HomeTips & TrickRiding7 Manfaat Bersepeda Ini Bisa Didapatkan, Kuncinya adalah Rutin!

7 Manfaat Bersepeda Ini Bisa Didapatkan, Kuncinya adalah Rutin!

Eigerian sejati tentu selalu menjaga kesehatannya dengan menerapkan pola hidup sehat. Makanan bernutrisi serta aktivitas fisik yang rutin, menjadi kombinasi terbaik. Bersepeda adalah salah satu aktivitas menyenangkan dan menyehatkan. Manfaat bersepeda sendiri terbukti tak hanya baik untuk fisik, tapi juga untuk mental.

Manfaat bersepeda sendiri akan terasa ketika olahraga ringan ini dilakukan secara rutin. Katakanlah sebanyak 30 menit setiap hari, maka manfaatnya akan benar-benar terasa. Terlebih jika dipadukan dengan pola hidup sehat dan pola makan seimbang, sangat banyak manfaat yang akan kamu dapatkan.

Tidak percaya? Kamu bisa melihat ulasan singkat mengenai manfaat bersepeda di bawah ini!

Baik untuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

manfaat bersepeda
Sumber : freepik.com

Aktivitas bersepeda rutin dapat menjadi latihan yang baik untuk kinerja sistem kardiovaskular, termasuk di dalamnya jantung dan pembuluh darah. Dengan aktivitas rutin ini, jantung dan pembuluh darah bisa terjaga optimalitas kerjanya.

Ketika sistem kardiovaskular yang Eigerian miliki sehat, maka resiko terkena penyakit kronis bisa diminimalisir. Misalnya seperti stroke, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Maka dari itu, olahraga ringan ini baik dilakukan oleh orang-orang dengan usia senior.

Tapi jangan salah, karena manfaat bersepeda untuk poin ini juga sangat baik untuk anak muda, agar memiliki sistem kardiovaskular yang lebih kuat sejak dini.

Kebugaran Tubuh dan Pengendalian Berat Badan

Meski gerakan yang dilakukan repetitif dan cenderung monoton, namun bersepeda terbukti dapat menjaga kesehatan otot dan sendi sehingga meminimalisir dampak buruk pengapuran. Bagian paha, betis, pinggul, perut, lengan, hingga ke bahu, semua akan berkontraksi ketika kamu bersepeda.

Data menunjukkan bahwa bersepeda selama 1 jam dapat membakar kalori hingga 600 kal. Jumlah ini terhitung cukup besar jika dibandingkan dengan usaha yang kamu lakukan untuk bersepeda. Jadi selain menyehatkan, olahraga yang satu ini bisa membantu Eigerian yang ingin menjaga berat badan atau mengurangi berat badan agar ideal.

Kuncinya adalah konsistensi.

Aktivitas Penurun Stres yang Optimal

manfaat bersepeda
Sumber : freepik.com

Secara umum, berolahraga memang akan memproduksi hormon kebahagiaan yang bisa menurunkan tingkat stres seseorang. Bersepeda menjadi salah satu olahraga ringan yang bisa membantu kamu merasa lebih rileks, sehingga hormon stres bisa terkendali.

Selain menggerakkan anggota tubuh dengan cukup intens, kamu juga akan bisa menikmati pemandangan kota atau jalur yang kamu lalui. Terlebih jika jalanan yang dilalui sepi dari kendaraan bermotor, efek bahagia yang ditimbulkan akan lebih besar lagi.

Jika ada kesempatan, coba untuk bersepeda di area pedesaan atau pegunungan yang memiliki udara lebih bersih. Sebagai bonus atas tubuh sehat dan mood yang baik, kamu juga akan mendapatkan udara segar yang bagus untuk kesehatan paru-paru.

Menekan Resiko Diabetes dan Kanker

Terdengar terlalu muluk-muluk? Nyatanya dengan bersepeda secara rutin kamu benar-benar bisa menekan resiko kedua penyakit berat ini.

Bersepeda membantu tubuh untuk menjaga kestabilan hormon insulin di dalam tubuh, sehingga  resiko terjadinya diabetes akan dapat ditekan. Seperti yang kita semua tahu, ketika sudah terkena diabetes perawatan yang diperlukan cukup menguras waktu dan tenaga.

Selain itu untuk kanker sendiri, setidaknya ada dua jenis yang bisa diminimalisir resikonya, yakni kanker usus besar dan kanker payudara. Hal ini berkat gerakan rutin yang dilakukan saat mengayuh sepeda.

Meningkatkan Kemampuan Motorik secara Umum

manfaat bersepeda

Manfaat bersepeda selanjutnya adalah untuk melatih dan meningkatkan kemampuan motorik secara umum. Tak hanya diperlukan tenaga untuk terus bergerak maju, bersepeda juga menuntut banyak koordinasi anggota tubuh serta keseimbangan yang harus selalu dijaga.

Ketika dilakukan secara rutin, bersepeda benar-benar dapat membantu kamu melatih keseimbangan, koordinasi gerak anggota tubuh, postur, dan kesehatan persendian. Hal ini mungkin tak akan terasa di masa muda, namun memasuki masa tua, manfaat nyatanya benar-benar akan terasa.

Manfaat Bersepeda untuk Lingkungan

Sebagai tambahan untuk manfaat bersepeda, kamu juga bisa membantu menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi polusi udara yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor. Aktivitas sehat ini bisa jadi transportasi ramah lingkungan yang kamu gunakan jika tempat kerjamu tak terlalu jauh dari rumah.

Lagipula sekarang ini banyak jalan raya yang sudah menyediakan jalur khusus pesepeda, sehingga dari sisi keamanan idealnya akan lebih terjamin. Memulai hari dengan gerakan fisik yang aktif akan memberikan semangat hingga penghujung hari nanti.

Menjaga Imun Tubuh

manfaat bersepeda

Dengan rutin berolahraga, maka dapat dipastikan sistem kekebalan tubuh juga akan menjadi semakin kuat. Didukung juga oleh suasana hati yang gembira, daya tahan tubuh terhadap berbagai virus bisa ditingkatkan dengan drastis.

Tentu saja, hal ini juga wajib didukung dengan pola hidup sehat, istirahat yang cukup, serta makanan bernutrisi setiap harinya.

Memahami manfaat bersepeda sebenarnya bisa jadi motivasi agar kamu, Eigerian juga bisa melakukan olahraga ini. Mudah, praktis, dan tak banyak usaha, olahraga ini sangat baik untuk tubuh, mental, serta lingkungan.

Yang wajib dipastikan untuk mendapatkan manfaat bersepeda di atas adalah Eigerian harus bersepeda dengan aman dan selalu menjaga keselamatan. Untuk perangkat pendukungnya, kamu bisa mendapatkan semua di Eiger Adventure. Semua produknya memiliki standar tinggi, sehingga akan sangat menunjang kegiatan bersepeda yang kamu lakukan. Jangan ragu memilih barang yang kamu perlukan, dan dapatkan promo terbaik setiap saat!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments