HomeTips & TrickApa yang Harus Dipersiapkan untuk Berkemah? Adakah Tipsnya?

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Berkemah? Adakah Tipsnya?

Jika ada pertanyaan, apa kegiatan yang ingin kamu lakukan, dan belum pernah kamu coba sebelumnya? Apakah berkemah masuk dalam wishlist yang kamu miliki? Jika ya, artikel ini akan membantumu mewujudkannya. Mulai dari apa-apa saja yang harus disiapkan, dan tips berkemah yang aman dan nyaman untuk pemula, semua kami rangkum secara singkat pada artikel ini.

Kegiatan berkemah sendiri tak selalu identik dengan pendakian atau penjelajahan ke alam liar. Kamu bisa dengan mudah berkemah di bumi perkemahan atau camping ground, yang secara praktis memiliki banyak fasilitas penunjang. Hal ini juga kami rekomendasikan untuk pemula, sembari belajar dan mempraktekkan tips-tips dasar dari berkemah itu sendiri.

Berkemah

Apa Yang Dimaksud Dengan Berkemah?

Berkemah adalah sebuah kegiatan rekreasi di luar ruangan. Kegiatan ini umumnya dilakukan untuk beristirahat dari ramainya perkotaan, atau dari keramaian secara umum, untuk menikmati keindahan alam.

Tujuan dan Manfaat Berkemah

Tujuan Berkemah: Memberikan pengalaman adanya saling ketergantungan antara unsur-unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya, menjaga lingkungan, dan mengembangkan sikap bertanggung jawab akan masa depan yang menghormati keseimbangan alam

Lalu untuk Tahap Awal, Apa yang Perlu Disiapkan?

berkemah
Sumber : freepik.com

Karena berkemah merupakan kegiatan luar ruangan, maka kamu wajib menyiapkan beberapa hal untuk dibawa. Tak hanya berupa barang, kamu juga wajib menyiapkan fisik untuk mencicipi hawa dingin yang menyambutmu ketika malam tiba nantinya.

Persiapan Fisik

Jelas, untuk menginap di tenda di bawah langit terbuka diperlukan fisik yang prima. Tak harus melakukan latihan fisik yang berat, cukup dengan menjaga kebugaran dan kesehatan agar tetap dalam kondisi terbaik saja sudah cukup untuk latihan. Pastikan berangkat dengan tubuh yang sehat, istirahat cukup, serta tidak sedang mengalami sakit atau dalam perawatan kesehatan tertentu.

Tenda, Mendasar dan Harus Ada

Memang tak harus kamu bawa sendiri, karena biasanya di bumi perkemahan sudah menyediakan untuk disewa. Yang terpenting kamu memiliki tempat untuk tidur dan beristirahat selama berkemah. Secara mendasar, berkemah akan banyak melakukan kegiatan di luar ruang, dan menghabiskan waktu istirahat di dalam tenda. Pastikan tendanya cukup besar dan nyaman, untuk setiap orang yang turut bersamamu.

Perlengkapan Tidur dan Memasak

Penting untuk memastikan kamu membawa perlengkapan tidur yang nyaman. Setidaknya celana panjang dan pakaian yang hangat. Jika diperlukan, bawa juga sleeping bag, penutup kepala, dan sarung tangan serta kaos kaki. Semua untuk membuat tubuhmu hangat dan nyaman saat beristirahat di dalam tenda.

Untuk peralatan memasak juga jangan lupa dibawa ya! Sebab nanti semua makanan harus dimasak sendiri. Apa esensinya ketika kamu berkemah dan membeli makanan jadi di tempat perkemahan? Bawa bahan makanan yang mudah dimasak, dan tetap bernutrisi. Karbohidrat, serat, dan protein, adalah nutrisi yang wajib ada di setiap makanan yang kamu bawa.

Kotak P3K dan Peralatan Aktivitas

Selanjutnya adalah membawa peralatan P3K untuk keadaan darurat. Tidak ada yang ingin hal ini terjadi, namun ketika hal tak terduga tiba-tiba muncul setidaknya kamu bisa melakukan pertolongan pertama. Jangan lupa juga bawa peralatan aktivitas seperti gitas, alat musik, atau buku, atau apapun yang bisa menyibukkan diri selama kegiatan berkemah.

Mari Berlanjut ke Tips Berkemah, Agar Nyaman dan Aman

berkemah
Sumber : freepik.com

Setelah mengetahui persiapan yang harus dilakukan, mari berlanjut ke bahasan selanjutnya terkait tips berkemah yang aman dan nyaman.

Cari Tempat Strategis

Untuk lokasi di bumi perkemahan, biasanya titik pendirian tenda sudah ditentukan. Kamu bisa mencari lokasi paling strategis, misalnya dengan dengan tempat ibadah, pos penjaga, atau kamar kecil.

Untuk lokasi perkemahan di gunung atau alam terbuka, kamu bisa mencari lokasi yang datar agar nyaman saat beristirahat. Pastikan juga tanah tempat kamu mendirikan tenda solid dan tidak terlalu lunak, sehingga tenda bisa kokoh berdiri.

Letakkan Barang Di Ujung Tenda

Mengapa demikian? Agar tenda yang sudah kamu dirikan untuk berkemah bisa relatif stabil dan memiliki ruang yang cukup luas. Barang-barang ini akan menjadi penyeimbang di setiap bagian tenda sehingga ruang di bagian dalam akan terasa lega dan tenda juga stabil.

Menghadap ke Barat atau Timur?

Kebanyakan orang akan merekomendasikan tenda menghadap ke barat. Hal ini dikarenakan kamu bisa menikmati sunset dengan maksimal, sehingga kamu tak perlu usaha besar untuk menikmati keindahannya. Mengapa tidak melihat matahari terbit? Sebab biasanya orang yang berkemah akan bangun lebih pagi, dan mencari spot terbaik untuk menikmati sunrise.

Perhatikan Kapasitas Tenda

Ketika tenda yang kamu bawa memiliki kapasitas 2 sampai 3 orang, maka sebaiknya jangan tambahkan orang lagi ke dalam tenda tersebut. Bukan apa-apa, kapasitas ini didesain untuk kenyamanan setiap penghuni tenda. Ketika terlalu banyak orang atau barang yang masuk, ruang akan menjadi terlalu sempit dan tak nyaman digunakan untuk istirahat.

Gali Parit Kecil, Letakkan Garam

Cara ini banyak digunakan untuk pendakian di alam liar atau penjelajahan, guna mengantisipasi adanya hewan melata yang mendekati tenda. Parit kecil di sekitar tenda yang diberikan garam bisa menghalau binatang melata, dan juga mengurangi resiko tenda tergenang ketika terjadi hujan.

Well, cukup lengkap dan mudah dipahami bukan persiapan dan tips berkemah di atas?

Satu lagi, pastikan kamu juga menggunakan peralatan dan perlengkapan yang memiliki kualitas terbaik, seperti yang disediakan oleh Eiger Adventure. Dengan varian yang lengkap dan range harga yang luas, kamu bisa mendapatkan peralatan terbaik untuk setiap kategorinya. Selamat berkemah, dan selalu utamakan keamanan dan kenyamanan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru