HomeTips & TrickRiding7 Cara Menghemat BBM yang Sederhana dan Tak Repot

7 Cara Menghemat BBM yang Sederhana dan Tak Repot

Melakukan touring atau road trip mungkin sudah jadi agenda rutin untuk kamu yang turut dalam komunitas motor. Riding bersama memiliki keasyikan tersendiri. Tapi tentu saja, akan lebih baik jika aktivitas ini bisa dilakukan dengan menghemat BBM agar hemat pengeluaran dan lebih ramah lingkungan. Artikel ini, kemudian akan membahas cara menghemat BBM yang efektif.

Sebenarnya konsumsi bahan bakar yang digunakan saat kamu berkendara idealnya akan sesuai dengan penyetelan mesin yang dikeluarkan pabrik. Lain halnya jika kamu sudah melakukan modifikasi agar motor bisa memberikan performa lebih, yang biasanya akan membawa dampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih banyak.

Namun kali ini, mari coba kita fokuskan pada hal-hal minor yang dapat membantu kamu menghemat penggunaan bahan bakar, sehingga touring yang kamu lakukan secara umum akan memiliki pengeluaran lebih kecil, baik dari segi emisi atau segi dana.

Berikut beberapa cara menghemat BBM yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Baca Juga : Memahami Panduan Konvoi Motor, Ini 8 Poin Pentingnya!

1. Memastikan Motor dalam Kondisi Prima

Konsumsi bahan bakar yang hemat berasal dari kondisi mesin motor yang prima. Tanpa kondisi ini, mesin akan bekerja lebih keras sehingga bahan bakar yang digunakan tidak akan efektif memberikan daya dorong.

Ujungnya jelas, konsumsi bahan bakar terasa lebih banyak untuk jarak tertentu yang ditempuh. Ini mengapa ketika akan touring kamu selalu disarankan untuk memeriksa kondisi mesin kendaraan dengan melakukan servis terlebih dahulu.

2. Cara Berkendara yang Halus

cara menghemat BBM
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Pernah mendengar gosip bahwa motor yang dikendarai dengan tarikan gas kasar akan mengkonsumsi bahan bakar lebih besar? Ternyata, hal ini tidak sekedar gosip atau mitos saja. Cara mengendarai motor memiliki pengaruh besar pada bagaimana mesin melakukan pembakaran.

Membuka gas secara perlahan dan bertahap, berkendara pada kecepatan yang cenderung konstan dan stabil, serta melakukan pengereman dengan halus dan tidak mendadak kecuali memang dibutuhkan, akan membuat pembakaran optimal dan mesin bisa menghasilkan daya dorong yang maksimal.

3. Barang Bawaan Tidak Berlebih

Kapasitas mesin motor sudah disetel sedemikian rupa agar dapat mengangkut sejumlah beban. Ketika kapasitas ini terlewati, maka motor akan bekerja lebih keras saat dikendarai. Akibatnya, konsumsi bahan bakar akan meningkat dan menjadikan BBM bocor.

Cara menghemat BBM saat touring berikutnya adalah dengan memastikan barang bawaan atau beban total tidak melebihi yang ditetapkan. Bawa perlengkapan seperlunya, dan barang bawaan yang tidak berlebihan sehingga motor tidak membawa beban yang lebih dari kapasitas idealnya.

Well kecuali kamu sudah melakukan modifikasi tertentu agar motor memiliki kapasitas dan daya dorong lebih dari kemampuan idealnya.

4. Filter Udara yang Bersih

cara menghemat bbm
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Meski kesannya minor, namun filter udara yang bersih memiliki pengaruh signifikan pada efisiensi pembakaran yang terjadi di dapur pacu. Pasalnya ketika asupan udara yang diperlukan saat pembakaran kurang, otomatis pembakaran jadi kurang efektif.

Secara berkala, atau setidaknya sebelum berangkat touring, pastikan kamui membersihkan filter udara sehingga asupan udara yang diperlukan bisa didapatkan dengan baik. Jika memang diperlukan dan kondisi filter udara sudah tak baik, maka jangan ragu menggantinya dengan suku cadang terbaru.

5. Tekanan Ban dan Akselerasi

Selanjutnya turun ke bagian ban, yang juga tak boleh terlewat saat kamu melakukan pengecekan pada kondisi motor secara keseluruhan. Tekanan udara di dalam ban wajib dipastikan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

Mengapa?

Sebab ketika ban memiliki tekanan yang dibawah angka ideal atau kempes, maka hal ini akan menjadi beban untuk akselerasi dan kerja mesin secara umum. Jadi apapun jenis ban yang kamu gunakan dan berapapun ukurannya, pastikan tekanan udara di dalamnya sesuai dengan ukuran ideal. Tidak terlalu keras, dan tidak terlalu kempes.

6. Cara Menghemat BBM dengan Oli yang Sesuai

cara menghemat BBM
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Ketika semua setelan mesin sudah sesuai dengan standar pabrik, maka jangan lupa menggunakan oli yang direkomendasikan oleh bengkel kepercayaan atau bengkel resmi yang biasa kamu datangi. Oli juga memiliki spesifikasi masing-masing, yang sudah disesuaikan dengan mesin motor dan spesifikasinya.

Memang, ada beberapa bengkel yang menyarankan satu atau lain oli untuk digunakan demi meningkatkan performa. Namun hal ini tak pernah terjadi secara gratis, dan biasanya konsekuensi akan mengarah pada konsumsi bahan bakar.

7. Jika Ada Manfaatkan Mode Hemat

Beberapa motor yang memiliki tahun produksi muda disematkan fitur hemat bahan bakar secara langsung dari pabrikannya. Fitur ini dapat membantu kamu menghemat BBM secara langsung tanpa harus repot melakukan penyetelan manual.

Meski konsekuensinya akan sedikit menurunkan performa motor sehingga tak bisa mencapai kecepatan maksimal, tapi demi menghemat bahan bakar dan atas nama menikmati perjalanan, kenapa tidak?

Baca Juga : Tips Camping Di Pantai Bersama Keluarga dan 3 Rekomendasi Pantainya 

Sebenarnya 7 cara menghemat BBM di atas terbilang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Cara lain yang lebih kompleks bisa dengan melakukan modifikasi tertentu, namun tentu disarankan untuk mengunjungi bengkel kepercayaan kamu untuk melakukan hal ini.

Selain mengetahui 7 cara menghemat BBM di atas, yang tak boleh kamu lewatkan adalah meningkatkan proteksi diri saat berkendara. Tentu saja, Eiger Adventure memiliki semua perlengkapan riding yang diperlukan. Selain berkualitas tinggi, gear dari Eiger Adventure memiliki pilihan yang banyak sehingga bisa mengakomodir selera yang kamu miliki!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments