HomeTips & TrickGreen & HealthyApa Itu Tas Siaga Bencana dan Apa Isinya? Yuk Cek Disini!

Apa Itu Tas Siaga Bencana dan Apa Isinya? Yuk Cek Disini!

Bencana alam terkadang sulit diprediksi dan tidak terduga. Kehadirannya membawa potensi kehilangan nyawa atau harta benda. Bahkan Indonesia adalah salah satu kawasan yang rawan bencana loh Eigerian. Maka dari itu penting bagi kita untuk mempersiapkan segala kemungkinan dan mencegah kerugian dari bencana alam. Salah satunya dengan menyiapkan tas siaga bencana. Yuk simak informasi lengkapnya lewat artikel berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan Tas Siaga Bencana?

Tas Siaga Bencana merupakan tas yang digunakan oleh masyarakat untuk pergi meninggalkan rumah ketika bencana terjadi. Sehingga apabila bencana secara tiba-tiba terjadi, maka masyarakat bisa langsung keluar dari rumah dan langsung menggunakan tas yang telah dipersiapkan sebelumnya tersebut tanpa harus susah payah memilih dan memilah barang penting apa yang akan dibawa selama berada di pengungsian.

Mengapa Perlu Menyiapkan Tas Ini?

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sih kita butuh Tas Siaga Bencana? Mengapa setiap orang di Indonesia perlu di edukasi tentang hal ini? Apakah perlu kita siapkan Tas Siaga Bencana dari sekarang? 

Jika kamu tinggal di Indonesia, menyiapkan tas siaga bencana itu sangat penting loh Eigerian. Republik Indonesia, letak geografisnya berada di wilayah ring of Fire atau cincin api Pasifik atau Lingkaran Api Pasifik. Ini artinya Indonesia berada di tiga lempeng tektonik dunia, seperti lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik. Alasan-alasan inilah yang membuat Indonesia jadi salah satu negara yang rawan terkena bencana. 

Di Indonesia sendiri, kita dikelilingi oleh gunung aktif dan laut yang kemudian menyebabkan letusan gunung vulkanik dan laut yang juga sebabkan tsunami dan gelombang pasang. 

Maka dari itu potensi yang hadir pun cukup tinggi. Diharapkan masyarakat bisa lebih siap menghadapi bencana alam atau fenomena alam dadakan. Tas Siaga Bencana jadi salah satu jawaban yang dirasa tepat bagi seluruh masyarakat untuk dipersiapkan segera. 

Memangnya Apa Tujuan Menyiapkan Tas Ini?

Tujuan Tas Siaga Bencana sebagai persiapan untuk bertahan hidup saat bantuan belum datang dan memudahkan kita saat evakuasi menuju tempat aman. Jadi apabila sewaktu-waktu terjadi bencana alam, kita memiliki bekal untuk bisa bertahan hidup sampai bantuan datang. Idealnya tas ini dapat membantu kamu selama tiga hari.

Jadi Apa Isi Dari Tas Siaga Bencana?

  1. Surat-surat penting

Yang pertama perlu kamu selamatkan adalah surat-surat penting dan berharga. Contohnya ada surat tanah, surat kendaraan, ijazah, akta, surat perhiasan dan sebagainya. 

  1. Pakaian untuk 3 hari

Pakaian juga harus ada di dalam Tas Siaga Bencana. Siapkanlah beberapa setel pakaian untuk tiga hari.  Mulai dari pakaian dalam, celana panjang, jaket, selimut, handuk, jas hujan, dan sebagainya.

  1. Makanan Instan Tahan Lama

Selain pakaian, penting bagi kamu untuk memperhatikan kebutuhan pangan.  Cobalah untuk menyiapkan makanan dan juga camilan ringan yang tahan lama untuk tiga hari kedepan. Kamu bisa membawa mie instan, biskuit, abon, cokelat, energi bar, dan sebagainya.

  1. Air Mineral 

Penting kamu ketahui bahwa manusia bisa bertahan tanpa makanan hingga 14 hari. Namun manusia hanya bisa bertahan 3 hari tanpa air minum. Maka dari itu Air minum menjadi hal yang sangat vital dan penting kamu bawa saat terjadi bencana alam atau fenomena alam dadakan lainya. 

  1. Obat-obatan dan P3K

Sediakan berbagai obat-obatan yang biasa kamu konsumsi dan bawa juga peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan. Bawaan ini bisa membantumu dan orang orang disekitarmu.

  1. Radio dan Ponsel

Radio/ponsel beserta baterai dan charger serta powerbank untuk memantau informasi bencana. Bawalah peralatan komunikasi dalam Tas Siaga Bencana.

  1. Senter atau Alat bantu penerangan

Dalam kondisi darurat bencana yang cukup parah, biasanya arus listrik akan terputus. Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan alat bantu penerangan seperti senter (dengan baterai), lampu kepala (headlamp) korek, lilin, dan sebagainya di dalam Tas Siaga Bencana.

  1. Uang tunai

Siapkan uang tunai secukupnya untuk perbekalan selama kurang lebih tiga hari. Jangan mengandalkan uang elektronik karena umumnya pembayaran cashless saat kondisi darurat sulit dilakukan.

  1. Peluit

Nah yang satu ini juga sangat penting loh Eigerian. Barang yang akan banyak bantu kamu saat menghadapi kesulitan sulit. Peluit bisa bantu kamu berkomunikasi dengan tim atau juga bisa meminta tolong saat kondisi sedang sulit.

  1. Masker

Siapkan juga masker guna menyaring udara kotor atau tercemar. Biasanya ini akan berguna ketika dalam bencana gunung meletus.

  1. Perlengkapan mandi

Untuk tetap menjaga kebersihan, kalian dapat mempersiapkan peralatan mandi. Misal seperti sabun mandi, sikat gigi + pasta gigi, sisir, cotton bud, handuk, dan sebagainya.

Baca Juga: Mitigasi Bencana, Langkah Mengurangi Kerusakan Bencana Alam

Beli Tas? di EIGER Aja!

Nah Eigerian, itu tadi informasi penting yang wajib kamu tahu seputar Tas Siaga Bencana. Yuk persiapkan segera ini akan sangat bermanfaat dan membantumu saat berada di kondisi darurat. 

Dapatkan informasi penting dan menarik lainya hanya di Blog resmi EIGER Adventure. Ada produk review, informasi seputar promo, tips dan trik hiking,riding sampai give away menarik yang menanti kamu. Yuk pantengin terus blognya, jangan lupa bagikan informasinya!

Kalau kamu lagi cari tas yang terjamin kualitasnya dengan desain dan harga terbaik, silahkan kunjungi website resmi EIGER ya di eigeradventure.com!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments