HomeTips & TrickTravelingMemahami Apa Itu Transit dan Tips Lancar Menggunakannya, Simak di Sini!

Memahami Apa Itu Transit dan Tips Lancar Menggunakannya, Simak di Sini!

Industri pariwisata yang mulai menunjukkan geliat kali ini membawa angin segar pula untuk industri transportasi. Penerbangan mulai ramai dan padat, bahkan penerbangan transit juga tak kalah ramai peminatnya. Kali ini, mari membahas sedikit lebih jauh terkait apa itu transit dan tipsnya agar tidak bermasalah saat kamu menggunakan penerbangan transit.

Sebenarnya pesawat dengan jalur transit sendiri cukup umum ditemui untuk tujuan-tujuan yang cukup jauh. Misalnya penerbangan ke luar negeri, atau ke daerah wisata di Indonesia yang tidak memiliki bandara besar. Maka berikut penjelasan mengenai serba-serbi transit untuk kamu yang baru akan menggunakan jalur tersebut.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Travel Pouch untuk Berbagai Kegiatan, Simak di Sini!

Apa Itu Transit dalam Dunia Penerbangan

apa itu transit
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Penerbangan transit dapat dipahami sebagai penerbangan yang mengharuskan kamu untuk berhenti di satu atau lebih bandara tertentu sebelum melanjutkan perjalanan ke bandara tujuan akhir. Proses transit ini bisa berlangsung sebentar, atau lama, sesuai dengan jalur penerbangan yang kamu pilih.

Mengapa harus berhenti dulu di bandara lain sebelum mencapai tujuan?

Proses transit sendiri dilakukan dengan berbagai alasan. Mulai dari penyesuaian jadwal tiba pesawat, pertimbangan jalur yang dilalui, hingga pertimbangan teknis bilamana diperlukan pengisian bahan bakar atau servis sebelum mencapai tujuan.

Idealnya proses transit sendiri dilakukan untuk mengakomodir penerbangan jarak jauh, atau penerbangan yang memerlukan treatment khusus pada bandara tujuan.

Kenali Jenis-Jenis Transit Berikut

apa itu transit
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Setelah mengenali apa itu transit, selanjutnya Eigerianjuga perlu tahu jenis-jenis transit yang dimaksud. Setidaknya, transit dibagi ke dalam dua jenis yang berbeda. Pertama transit pesawat dengan layanan maskapai yang sama, dan kedua transit pesawat dengan layanan maskapai yang berbeda.

Tak perlu cemas, keduanya akan dibahas di bagian ini.

1. Cara Naik Pesawat Transit Satu Maskapai

Cara pertama adalah naik pesawat transit dengan satu maskapai. Hal ini cenderung lebih mudah karena pengelolaan dan arahan akan diberikan secara jelas oleh pihak maskapai yang kamu gunakan. Bagian pertama ini sendiri kemudian dibagi menjadi 3 bagian kecil.

  • Transit tanpa perlu turun dari pesawat, artinya kamu tidak melakukan pergantian unit pesawat
  • Transit dengan turun dari pesawat dan membawa barang bawaan untuk pindah pesawat
  • Transit dengan turut dari pesawat tanpa berganti unit pesawat sehingga tidak perlu menurunkan barang, nantinya kamu akan dipersilahkan menggunakan ruang tunggu yang tersedia

Prosedur umumnya adalah sebagai berikut :

  • Saat berangkat, laporlah pada petugas bahwa kamu menggunakan penerbangan transit. Hal ini akan membuat petugas menurunkan barang kamu saat transit dilakukan, jadi kamu tak perlu melakukan check-in ulang.
  • Ketika kamu menggunakan penerbangan transit maka ada dua lembar tiket yang kamu miliki. Satu tiket untuk penerbangan ke tujuan transit, dan tiket ke dua berlaku dari titik transit ke titik tujuan.
  • Perhatikan apa yang diumumkan oleh pramugari saat kamu sampai ke bandara transit. Penjelasan lengkap mengenai prosedur transit akan diberikan, apakah diharuskan turun, turun membawa barang, atau turun tanpa membawa barang.
  • Siapkan tiket boarding pass untuk ditukar dengan tiket boarding pass baru oleh petugas transit. Simpan boarding pass baru dan tunggu pengumuman keberangkatan penerbangan yang kamu gunakan.

2. Cara Naik Pesawat Transit Beda Maskapai

Untuk cara kedua, yakni penerbangan transit dengan beda maskapai, Eigerianharus lebih sigap. Hal ini dikarenakan kamu akan diwajibkan mengambil barang di bagasi, dan memindahkannya ke penerbangan selanjutnya secara manual.

Sedikit gambaran prosedur umum yang bisa kamu jadikan acuan adalah sebagai berikut :

  • Cermati sejak awal waktu yang kamu miliki untuk berganti pesawat. Beberapa transit dilakukan dalam waktu kurang dari 3 jam, ada pula yang memberikan tenggang waktu cukup lama. Jika waktu yang diberikan sedikit, kamu harus lekas turun dan mengambil bagasi untuk kemudian melakukan check-in di maskapai selanjutnya.
  • Siapkan tiket pesawat, keterangan transit, identitas diri, paspor beserta visa untuk penerbangan internasional untuk mempercepat proses check-in yang dilakukan.
  • Cari tahu posisi terminal penerbangan selanjutnya yang akan kamu gunakan. Tanya pada petugas untuk mengetahui secara pasti lokasi terminal yang digunakan.
  • Lakukan check-in barang bawaan untuk penerbangan berikutnya
  • Tunggu pada terminal atau gate yang tertera di boarding pass yang kamu miliki dan kamu tinggal menunggu panggilan naik ke penerbangan.

Sebenarnya tidak terlalu rumit bukan? Intinya kamu tinggal melakukan check-in lagi untuk melanjutkan perjalanan sesuai dengan jadwal dan maskapai yang digunakan.

5 Tips agar Tidak Bermasalah saat Penerbangan Transit

apa itu transit
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar tidak ketinggalan pesawat transit yang digunakan. Jelas, tips ini bertujuan agar kamu tetap merasa nyaman dan yang pasti tidak ketinggalan penerbangan selanjutnya.

  • Dengarkan informasi yang disampaikan oleh pramugari atau maskapai yang kamu gunakan, semua informasi detail akan disampaikan secara langsung
  • Cermati jenis transit yang tertera pada tiket saat kamu memesan, apakah harus berganti maskapai atau tidak
  • Bergerak secara efektif, tanpa harus terburu-buru, waktu transit didesain sedemikian rupa agar penumpang bisa turut dalam penerbangannya sesuai jadwal
  • Jangan ragu bertanya saat kamu merasa bingung untuk menemukan informasi yang kamu butuhkan
  • Gunakan card holder atau waistbag untuk berbagai kebutuhan berkas, seperti paspor, boarding pass, KTP, visa dan berbagai berkas lain sehingga akses pada berkas ini bisa dilakukan dengan cepat saat dibutuhkan

Baca Juga : Butuh Rekomendasi Tas Traveling Terbaik untuk Perjalanan Wisata? Cek di Sini! 

Memahami apa itu transit bisa jadi satu pengetahuan dasar agar kamu tidak merasa bingung saat harus menggunakan penerbangan serupa. Untuk melancarkan perjalanan, seperti yang disampaikan dalam tips di atas, kamu bisa menggunakan berbagai opsi waistbag, card holder atau passport bag dari

Traveling Series Eiger. Mulai dari Passport Pouch (Rp 149.000), Shoreside Passport Pouch (Rp 169.000), Passport 89 Wallet (Rp 155.000), dan lain sebagainya. Semua bisa dengan mudah didapatkan dengan belanja online di website Eiger Adventure official. Segera dapatkan produk terbaik dari Eiger Adventure, dan lancarkan perjalanan kamu! 

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments