HomeTips & TrickLifestyle5 Tips Membangun Kebiasaan Hidup Produktif, Wajib Tahu!

5 Tips Membangun Kebiasaan Hidup Produktif, Wajib Tahu!

Apakah kamu sedang mencari cara untuk mengubah kebiasaan atau pola hidup jadi lebih produktif? Jika iya, maka artikel ini akan sangat tepat untuk kamu baca hingga selesai. Kebiasaan hidup seperti ini, sejujurnya, memerlukan waktu untuk benar-benar terbentuk dan memberikan dampak yang nyata pada kehidupanmu sehari-hari.

Produktif sendiri dapat diartikan secara luas sebagai satu hal atau kegiatan yang dilakukan dan memberikan dampak baik untuk kamu. Baik di sisi pekerjaan, kesehatan, kemajuan mental, hingga ketenangan hati dan rasa bahagia, semua hal yang dilakukan dan memberikan hasil tersebut bisa disebut dengan hal produktif.

Namun untuk menjadikannya satu kebiasaan hidup, beberapa hal bisa jadi stepping stone yang bisa kamu lalui. Secara bertahap dan dengan konsistensi, berikut hal-hal yang bisa membuatmu mendapatkan gaya hidup demikian.

Buat To Do List, dan Konsisten Menjalankannya

produktif
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Dalam skala harian, kamu bisa membuat to do list untuk jadi acuan apa yang akan kamu lakukan hari ini. Daftar ini memuat apa-apa saja yang harus dilakukan, kapan melakukannya, serta target apa yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut.

Sangat direkomendasikan untuk dibuat secara detail agar memudahkan kamu dalam mengikutinya. Tentu saja, setelah dibuat, to do list ini harus dijalankan secara konsisten sehingga bisa memberikan efek yang sesuai dengan harapan.

To do list harian akan jadi bagian dari to do list bulanan, dan to do list tahunan. Ketika daftar ini sudah kamu miliki dan kamu jalankan, maka rasanya hidup akan menjadi lebih tertata dan terencana. Tapi ingat, selalu persiapkan waktu dan ruang untuk hal-hal tak terduga.

Skala Prioritas dalam Kehidupan

Membuat to do list adalah langkah awal dalam proses membuat kehidupan menjadi lebih produktif. Daftar tersebut akan menjadikan waktu yang kamu miliki bisa dimanfaatkan secara optimal, sehingga tak ada waktu terbuang.

Yang tak kalah penting dalam proses ini adalah menentukan skala prioritas tentang apa yang perlu kamu lakukan guna mencapai target yang kamu miliki. Skala prioritas sendiri merupakan kategorisasi hal dari yang paling penting dan harus dilakukan, dengan hal-hal opsional lain dalam rangka mencapai tujuan yang kamu miliki.

Susun skala prioritas sebagai acuan apa yang harus kamu lakukan selanjutnya. Hal ini juga akan berguna untuk membantu kamu menentukan pilihan terbaik ketika dihadapkan pada satu tantangan, sehingga waktu yang kamu miliki tak dihabiskan untuk berpikir.

Baca Juga : Ayo, Terapkan Prinsip Go Green Pakai 7 Tips Ini!

Sibuk yang Efisien

Tidak sedikit orang yang mengartikan produktif sama dengan sibuk. Padahal keduanya bisa saja berbeda ketika dilihat dari sudut pandang yang tepat. Dalam menjalani kegiatan setiap hari, pastikan kamu tak hanya sibuk namun juga efisien, sehingga produktivitas benar-benar bisa meningkat.

Kesibukan yang efisien artinya kamu bisa melakukan suatu hal yang perlu dilakukan dengan usaha dan waktu yang tepat. Jadi, sekali lagi, tak ada waktu yang terbuang sia-sia atau usaha yang tidak berfokus pada penyelesaian milestone harian yang sudah kamu buat sebelumnya.

Produktif tak berarti kamu harus bekerja 24 jam setiap hari, tak berarti kamu tak memiliki waktu untuk bersosialisasi dan mencari hiburan. Produktif berarti kamu bisa menggunakan waktu dan tenaga yang kamu miliki untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan sesuai target, sehingga waktu yang ada bisa dimanfaatkan untuk hal lain yang menghasilkan efek positif untuk kamu.

Jangan Lupa Olahraga untuk Tetap Produktif

Jangan sepelekan olahraga rutin dalam rangka membuat kehidupan jadi lebih produkti. Olahraga, selain secara fisik bisa membuat tubuh lebih sehat dan aliran darah lebih lancar, juga dapat mengurangi efek stres akibat kegiatan atau rutinitas yang dilakukan.

Dengan ‘perbaikan’ mood dan tubuh yang dilakukan secara rutin, kamu bisa benar-benar fokus dalam beraktivitas sehingga semua kegiatan bisa dijalankan dengan lancar dan baik. Tentu saja, olahraga juga bisa mengurangi resiko terserang penyakit yang dapat menurunkan produktivitas setiap harinya.

Kami menyarankan untuk melakukan olahraga secara rutin, baik sendiri atau secara berkelompok dengan olahraga permainan. Selain tubuh menjadi sehat dan segar, pikiran juga akan menjadi lebih fokus dan bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sesuai dengan target yang diinginkan.

Baca Juga : Tak Jauh dari Area Kota, Ini 5 Wisata Bandung Bernuansa Alam

Tetap Belajar dan Temukan Hal Baru

Jangan pernah merasa stuck di satu titik dalam kehidupan, karena begitu banyak hal baru bisa dipelajari setiap hari. Terlebih dengan adanya internet yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai informasi menarik, waktu luang kamu juga bisa jadi satu momen produktif setiap saat.

Terus belajar dan terus menemukan hal baru yang menarik bisa membuat otak terjaga fungsinya. Selain itu, secara langsung belajar juga dapat memberikan nilai baru pada diri kamu, jadi kualitas hidup bisa senantiasa meningkat.

Bagaimana menurut kamu? Beberapa tips tersebut bisa mulai kamu terapkan sehingga bisa menjadikan kehidupanmu lebih produktif.

Tentu, untuk menunjang kegiatan produktif, seperti olahraga, kamu memerlukan juga perlengkapan yang baik. Eiger Adventure, dalam hal ini, siap menyediakan setiap perlengkapan yang kamu perlukan. Semua jenis perlengkapan olahraga luar ruang bisa ditemukan di sini, dan dipastikan memiliki kualitas produk terbaik. Jadikan harimu lebih produktif, bersama Eiger Adventure!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments