HomeTips & TrickLifestyle5 Tips Manajemen Waktu untuk Kamu yang Sudah WFO

5 Tips Manajemen Waktu untuk Kamu yang Sudah WFO

Dalam setiap bentuk kegiatan, setiap bentuk kegiatan, manajemen waktu jadi hal yang penting untuk diterapkan. Tak hanya agar kegiatan bisa berjalan lancar dan selesai tepat waktu, namun manajemen waktu yang baik bisa membuat kamu bisa memanfaatkan waktu dengan efektif.

Kali ini, mari kita bicarakan mengenai tips manajemen waktu yang bisa digunakan untuk kamu, khususnya yang sudah mulai kembali bekerja dengan sistem work from office. Tentu, adaptasi harus kembali dilakukan setelah sekian lama menggunakan sistem WFH.

Nah, sedikit tipsnya bisa kamu lihat di sini, dan semoga bermanfaat dan berhasil baik!

Pertama dan Utama, Hentikan Menunda!

manajemen waktu
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Ingat, ketika kamu bekerja di kantor seperti sedia kala, maka waktu akan jadi komoditas yang sangat berharga. Untuk tidak menghabiskannya dengan ceroboh, kamu harus menghentikan kebiasaan menunda, apapun hal yang harus dilakukan.

Mungkin ketika WFH masih banyak waktu yang bisa digunakan untuk bekerja. Namun ketika di kantor, akan ada jam kerja yang jelas. Masuk kantor pukul 09.00, kemudian istirahat pada pukul 12.00, kemudian jam pulang kantor idealnya pada pukul 17.00 atau 18.00.

Jika kamu terlalu banyak menunda pekerjaan, jam pulang kantor bisa saja menjadi tertunda. Ditambah lagi dengan resiko membawa pekerjaan ke rumah. Akan mengacaukan waktu yang kamu miliki di rumah bukan?

Baca Juga : WFO Artinya Sudah Aman? Simak Tips Adaptasi WFH ke WFO Di Sini!

Jadwal dan Prioritas Pekerjaan

Yap, kedua adalah terkait dengan jadwal kerja dan prioritas pekerjaan. Setiap memulai hari, atau minggu, kamu wajib memiliki jadwal yang jelas setiap harinya, setiap jamnya, untuk pekerjaan yang akan kamu lakukan.

Perkirakan dengan baik waktu pengerjaan yang diperlukan, dan susun secara sistematis mulai dari yang paling penting hingga yang bisa dikerjakan setelahnya. Ketika memiliki daftar dan jadwal seperti ini, kamu sudah sangat siap bekerja efektif selama di kantor.

Kemudian yang harus dilakukan adalah konsisten pada jadwal yang dibuat. Ingat, sediakan juga waktu darurat yang bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan dadakan, atau membantu pekerjaan yang muncul dan harus diselesaikan saat itu juga. Konsisten, dan kamu akan merasakan betapa waktu bisa dikelola dengan efektif!

Fokus, Kerjakan, Selesaikan

manajemen waktu
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tidak sedikit orang yang bekerja di kantor namun pikirannya tidak berada di kantor. Alhasil, seorang justru terlalu banyak melamun, atau bahkan berpikir tanpa diimbangi dengan penyelesaian pekerjaan. Tentu saja kamu tak akan mau ini terjadi, karena kamu akan banyak membuang waktu.

Kunci dalam manajemen waktu yang baik adalah fokus. Fokus pada pekerjaan yang harus diselesaikan, gunakan sumber daya yang dimiliki, dan kerjakan hingga selesai. Pekerjaan yang mudah pun tidak akan selesai jika hanya dipikirkan.

Fokus, kerjakan, selesaikan, tapi tetap jaga kualitas kerja sehingga output yang dihasilkan benar-benar maksimal dan sesuai dengan ekspektasi. Jangan buang waktu sedikitpun untuk tidak melakukan apa-apa.

Manfaatkan Waktu Istirahat

Istirahat di sini tidak hanya diartikan sebagai waktu istirahat ideal, yakni sekitar pukul 12.00 hingga 13.00 saja, namun juga waktu istirahat dari layar monitor yang setiap hari dipandangi. Tanpa disadari, screen time yang tidak terkontrol menyerap energi yang luar biasa.

Jika memungkinkan, lakukan istirahat dari layar monitor atau smartphone secara berkala. Maksimalkan waktu istirahat yang kamu miliki untuk benar-benar menyegarkan pandangan, melihat benda yang jauh, sehingga mata bisa beristirahat dan tidak terlalu lelah.

Bekerjalah saat waktu bekerja, dan istirahatlah saat waktu istirahat. Idealnya setiap kantor akan memiliki pengaturan waktu dan alokasi kerja yang tepat, sehingga semua bisa selesai pada waktu yang tersedia.

Maksimalkan Manajemen Waktu Di Tempat Kerja dengan Jam Tidur Cukup

manajemen waktu
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Terdengar tidak masuk akal? Justri ini jadi dasar dari semuanya. Tubuh memerlukan waktu tidur yang cukup agar bisa berfungsi dengan baik ketika kamu bekerja di kantor. Waktu tidur malam yang kamu miliki harus dipastikan cukup, agar tubuh bisa mengisi kembali tenaganya.

Kurangnya jam tidur di malam hari bisa membuat kamu tidak berkonsentrasi saat bekerja, merasakan kantuk yang tak ada habisnya, hingga kesalahan dalam pekerjaan yang dilakukan. Tentu saja ini akan membuat kamu membutuhkan lebih banyak waktu untuk bekerja.

Maka dari itu, untuk memaksimalkan semua rencana manajemen waktu yang sudah disusun, pastikan juga kamu memulainya dengan mencukup jam tidur di malam hari. Dengan begini jam biologis tubuh akan ideal, dan pekerjaan di kantor bisa selesai tepat waktu dan sesuai target.

Baca Juga : Mudah Tapi Jitu, Begini Cara Mengatur Keuangan yang Tepat 

Memang, menyoal manajemen waktu sebenarnya tergantung dari pribadi masing-masing. Namun idealnya manusia memiliki jam biologis yang jelas, sehingga hal ini harus dimaksimalkan dalam mendukung pengaturan penggunaan waktu.

Tentu kamu bisa dengan mudah selalu melakukan kontrol terhadap waktu yang kamu alokasikan dengan jam tangan dari Eiger Adventure. Jam tangan dan produk Eiger dijamin memiliki kualitas terbaik, sehingga dapat memberikan fungsi optimal di setiap kegiatan. Kunjungi laman produknya, dan temukan jam terbaik untuk kamu gunakan setiap hari!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru