HomeTips & TrickRiding7 Cara Merawat Motor Matic, Bagi Kamu yang Masih Pemula

7 Cara Merawat Motor Matic, Bagi Kamu yang Masih Pemula

Apakah kamu salah satu pengendara motor dengan sistem transmisi otomatis? Atau juga yang biasa dikenal dengan motor matic. Mengendarai motor matic memang memiliki banyak keuntungan selain bahan bakar yang irit, motor matic juga cenderung lebih gesit. Selain itu bagasi yang luas juga memungkinkan kamu untuk membawa barang lebih banyak. Jika kamu memiliki motor matic, yuk cari tahu cara merawat motor matic sebelum terlambat.

Harga sepeda motor matic dengan kapasitas 110cc atau 125cc memang tergolong murah bukan, namun jika Eigerian ingin mendapatkan motor matic yang kapasitas mesinnya besar, tentunya akan semakin mahal. Yup, apapun motornya tetap harus dijaga ya, dirawat sebaik mungkin agar tahan lama dan mengurangi pengeluaran untuk perbaikan motor. Yuk cari tahu cara merawat motor matic lewat artikel kali ini. 

Jangan Lupa Untuk Panaskan Motor di Pagi Hari 

Rutin memanaskan motor menjadi salah satu cara merawat motor matic agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga performanya lebih maksimal. Cara memanaskan motor matic yang baik sebelum digunakan adalah memanaskannya selama kurang lebih 5 sampai 10 menit. Gunakan kick starter saja jika ingin memanaskan motor di pagi hari, ini akan banyak mengurangi baterai motormu Eigerian. Rutin adalah kuncinya ya Eigerian! 

Secara Berkala, Mengecek dan Mengganti Oli Mesin

Ganti oli secara berkala ya Eigerian di bengkel langgananmu. Hal ini juga merupakan salah satu cara merawat motor matic yang bisa kamu lakukan setiap bulan. Pergantian oli ini biasa dilakukan setiap motor mencapai 1000 km dan untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan) maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 km. Tidak perlu bingung jika Eigerian lupa acuan kilometernya, gantilah oli setiap 2 atau 3 bulan sekali. Ingat selalu gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor yang Eigerian miliki ya. 

Jangan Sampai Kehabisan Bensin!

Cara merawat motor matic lainya adalah memastikan bensin motor selalu tersedia. Jangan sampai indikator tertuju pada huruf E pada speedometer. . Jangan sampai motor matic berhenti dijalan karena bensin habis  karena dapat merusak mesin motor tersebut.

Merawat Aki Juga Jadi Cara Merawat Motor Matic

Memang tidak mudah untuk tahu kondisi aki yang berada pada motor matic. Apakah Eigerian juga pernah mengalami mati aki ditengah-tengah perjalanan? Kalau hal demikian terjadi, motor matic kesayanganmu akan kehilangan power selain itu juga cahaya lampu akan berkurang, dan yang paling menjengkelkan jika aki motor matic mati adalah pada saat menghidupkan motor harus menggunakan kick starter yang membuat kita terasa lebih banyak mengeluarkan tenaga. Nah maka dari itu sangat direkomendasikan untuk mengganti aki dalam 7 – 8 bulan setelah penggantian terakhir.

Baca Juga: Ini 2 Cara Cek Denda Pajak Motor dan Menghitungnya!

Kondisi vanbelt dan roler juga perlu di cek!

Penting banget nih memeriksa kondisi vanbelt, jangan sampai ditinggalkan karena vanbelt yang mempunyai bahan yang terbuat dari karet dikhawatirkan akan putus di tengah jalan yang mengakibatkan motor berhenti dan tak bisa berjalan lagi. Jika sudah menjadi keharusan untuk mengganti vanbelt tersebut sebaiknya gunakan suku cadang yang original sehingga membuat  motor matic lebih terjamin karena pasti lebih awet.

Stabilkan Kecepatan Gas

Hal ini juga sering dilakukan oleh para pengendara motor matic, yaitu dengan menstabilkan kecepatan gas.  Ketika kecepatan motor dalam kondisi cepat secara tiba – tiba menurunkan gas begitu pun sebaliknya. Memang ini tanpa disadari bisa menurunkan mas umur mesin. Tak hanya akan merusak mesin namun sampai juga pada vanbelt motor.

Ganti Oli Shockbreaker

Oli juga memang tak hanya terdapat pada mesin motor saja, namun oli juga terdapat pada shockbreaker. Oleh karena itu perlu adanya pergantian dengan tujuan tak lain agar kondisi shock motor tetap berfungsi secara normal. Untuk jadwal pergantian oli Shock Motor bisa diganti setiap motor mencapai 10000KM.

Servis rutin di bengkel

Eigerian jangan lupa selalu lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali untuk menjaga performance motor matic mu ya. Perawatan pada servis berkala motor matic ini banyak loh Eigerian, biasanya meliputi penggantian oli, membersihkan karburator dan juga setting motor. Eigerian bisa menanyakan langsung mengenai Aki apakah masih layak, Vanbelt dan roler apakah memerlukan penggantian, dari beberapa hal kepada montir di bengkel.

Gunakan Bensin Berkualitas

Nah cara yang terakhir ini memang sedikit susah-susah gampang, sebab tak jarang ada yang menjual bensin campuran. Maka dari itu Eigerian perlu berhati-hati karena kualitas bensin sangat mempengaruhi kualitas mesin motor anda, untuk itu sebaiknya anda mengisi bensin motor pada tempat yang tepat dan dikelola oleh pemerintah (pom) atau tempat – tempat penjual bensin yang memang sudah dipercaya.

Nah itu tadi 9 tips dan cara merawat motor matic, bagaimana Eigerian apakah membantu? Jika Eigerian punya tips lain, silahkan berbagi di kolom komentar ya! Yang terpenting adalah melakukan perawatan di atas secara rutin, Jika terus melakukan perawatan dengan baik maka motor matic yang kamu miliki akan terjamin awetnya

Mulai Motoran Lagi Yuk Bareng EIGER!

Belanja keperluan riding mu di website resmi EIGER Adventure ya. Cek berbagai kebutuhan mulai dari kacamata, tas motor, sampai bandana yang bisa kamu jadikan aksesoris saat sunmori. Belanja EIGER resmi hanya di eigeradventure.com, dapatkan harga terbaiknya. Siap kirim kemanapun, tanpa ongkos tambahan! Dengan customer service yang responsif 24 jam, kamu bisa bebas tanyakan info produk, diskon atau hal lainya. Makin tambah mudah juga dengan berbagai metode pembayaran loh! Checkout sekarang yuk!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru