HomeTips & TrickGreen & Healthy7 Macam Olahraga Di Rumah, untuk Daya Tahan dan Produktivitas!

7 Macam Olahraga Di Rumah, untuk Daya Tahan dan Produktivitas!

Masih dalam kondisi pandemi yang sebenarnya sudah cukup membaik, olahraga secara rutin tetap diperlukan. Cukup banyak orang yang masih memilih olahraga di rumah, guna tetap menjaga protokol kesehatan yang diberikan. Jadi, mari kita bahas opsi apa saja yang kamu miliki untuk urusan ini.

Beberapa olahraga yang akan kami sajikan untuk kamu ini umumnya membutuhkan peralatan pendukung yang minimal, namun tetap bisa memberikan keringat yang lumayan jika dilakukan dengan serius.

Mulai dari gerakan sederhana seperti push up, mari kita lihat daftar singkat yang kami buat untuk kamu agar tetap bisa olahraga di rumah dengan nyaman dan meningkatkan daya tahan tubuh!

Push Up, Sederhana untuk Melatih Otot

olahraga di rumah
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Siapa tak kenal olahraga dengan gerakan yang sederhana satu ini? Hampir tak membutuhkan peralatan pendukung, kecuali yoga mat jika memang diperlukan, kamu bisa melakukan push up kapan saja di rumah.

Dengan repetisi yang tepat dan konsistensi latihan, push up akan menghasilkan cukup banyak keringat. Biasanya olahraga yang satu ini dilakukan berurutan dengan beberapa gerakan lain, agar memberikan manfaat maksimal untuk kesehatan, dan kekuatan otot.

Lompat Tali, Tampak Mudah Tapi Menjanjikan Keringat Deras

Yap, lompat tali atau skipping bisa jadi opsi olahraga di rumah yang sangat efektif. Tak hanya membantu kamu membakar kalori, olahraga ini juga dapat meningkatkan koordinasi tangan dan kaki, serta fokus yang kamu miliki.

Cukup dengan bermodalkan satu tali skipping saja, kamu sudah bisa melakukan olahraga ini. Jika tidak ada, bahkan kamu bisa melompat saja tanpa menggunakan tali, dan mengandalkan bunyi tepukan tangan sebagai tanda melompat. Lakukan 10 sampai 15 menit olahraga ini dalam satu hari.

Baca Juga : Yuk Berkenalan dengan Jaket Parasut, Versatile dan Modis!

Plank, agar Kamu Tahu Selama Apa Itu 30 Detik

olahraga di rumah
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Kami tidak bercanda, untuk pemula, plank merupakan gerakan yang sangat berat dilakukan. Padahal gerakan ini hanya sekedar menahan dan mengusahakan posisi statis saja selama beberapa detik. 30 detik, akan terasa sangat lama ketika kamu melakukan gerakan ini.

Gerakannya mudah, ambil posisi seperti push up, tapi tak perlu melakukan gerakan naik dan turun. Cukup tahan saja selama 30 sampai 1 menit dalam setiap sesinya, dan rasakan keringat mulai mengucur deras. Kamu juga bisa melakukan berbagai variasi, seperti side plank, atau elbow plank, dan lain sebagainya.

Naik-Turut Tangga Bisa Jadi Olahraga Di Rumah yang Praktis

Gerakan naik-turun tangga terbukti dapat membantu otot bagian bawah tubuh hingga ke pinggang berkontraksi. Hal ini, tentu akan jadi latihan bagus untuk kamu ketika berada di rumah. Tak seringan kelihatannya, dengan repetisi yang cukup, kamu juga akan merasakan manfaat latihan ini.

Jika di rumah kamu tak ada tangga ke lantai dua, kamu juga bisa menggantinya dengan box penyimpanan. Tinggal lakukan gerakan melangkah ke atas box, lalu turun, dan berulang, selama beberapa menit. Dijamin kamu akan merasa segar.

Jumping Jack, Kombinasikan dengan Gerakan Lain

olahraga di rumah
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Gerakan ini juga sebenarnya tak kalah sederhana dengan gerakan olahraga di rumah yang lain. Caranya adalah dengan berdiri tegak, kemudian tangan di samping kiri dan kanan tubuh, lalu melompat sambil merentangkan tangan dan kaki.

Lompat kembali dengan mengembalikan posisi kaki dan tangan ke posisi awal, dan lakukan berulang. Olahraga sederhana ini bisa membantu kamu melatih jantung, otot kaki dan tangan, serta daya tahan tubuh pada serangan bakteri dan virus.

Jalan Cepat, Efisien dan Menyegarkan

Mungkin jadi bentuk olahraga paling sederhana yang bisa dilakukan. Jalan cepat juga akan membuat kamu merasa lebih baik dari sisi mood, serta membuat tubuh bergerak secara intens. Tentu saja kamu juga bisa melakukan jogging di treadmill atau keliling rumah, tapi jalan cepat bisa jadi alternatif menarik.

Zumba? Olahraga Di Rumah Sekaligus Refreshing

olahraga di rumah
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Zumba atau jenis senam yang lain bisa dilakukan di rumah. Selain menggunakan jasa personal trainer, kamu juga bisa melihat video di YouTube untuk instruksi lengkapnya. Sekedar melakukan senam ini selama 10 hingga 15 menit, kesegaran akan datang menghampirimu.

Senam juga secara langsung dapat meningkatkan mood sehingga menjadi lebih baik. Setelah senam, nuansa hati akan menjadi lebih ringan, dan tubuh terasa segar karena sirkulasi darah membaik.

Baca Juga : Hiking Di Ranu Kumbolo, Menikmati Alam Asri yang Luar Biasa 

Pada dasarnya olahraga di rumah merupakan satu bentuk gaya hidup sehat yang bisa kamu praktekkan, kapan saja. Jika belum menjadi kebiasaan, kamu bisa mencobanya secara rutin. Karena selain bisa meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh, olahraga secara rutin juga bisa meningkatkan produktivitas setiap hari.

Melakukan olahraga di rumah akan jadi kebiasaan yang baik untuk kamu praktekkan. Tentu saja, jika diperlukan perangkat pendukung, kamu bisa langsung mengakses produk terbaik dari Eiger Adventure. Dengan kualitas yang tidak main-main dan pilihan yang beragam, kamu bisa mendapatkan apa yang kamu butuhkan di sini. Cek laman produk kami, dan dapatkan perlengkapan terbaik untuk memiliki pola hidup sehat sekarang juga!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments