HomeTips & TrickMountaineering8 Tips Hiking untuk Eigeran Wanita, Simak Detailnya!

8 Tips Hiking untuk Eigeran Wanita, Simak Detailnya!

Hiking bisa jadi satu kegiatan yang menyenangkan untuk kembali menyegarkan pikiran yang penat. Eigerian pasti paham  benar, bahwa efek yang didapatkan setelah mencapai puncak gunung atau dataran tinggi benar-benar bisa jadi booster untuk endorfin. Namun demikian jika kamu belum pernah melakukan kegiatan ini, ada baiknya kamu melihat Tips Hiking berguna yang akan kami sampaikan ini.

Sebenarnya secara spesifik tips ini kami tujukan untuk kamu, wanita tangguh yang ingin mencicipi kenikmatan hiking dan bersentuhan dengan alam secara langsung. Tapi tidak menutup kemungkinan tips ini juga bisa digunakan secara umum, untuk pendaki pemula. Sebenarnya tak terlalu sulit diaplikasikan, hanya harus benar-benar cermat.

Berikut beberapa tips hiking untuk kamu yang masih pemula agar tetap bisa menikmati keindahan dan tetap mengutamakan keselamatan.

Tips Hiking

Perjalanan Lintas Alam dengan Tempo Kamu Sendiri

tips hiking eigerian
Sumber : Eiger Adventure

Lintas alam, atau hiking, atau mendaki, adalah kegiatan yang melibatkan fisik secara langsung. Kekuatan dan daya tahan sangat diuji, terlebih ketika kamu hiking bersama teman-teman. Berjalan bersama-sama memang menyenangkan, tapi sebisa mungkin berjalanlah dengan tempo kamu sendiri. Tempo pendakian atau berjalan adalah titik dimana kamu merasa nyaman ketika berjalan, mengambil nafas, serta beristirahat. Dengan menggunakan tempo sendiri, maka tubuh bisa bergerak lebih lama.

Cari Partner sesama Pemula

Ketika akan melakukan hiking, sebisa mungkin cari partner yang merupakan pemula juga. Bukan apa-apa, namun jika partner perjalanan kamu sudah cukup sering berkegiatan ini, bisa jadi kamu terus tertinggal dan justru memaksakan diri untuk mengejar mereka. Ajak rekan yang memiliki pengalaman setara, namun pastikan juga mengajak seorang yang sudah sangat berpengalaman dan bisa menjadi pembimbing dalam perjalanan sehingga paham apa yang harus dilakukan.

Tetaplah Well Hydrated

Tips
Sumber : Eiger Adventure

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi juga penting untuk kamu yang ingin hiking. Mungkin teknik minum air dan saat yang tepat sudah dipahami oleh Eigerian kebanyakan. Tapi untuk pemula, sebaiknya cari timing paling tepat untuk minum air yang kamu bawa. Bukan berarti minum air sebanyak mungkin ketika haus, namun minumlah secukupnya sembari melakukan perjalanan. Air dalam jumlah cukup akan menjaga tubuh berfungsi dengan baik, tanpa membebani lambung dengan terlalu banyak cairan.

Titik Panas Di Kaki saat Hiking

Ketika melakukan perjalanan, biasanya akan muncul titik-titik panas di  bagian telapak kaki. Titik panas ini muncul akibat kombinasi dari tekanan, beban, serta gesekan yang terjadi terus menerus. Tak sedikit yang justru mengabaikannya. Namun untuk Eigerian semua, baik wanita maupun pria yang baru melakukan pendakian, jangan acuhkan titik panas ini.

Segera tangani sebelum kulit melepuh, karena ini akan lebih sulit diatasi dan membuat perjalanan kamu terganggu. Berikan sedikit istirahat dan berikan salep khusus untuk mengatasinya.

Jangan Lupa Sepatu dengan Ukuran yang Tepat!

Tips hiking terbaik
Sumber : Eiger Adventure, Eiger X -Tyranno WS Shoes

Pemilihan ukuran dan jenis sepatu akan sangat penting dalam kegiatan ini. Anda bisa berkonsultasi pada penjaga toko perlengkapan alat pendakian atau customer service situs resmi brand perlengkapan pendakian untuk hal ini. Tak ada salahnya juga untuk mencari rekomendasi dan referensi melalui berbagai artikel atau video. Ukuran yang tepat akan membuat kaki merasa nyaman dan meminimalisir resiko cedera.

Cara Berpakaian, Cermati Detailnya

Penggunaan pakaian yang hangat selama pendakian atau hiking merupakan hal yang sudah umum diketahui. Namun demikian, penggunaan bahan katun sebenarnya kurang direkomendasikan untuk area dengan ketinggian tertentu. Memang cocok digunakan di area panas, namun katun bisa menyimpan kelembaban, dan membuat suhu dingin semakin terasa.

Ketika sudah mencapai titik yang memiliki suhu mulai dingin, disarankan Anda menambah selapis pakaian ketika beristirahat. Tujuannya sederhana, agar tubuh tidak kedinginan dan menurunkan stamina. Pastikan menggunakan pakaian terluar yang dapat menahan angin dan suhu dingin, sehingga kondisi tubuh tetap kondusif.

Penggunaan Tongkat Pendakian

Tips hiking serbaguna
Sumber : Eiger Adventure

Nah, untuk Eigerian wanita yang akan melakukan pendakian perdana, kami sarankan juga menggunakan tongkat pendakian. Fungsi utama tongkat ini, selain tentu memastikan kepadatan pijakan, juga adalah untuk mendistribusikan beban tubuh dan bawaan ke titik lain selain dua kaki kamu. Jadi kaki tidak harus menanggung beban terlalu berat secara terus menerus, yang dapat mencederai kaki atau otot di dalamnya.

Pahami Etika Pendakian

Penting namun jarang dibahas, adalah untuk selalu memahami etika pendakian atau hiking serta menerapkannya sepanjang waktu. Kamu bisa bertanya pada orang-orang yang sudah cukup berpengalaman, agar bisa menjadi pendaki yang santun dan sopan saat berada di alam bebas.

Tips hiking untuk Eigerian wanita yang akan melakukan pendakian perdana di atas semoga bisa berguna. Tentu, semua kembali pada kebutuhan dan kondisi kamu sebagai pelaku utama pendakian. Yang pasti, selalu gunakan peralatan dan perlengkapan terbaik, dengan standar kualitas yang tinggi. Peralatan dan perlengkapan dari Eiger Adventure, akan jadi partner hiking terbaik yang bisa kamu dapatkan. Produk lengkap dan kualitas terjamin, pendakian akan  berjalan lebih menyenangkan dan aman bersama Eiger Adventure!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments