HomeTips & TrickMountaineering6 Ide Aktivitas Saat Berkemah, Olahraga Termasuk?

6 Ide Aktivitas Saat Berkemah, Olahraga Termasuk?

Camping atau berkemah merupakan aktivitas yang sangat menantang sekaligus menyenangkan. Adapun enam ide aktivitas saat berkemah yang bisa dilakukan saat camping, salah satunya olahraga.

Maka itu, mempersiapkan perjalanan saat berkemah pertama Eigerian bisa menjadi momen yang menyenangkan.

Lebih daripada itu, camping juga didefinisikan sebagai aktivitas luar ruangan yang melibatkan aktivitas bermalam selama satu malam bahkan lebih dari satu malam di suatu tempat di alam. Memiliki arti yang luar, intinya berkemah bisa menjadi cara untuk melepaskan diri dari aktivitas yang padat di kehidupan perkotaan. 

Dengan camping, Eigerian bisa menikmati alam bebas bahkan belajar menyatu dengan alam. Kendati demikian, berkemah bisa menjadi hal yang kurang menyenangkan bila tidak direncanakan dengan baik. 

Lantas, apa saja ide aktivitas saat berkemah? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

6 Ide Aktivitas Saat Berkemah

Berikut enam aktivitas yang dapat dilakukan saat camping. Apakah Eigerian pernah melakukan salah satunya?

1. Melakukan Aktivitas Air, salah satunya berenang

Bila Eigerian berkemah di dekat perairan, maka manfaatkanlah hal tersebut dan rencanakanlah petualangan air. Selain berenang, berikut aktivitas renang yang bisa Eigerian lakukan saat sedang berkemah.

Pertama, menangkap ikan. Kedua, berperahu dengan kayak, perahu dayung, atau kano. Ketiga, melakukan ski air.

2. Melakukan berbagai kegiatan perkemahan, salah satunya menyiapkan tenda

Ketahuilah bahwa perkemahan merupakan rumah kedua Eigerian, setuju enggak? Jadi, bila Eigerian menghabiskan banyak waktu di perkemahan sebaiknya isi dengan kegiatan perkemahan, yaitu:

Pertama, menyiapkan tenda. Kedua, mengumpulkan kayu bakar. Lalu yang ketiga adalah membangun api. Keempat, bermain bola voli dan sepatu kuda.

3. Melakukan olahraga, salah satunya bulu tangkis

Melakukan olahraga bermanfaat agar Eigerian bisa memiliki kualitas tidur malam yang nyenyak. Apalagi, beberapa perkemahan mempunyai peralatan sendiri untuk dipakai oleh tami.

Kendati demikian bila tidak ada, sebaiknya pertimbangkan untuk membawa beberapa peralatan sendiri untuk melakukan aktivitas, seperti:

Pertama bola voli, bulu tangkis, dan sepak bola. Kedua, sepatu kuda, naik sepeda, dan frisbee atau boomerang. Ketiga, sepak bola, panjat tebing, dan bola basket.

Eigerian juga bisa melakukan game tradisional, seperti tangkap bendera, red rover, petak umpet, tarik tambang, lomba karung kentang, atau lomba estafet.

4. Menjelajah Alam bebas, salah satunya dengan mengendarai sepeda

Ketika Eigerian merasa lelah dan bosan beraktivitas air, sebaiknya mencoba untuk menjelajah alam bebas. Apalagi, Eigerian akan selalu bertemu dengan orang baru yang ditemui di perkemahan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan di alam bebas, pertama mendaki jalur yang ditentukan. Kedua, mengendarai sepeda.

Ketiga, mencari tanaman, burung, dan hewan yang berbeda. Keempat, melakukan spelunking atau seni menjelajahi gua.

Kelima, memotret alam. Keenam, melakukan aktivitas rekreasi luar ruangan atau geocaching. Ketujuh, menikmati taman bermain. Kedelapan, bermain layang-layang terbang.

5. Melakukan Aktivitas Saat Hujan Salah Satunya Yoga

Ketika Eigerian sedang berkemah, kamu seutuhnya sedang hidup menyatu dengan alam. Oleh karena hal ini, Eigerian akan berpotensi merasakan cuaca yang kurang sempurna. Lantas, apa saja aktivitas yang bisa dilakukan saat hujan?

Pertama, membaca buku yang bagus. Kedua, melakukan papan atau kartu. Ketiga, membuat seni dan kerajinan. Keempat, menulis jurnal yang berisi pikiran.

Kelima, melakukan yoga atau meditasi. Keenam, menikmati tidur siang di tempat tidur gantung. Ketujuh, menulis surat kepada teman.

6. Melakukan Kegiatan Malam Hari Jadi Ide Aktivitas Berkemah

Malam hari saat berkemah ditandai dengan udara malam yang sejuk. Jika saat itu sudah datang, cobalah untuk bersantai di sekitar api unggun dengan beberapa aktivitas menyenangkan yang benar-benar akan membuat perjalanan berkemah Eigerian istimewa.

Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat malam hari, yaitu: Pertama, membuat s’mores atau akronim dari some more merupakan resep yang sudah ada sejak tahun 1920-an.

S’more dilakukan dengan menggunakan gaham cracker atau semacam biskuit gandum yang tipis dan manis. Tidak hanya di api unggun, s’more juga bisa dibuat menggunakan oven, microwave, atau api dari kompor. 

Kedua, menyanyikan lagu bersama-sama dengan alat musik yang dibawa. Ketiga, menceritakan kisah-kisah horor yang menakutkan.

Keempat, menggunakan kartu truth or dare. Kelima, melihat-lihat astronomi. Adapun perlengkapan yang harus dibawa saat sedang berkemah, yaitu selalu membawa pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca yang tidak terduga.

Kemudian, memilih tempat berlindung yang tahan terhadap hujan, salju, atau sinar matahari yang berlebihan. Berkemah bisa menjadi kegiatan yang melelahkan dan Eigerian tentu tidak ingin kelelahan atau dehidrasi, jadi usahakan untuk memiliki banyak kalori dan air.

Selanjutnya, ketahuilah bahwa berpakaian saat berkemah berkaitan dengan utilitas, bukan untuk mengesankan orang-orang yang sedang berkemah.

Baca Juga: Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Berkemah? Adakah Tipsnya?

Lokasi Terbaik untuk Camping

Setelah mengetahui 6 aktivitas yang bisa dilakukan saat berkemah, di mana saja lokasi terbaik untuk berkemah? Yuk, simak di bawah ini Eigerian!

  1. Bukit Klangon
  2. Grafika Cikole
  3. Bedengan
  4. Mandalawangi Cibodas Camping Ground
  5. Pantai Viovio
  6. Sunrise Camp Gunung Prau
  7. Binahal Indah Resort
  8. Tepi Buyan Campfire
  9. Gunung Embun
  10. Salaka Nagara Cihunjuran
  11. Bukit Lamreh
  12. Hutan Pinus Camping Ground Lembanna
  13. Puncak Lawang
  14. Bukit Pergasingan
  15. Bukit Alebo

Nah, itulah 6 aktivitas yang bisa dilakukan saat sedang berkemah sekaligus lokasi terbaik untuk camping. Apakah Eigerian siap untuk berkemah di akhir pekan?

Beli Keperluan Berkemahmu Disini!

Satu lagi, pastikan kamu juga menggunakan peralatan dan perlengkapan yang memiliki kualitas terbaik, seperti yang disediakan oleh Eiger Adventure. Dengan varian yang lengkap dan range harga yang luas, kamu bisa mendapatkan peralatan terbaik untuk setiap kategorinya. Selamat berkemah, dan selalu utamakan keamanan dan kenyamanan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru