HomeTips & TrickGreen & Healthy7 Cara Simpel Naikkan Produktivitas Kerja Di Tahun Baru

7 Cara Simpel Naikkan Produktivitas Kerja Di Tahun Baru

Tahun yang baru selalu identik dengan semangat yang baru. Berbagai resolusi disusun di awal tahun, sebagai pemacu semangat dan menjaga produktivitas kerja. Namun demikian, kamu juga tentunya perlu hal-hal lain yang dapat meningkatkan produktivitas ini, sehingga target bisa tercapai lebih cepat.

Seperti kita semua pahami, sistem kerja WFH kini tak lagi sepenuhnya diterapkan. Alih-alih kerja dari rumah yang sempat populer di tahun 2021, kini kantor dan perusahaan sudah menerapkan sistem hybrid, yang mengkombinasikan antara WFH dan WFO secara merata.

Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas kerja selama satu tahun ke depan. Lebih detail, kamu bisa melihatnya di penjelasan berikut ini.

Baca Juga : Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Caving, Kamu Sudah Tahu?

1. Kebahagiaan Kecil Setiap Hari

Keberadaan hormon kebahagiaan menjadi satu hal yang penting untuk bisa bekerja secara optimal. Maka dari itu, penting rasanya mempersiapkan hal-hal yang kira-kira bisa memberikan kebahagiaan kecil setiap hari, guna menjaga stabilitas mood dan performa kerja.

Video lucu, camilan yang kamu sukai, atau sekedar kata-kata penyemangat dari orang tersayang pada sticky notes, bisa jadi hal yang memberikan semangat sepanjang hari. Tak ada salahnya mencoba kopi di siang hari saat makan siang, untuk menjaga agar mata tetap bisa diajak bekerjasama hingga jam pulang kantor nanti.

2. Tempat Kerja yang Produktif

produktivitas kerja
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tak ada salahnya juga membawa suasana kerja di rumah yang sudah jadi salah satu kebiasaan ke kantor. Buat layout meja kerja yang kamu miliki menjadi lebih nyaman, dengan membawa barang-barang dari rumah yang bisa memberikan semangat.

Pola kerja dari rumah yang mulai mendarah daging memang jadi satu persoalan lain ketika kamu sudah harus bekerja dari kantor. Tapi selalu ada cara untuk mengingatkan kamu dengan workstation produktif yang dimiliki di rumah. Aksesoris, perlengkapan meja, dan hal yang mengingatkan pada suasana rumah bisa kamu bawa ke meja kantor.

3. Istirahat Sejenak Tak Pernah Salah

Bukan istirahat untuk minum kopi atau berjalan-jalan, secara berkala mata perlu beristirahat dari layar monitor yang seharian dipandangi. Sekitar 5 menit saja mata memandang ke titik yang jauh, bisa membantunya beristirahat sejenak sehingga kamu tak merasa lekas pusing.

Kamu juga bisa memanfaatkan istirahat singkat ini untuk menyegarkan pikiran dan mencari inspirasi. Asalkan tidak berlebihan dan mengganggu kinerja yang kamu miliki, istirahat sejenak di tengah jam kerja bisa membuat kamu tetap fokus dan kreatif hingga waktu selesai kerja datang.

Sedikit peregangan otot juga bisa membantu melancarkan peredaran darah lho, dan membuat pikiran kembali segar.

4. Makan Siang Secukupnya untuk Mendukung Produktivitas Kerja

produktivitas kerja
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Selanjutnya terkait makan siang, yang biasanya jadi kesempatan mengkonsumsi apa saja yang dirasa membuat bersemangat. Alih-alih meningkatkan semangat, makan siang yang terlalu banyak atau menu asal-asalan justru bisa membuat perut begah dan tak fokus dalam bekerja.

Jadi, bijaklah dalam memilih menu makan siang yang kamu makan. Atau bahkan kamu bisa menyiapkan makan siang dari rumah, dengan membuatnya sendiri. Dengan cara ini kamu bisa makan siang sesuai dengan menu yang kamu butuhkan dan bisa ditentukan sendiri nutrisi apa yang kira-kira bisa menyegarkan tubuh setelah makan siang.

5. Tersenyum Meskipun Sedikit Terpaksa

Tersenyum, dalam situasi dan kondisi yang bahkan sebenarnya adalah senyum palsu, bisa memberikan efek baik yang nyata. Ketika tersenyum kamu akan merasa lebih ringan secara emosional, sehingga pikiran tidak berlarut-larut dalam masalah yang dihadapi.

Ada pepatah mengatakan fake it until you make it, yang bisa dipraktekkan dalam urusan senyum ini. Meski terpaksa, lama kelamaan senyum yang kamu berikan pada orang sekitarmu akan membawa dampak baik, setidaknya selama jam kerja yang membutuhkan fokus.

Seperti naik gunung, kurangi mengeluh dan  membuat suara yang bisa memberatkan kerja orang lain yang mendengarnya.

6. Target Harian, Mingguan, Bulanan, Tahunan

produktivitas kerja
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Percaya atau tidak resolusi yang kamu buat bisa benar-benar menjadi penyemangat dan meningkatkan produktivitas kerja secara nyata. Target ini bisa di-breakdown ke dalam skala harian, mingguan, bulanan, serta tahunan, sehingga setiap hari kamu memiliki milestone yang harus diselesaikan.

Perasaan bahagia dan bangga ketika menyelesaikan setiap tugas atau milestone ini akan jadi booster yang baik untuk semangat dan produktivitas kerja. Jika dilakukan secara konsisten, kamu akan menemukan dirimu sudah berada di jalur yang tepat dalam mencapai target tahun 2022 ini.

7. Rencanakan Liburan atau Berkunjung ke Tempat Wisata

Bisa jadi dorongan dan motivasi, rencana liburan akan jadi hal yang cukup mendongkrak semangat dan produktivitas dalam bekerja. Dengan merencanakan liburan ada satu hal menyenangkan yang kamu nantikan, sehingga bekerja juga akan terasa lebih ringan.

Baca Juga : Daftar Desa Wisata yang Patut Dikunjungi Saat PPKM Usai

Meningkatkan produktivitas kerja pada kenyataanya bisa dilakukan dengan hal-hal kecil, selama kamu konsisten dalam melakukan hal tersebut. Tentu saja, untuk melengkapi meja kerjamu, pernak-pernik dari Eiger Adventure bisa jadi opsi.

Kamu juga bisa menggunakan jam tangan dari Eiger untuk menambah kepercayaan diri di tempat kerja, karena desainnya yang keren dan berkualitas. Tingkatkan produktivitas kerja secara konsisten, dan lihat dirimu mencapai target di tahun yang baru ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru