagian dalam, agar dapat menyerap air. Kamu juga bisa menggantungkan sepatu dengan posisi terbalik dengan bantuan tali sepatunya.

Sebelum Menyimpan Sepatu

Bahan utama yang digunakan untuk bagian badan sepatu biasanya adalah kulit, kulit sintetis, dan kanvas. Bahan-bahan ini memiliki sedikit perbedaan treatment dalam penyimpanan.

Untuk kulit dan kulit sintetis, berikan semir sepatu hingga mendekati kering. Hal ini bertujuan agar setelah sepatu dicuci dan dikeringkan, kulit tidak menjadi terlalu kering dan mudah pecah sehingga rusak. Semir akan berfungsi melembabkan bagian kulit dari sepatu.

Untuk bahan kanvas, kamu bisa menyemprotkan cairan waterproof yang bisa ditemukan dengan mudah. Mengapa demikian? Sebab sepatu dengan bahan utama kanvas biasanya memiliki fitur waterproof, sehingga harus terus dijaga dengan semprotan ini.

Setelah Cuci Sepatu, Simpan dengan Baik

Cuci sepatu
Sumber : freepik.com

Terakhir dalam tips cuci sepatu gunung kali ini adalah urusan penyimpanan.

Hal yang harus diingat, adalah pastikan sepatu dalam kondisi kering ketika akan disimpan. Masukkan kertas yang sudah diremas-remas ke dalam sepatu agar bentuknya tetap solid. Satu lagi, hindari memberikan beban atau barang di atas sepatu kamu agar tidak ada lekukan yang merusak bagian badan sepatu. Tambahkan silica gel untuk membantu sepatu terhindar dari jamur.

Cukup mudah dan sederhana bukan caranya? Cuci sepatu gunung di rumah memang bukan hal yang rumit. Hanya diperlukan sedikit niat dan kesabaran, agar sepatu kamu benar-benar bersih. Nah, sebagai seorang Eigerian sejati, tentu kamu paham benar dimana mencari sepatu pendakian terbaik. Produk Eiger Adventure Mountaineering akan jadi solusi untuk kebutuhan sepatu gunung yang kamu miliki. Dengan jenis yang beragam serta ukuran lengkap, setiap kebutuhanmu akan terjawab di sana. Kunjungi laman produknya, dan dapatkan sepatu terbaik untuk pendakianmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru