HomeTips & TrickRiding7 Cara Membersihkan Tangki Motor yang Karatan, Mudah!

7 Cara Membersihkan Tangki Motor yang Karatan, Mudah!

Eigerian coba rasakan motor kesayanganmu, apakah mesinya masih nyaman saat digunakan? atau mulai terasa gejala-gejala yang kurang nyaman seperti mesin tersendat, atau putaran mesin yang tidak stabil. Nah Eigerian, jika gejala ini sudah terasa ini saatnya kamu cek tangki motor. Sudah tahukah kamu cara membersihkan tangki motor yang karatan?

Ngga perlu khawatir, kamu bisa bersihkan tangki motor di rumah saja. Tapi tidak ada salahnya bagi kamu untuk menyerahkan pembersihan ini kepada ahlinya, di bengkel terdekat. Nah sebelum itu kamu tetap harus tahu bagaimana cara membersihkan tangki motor yang karatan agar sewaktu-waktu bisa dilakukan sendiri di rumah.

Bagaimana Jika Tangki Motor Karatan?

Tangki motor berkarat sering kali tak disadari oleh penggunanya sampai terjadi masalah di jalan, apakah kamu salah satunya? Hati hati ya Eigerian,  karat pada tangki kendaraan bermotor akan membuat mesin susah dinyalakan karena bahan bakar bensin di dalamnya tercemar. Akibat yang paling gawat adalah motor benar-benar tak bisa hidup. 

Jangan sepelekan tangki motor. Meski kelihatannya sepele, tangki motor sangat menentukan kinerja motor. Fungsi tangki motor adalah menjadi tempat penampungan bensin sebagai bahan bakar motor. Jika motormu terdapat karat aliran bensin dari tangki ke mesin bakal tersendat. Ini lah mungkin salah satu penyebab motor susah dihidupkan.

Cara Membersihkan Tangki Motor yang Karatan

Pengurasan tangki bensin motor dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Berikut ini adalah cara menguras tangki bensin motor dikutip dari laman Autos.id

1. Siapkan Semua Bahan yang Diperlukan

Untuk memulai cara membersihkan tangki motor yang karatan, kamu perlu menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Ada banyak peralatan yang harus dipersiapkan seperti, wadah untuk menampung bahan bakar, selang transparan, lap, obeng dan lainnya. 

2. Keluarkan Bensin yang Tersisa

Setelah semua peralatan ada, kamu perlu keluarkan semua sisa bahan bekar yang ada pada tangki. Karena nantinya tangki akan dilepas, dan dibersihkan. Eigerian bisa gunakan selang transparan untuk mengeluarkan bahan bakar dari dalam tangki sampai habis. 

3. Cara Membersihkan Tangki Motor yang Karatan Dengan Lepas Tangki Bahan Bakar 

Setelah bahan bakar habis terkuras, kamu bisa lepas tangki. Pelepasan harus dilakukan perlahan-lahan. Semua komponen yang terlepas letakkan di dalam wadah yang sama dan jangan sampai tercecer agar mudah Eigerian kembali satukan ya. Hati-hati jika masih ada sisa bahan bakar yang tercecer. 

4. Hindari Penggunaan Air

Nah jika tangki motormu sudah lepas dengan sempurna, kamu bisa bersihkan bagian dalam dan luarnya. Namun hindari penggunaan air, apalagi bagian dalam. Eigerian bisa gunakan bensin yang bersih ya. 

Kocok tangki bensin yang sudah terisi, ulang cara itu sampai bersih. Kamu bisa lakukan prosesnya berulang sampai karatnya hilang betul. Ingat ya Eigerian gunakan bensin bersih dan bukan air. 

5. Gunakan Asam Klorida

Cara membersihkan tangki motor yang karatan selanjutnya adalah dengan gunakan asam klorida atau HCL. Cairan ini memiliki sifat asam dan bisa membuat karat kerap mengelupas perlahan-lahan. 

Baiknya saat menggunakan zat ini kamu menggunakan sarung tangan yang kuat. Gunakan juga kacamata untuk menghindari ada cairan yang terciprat. Masukan cairan ini pada tangki, diamkan beberapa lama, kemudian kocok dan buang cairanya.

6. Keringkan Tangki Bahan Bakar

Keringkan tangki bahan bakar dengan menggunakan kain dan kompresor sampai tidak ada sisa bahan bakar. Eigerian bisa menyemprotkan udara bertekanan tinggi ke dalam tangki.

Setiap air yang keluar, sebaiknya kamu tampung dengan kain. Setelah itu, kamu bisa melakukan  proses ini sampai tangki benar-benar kering. 

7. Isi Bahan Bakar Bersih Sampai Full

Jika semua sudah terpasang, kamu bisa masukan bahan bakar bersih yang masih tersisa. Kamu harus isi penuh tangki mu ya Eigerian, agar cegah adanya ruang udara.

Pasalnya, udara merupakan salah satu komponen pemicu karat. Apalagi saat udara tersebut bercampur dengan air. Maka dari itu penting nih Eigerian isi selalu bensin full tank demi cegah karat kembali lagi. 

Baca Juga: 4 Tips Wajah Bersih dan Ide Outfit Riding untuk Kamu

Motor Sudah Fit Saatnya Kembali Touring! 

Jalan kembali dengan motormu yuk, kunjungi berbagai tempat yang sebelumnya belum pernah kamu datangi. Ajak teman-teman untuk touring hilangkan penat. 

Selama berkendara, jangan lupa untuk selalu gunakan produk-produk terbaik dari EIGER Riding. Dapatkan perlengkapan riding mu hanya di eigeradventure.com Tersedia mulai dari rompi, jaket, celana, aksesoris hingga sepatu yang keren dan menunjang perjalananmu. 

Belanja hanya di EIGER Adventure sekarang dan dapatkan promo menariknya. Kini kamu bisa juga nikmati gratis ongkos kirim kemanapun seluruh Indonesia. EIGER juga berikan kamu kebebasan bayar pakai metode apapun. Cek sekarang, mumpung stok masih ada. Pasti dapat harga terbaik di website resmi EIGER! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru