HomeTips & TrickRiding7 Perlengkapan Touring Motor yang Diperlukan, Klik Di Sini!

7 Perlengkapan Touring Motor yang Diperlukan, Klik Di Sini!

Menyambut semakin membaiknya kondisi saat ini, tak sedikit dari penunggang motor yang sudah merencanakan aktivitas touring. Memang, hal ini mulai memungkinkan untuk dilakukan. Tapi tentu saja, persiapan yang baik harus dilakukan, salah satunya dengan menggunakan perlengkapan touring motor yang berkualitas dan sesuai kebutuhan.

Tanpa mengurangi kewaspadaan dan protokol kesehatan yang dijalankan, touring bisa dilakukan dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil. Namun tentu, hal ini tidak direkomendasikan sebagai kegiatan utama, karena banyak pertimbangan yang harus dilakukan.

Well, setidaknya, kamu bisa mencari tahu lebih dulu beberapa perlengkapan touring motor yang biasanya digunakan. Agar lebih praktis, kamu bisa simak di bawah ini.

Utamakan Helm dengan Standar SNI

perlengkapan touring motor

Pertama dan utama, berkendara harus dipastikan aman untuk semua orang. Perangkat pelindung kepala jadi hal wajib, dan diutamakan yang memiliki standar SNI di produknya. Helm seperti ini sebenarnya mudah didapatkan, dan opsinya juga cukup luas.

Mulai dari jenis half face hingga jenis full face, semua bisa ditemukan di pasar dengan cukup mudah. Range harga yang diberikan juga fleksibel, jadi kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Sekali lagi, pastikan helm yang kamu beli atau gunakan sudah berstandar SNI ya!

Yang Kedua, Jaket Touring

Memang jika dipikirkan, jaket touring sangat direkomendasikan untuk digunakan kamu yang ingin melakukan kegiatan ini. Dengan spesifikasi tertentu, seperti lebih tebal, memiliki pad pelindung, dan nyaman digunakan, jaket jenis ini benar-benar diperuntukkan untuk perjalanan jarak jauh.

Untuk memilih jaket touring sendiri, kamu bisa langsung datang mengunjungi store yang ada di sekitar tempatmu. Jika kamu sudah mengetahui ukuran dan spesifikasi yang diinginkan, produk dari online store juga bisa jadi opsi menarik karena lebih praktis.

Misalnya saja jaket touring dari Eiger Adventure dengan nama produk Curiosity Adv Jacket yang merupakan jenis jaket touring dua lapis yang bisa dipakai di segala medan.

Lanjut Ke Sarung Tangan, Pilih yang Paling Nyaman

perlengkapan touring motor

Perlengkapan touring motor yang selanjutnya harus digunakan adalah sarung tangan. Sarung tangan akan membantu kamu melindungi  bagian tangan ketika berkendara jarak jauh dari kerikil atau benda yang mungkin menggores tangan dan membahayakan kegiatan.

Jangan salah, kerikil kecil yang terpental dan bersentuhan dengan tangan pada kecepatan berkendara tinggi bisa menyebabkan cedera serius. Selain itu hal ini juga bisa membuat konsentrasi berkendara terganggu, dan membahayakan rombongan.

Bahan yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk sarung tangan dengan bahan kulit bisa jadi opsi ketika berkendara malam hari. Jenis ini juga memiliki daya tahan dan proteksi lebih baik karena cenderung tebal.

Baca Juga : Riders Wajib Tahu, Apa Saja Kegunaan Sarung Tangan Motor

Jangan Lupa untuk Menggunakan Sepatu yang Tepat

Perlengkapan selanjutnya yang wajib digunakan adalah sepatu. Alas kaki ini akan membantu kamu terlindung dari resiko goresan, melindungi dari cuaca, serta menjaga agar kaki tetap nyaman selama perjalanan berlangsung.

Tak mungkin bukan kamu berangkat touring menggunakan sandal? Secara praktis hal ini sangat tidak direkomendasikan karena berbahaya dan beresiko tinggi.

Sepatu touring, sama seperti perlengkapan lain, juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan berkendara. Ada jenis sepatu yang cukup tinggi, sehingga dapat melindungi hingga bagian betis. Namun mungkin jika ingin merasa lebih nyaman dan jarak tempuh tak terlalu jauh, kamu bisa menggunakan sepatu yang tak terlalu tinggi namun tetap bisa melindungi kaki.

Selain memperhatikan fungsi proteksi, perhatikan juga kenyamanan ketika menggunakan sepatu. Karena touring biasanya memakan waktu lama, pastikan kamu menggunakan sepatu dan kaus kaki yang nyaman.

Pelindung Lutut dan Siku untuk Proteksi Tambahan

perlengkapan touring motor

Perlengkapan tambahan ini juga disarankan untuk digunakan ketika melakukan perjalanan jauh. Seperti namanya, fungsi utama yang diberikan adalah perlindungan pada bagian lutut dan siku ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Penggunaan knee pad ini sendiri awam di kalangan pegiat touring motor karena dinilai mampu memberikan proteksi yang diperlukan ketika berkendara dalam jarak jauh dan medan yang menantang.

Kacamata Hitam Bisa Membantu Fokus Di Siang Hari

Selain itu, penggunaan kacamata dalam berkendara juga direkomendasikan untuk membantu kamu menghalau sinar matahari ketika siang hari. Pandangan yang jelas akan membantu meningkatkan kewaspadaan dan fokus berkendara.

Masker Wajah, Cocok untuk Kamu yang Menggunakan Half Face

perlengkapan touring motor

Mungkin untuk kamu pengguna helm dengan tipe full face, masker akan jadi opsi saja. Namun pengguna helm half face biasanya memilih menggunakan masker wajah untuk membantu melindungi wajah saat berkendara.

Benturan benda kecil, kemudian debu yang ada di udara, akan jadi tantangan tersendiri. Di sisi lain, ketika kamu touring juga kamu terkadang ingin sedikit merasakan terpaan angin di wajah bukan? Penggunaan masker akan memungkinkan kamu merasakan angin dengan resiko yang diminimalisir.

Baca Juga : Menilik Kegunaan Tas Motor Touring dan 4 RekomendasinyaWell, itu tadi beberapa perlengkapan touring motor yang bisa kamu gunakan saat suatu waktu berangkat berkendara. Tentu saja, perlengkapan touring terbaik bisa kamu dapatkan di Eiger Adventure. Semua produk yang ada di sana dijamin memiliki kualitas terbaik, sehingga dapat memberikan value sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Kunjungi laman produknya, dan dapatkan apa yang kamu butuhkan sekarang juga!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments