HomeTips & TrickTravelingApakah di Pesawat Boleh Main Hp? Ini Jawabannya!

Apakah di Pesawat Boleh Main Hp? Ini Jawabannya!

Apakah di pesawat boleh main hp? Pertanyaan ini sering muncul di benak para pengguna angkutan udara. Berikut jawaban lengkapnya!

Ketika kita hendak menggunakan moda transportasi pesawat terbang, salah satu aturan dasar yang perlu dipahami adalah larangan menggunakan telepon seluler selama dalam penerbangan.

Di sisi lain, tak sedikit dari kita yang ingin mengabadikan momen selama dalam perjalanan, khususnya ketika menggunakan pesawat terbang. Memilih kursi di dekat jendela menjadi salah satu cara terbaik menikmati penerbangan.

Banyak pula orang yang ingin merekam video, mengambil gambar, dan mendengarkan musik selama dalam perjalanan. Pertanyaannya, apakah ponsel harus dimatikan selama di dalam pesawat?

Lantas, apa fungsi dari mode pesawat atau airplane mode? Apakah memainkan ponsel dalam mode pesawat diperbolehkan? Dalam artikel ini, Eigerian akan menemukan jawabannya. Simak sampai akhir, ya!

Baca Juga: 5  Style Jaket Jeans Wanita Bikin OOTD Tambah Keren

Aturan Menggunakan Hp di Pesawat

apakah di pesawat boleh main hp
(Foto penumpang pesawat. Sumber: Freepik.com)

Pesawat terbang merupakan moda transportasi yang memiliki aturan paling banyak dan paling ketat. Sejak menginjakkan kaki ke bandara, aspek keamanan akan mendapat perhatian ekstra.

Barang bawaan berupa ransel dan koper akan melalui mesin x-ray, sementara pemiliknya akan berjalan melalui metal detector. 

Selain itu, ada beberapa barang yang dilarang dibawa ke dalam pesawat dan harus dipatuhi semua penumpang.

Penggunaan gadget seperti ponsel juga diatur secara ketat. Demi tujuan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan selama dalam penerbangan, penggunaan hp saat take off dan landing tidak diperbolehkan.

Lantas, apakah di pesawat boleh main hp? Jawaban singkatnya, kita tidak boleh memainkan hp atau perangkat elektronik apapun yang terhubung dengan jaringan seluler.

Federal Aviation Administration (FAA) telah lama melarang penggunaan perangkat elektronik yang terhubung ke jaringan seluler, karena dapat mengganggu sistem navigasi dan komunikasi pesawat.

Namun, pada tahun 2013, FAA sedikit melonggarkan aturan tersebut. Penumpang dapat menggunakan perangkat seluler selama dalam mode pesawat. Dengan begitu, sinyal ponsel tidak akan mengganggu sistem elektronik pesawat.

Dalam mode pesawat, ponsel tidak dapat terhubung dengan sinyal digital, tidak dapat terhubung ke internet, serta tidak dapat menerima pesan dan panggilan. Namun, akses WiFi dan Bluetooth masih bisa digunakan secara terpisah.

Selain itu, Federal Communications Commission (FCC) juga melarang penumpang menggunakan ponsel selama dalam penerbangan pada tahun 1991.

Penumpang tidak diperbolehkan melakukan panggilan telepon karena dapat mengganggu jaringan komunikasi pesawat.

Baca Juga: 5 Alternatif Kado Untuk Cowok yang Menarik dan Berkesan

Mengapa di Pesawat Tidak Boleh Main Hp?

kabin pesawat
(Foto kabin pesawat. Sumber: Freepik.com)

Dalam publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh IEEE Spectrum 2006, para peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan ponsel berpotensi mengganggu sistem elektronik pesawat terbang, meskipun belum ditemukan kasus kecelakaan akibat penggunaan hp.

Selain itu, dalam riset yang dilakukan oleh Radio Technical Commission for Aeronautics (RTCA) tahun 1992, tidak ditemukan adanya gangguan akibat penggunaan perangkat elektronik di pesawat.

RTCA akhirnya merekomendasikan untuk mengizinkan penggunaan laptop, game console, dan MP3 player selama dalam penerbangan.

Namun, sebagai tindakan pencegahan. RTCA juga menyarankan agar tidak menggunakan perangkat elektronik ketika take off dan landing.

Dalam kasus lain, ponsel dan perangkat elektronik lain yang dapat terhubung ke jaringan seluler dapat memancarkan transmisi elektromagnetik. 

Transmisi ini dikhawatirkan dapat mengganggu jaringan komunikasi pesawat dan sistem navigasi.

Dalam praktiknya, beberapa maskapai asosiasi penerbangan mungkin memiliki aturan dan alasan yang berbeda soal penggunaan ponsel selama dalam penerbangan.

Sebagai penumpang dan traveler yang bertanggung jawab, pastinya kita perlu mematuhi setiap peraturan yang berlaku.

Baca Juga: 5 Cara Menerapkan Hidup Minimalis yang Jauh dari Stress

Cara Aman Menggunakan Hp di Pesawat

penumpang pesawat
(Foto penumpang pesawat. Sumber: Freepik.com)

Memainkan hp di pesawat memang tidak bisa sembarangan, ada sejumlah aturan yang perlu kita patuhi. Namun, jika berada dalam posisi genting dan mengharuskan kita menggunakan ponsel, apakah diperbolehkan?

Jika kita harus menggunakan ponsel selama dalam penerbangan, kita bisa menghidupkan mode pesawat atau airplane mode.

Sesuai dengan namanya, fitur ini memang dirancang untuk digunakan selama dalam penerbangan. Dalam mode pesawat, semua akses jaringan komunikasi dan seluler akan diputus.

Mode pesawat ini akan mematikan beberapa fitur di dalam ponsel seperti sinyal, internet seluler, WiFi, GPS, hingga Bluetooth. Khusus untuk WiFi dan Bluetooth, kita bisa mengaktifkannya secara terpisah.

Dalam mode pesawat, kita tetap bisa menggunakan semua fitur dan aplikasi secara offline, termasuk menggunakan kamera dan mendengarkan musik.

Selain memungkinkan kita memainkan hp dalam mode pesawat, fitur ini juga dapat menghemat baterai, mempercepat proses pengisian daya, dan mengurangi paparan radiasi elektromagnetik.

Pasalnya, penggunaan jaringan seluler dan internet memakan cukup banyak daya baterai. Pancaran radiasi elektromagnetik juga dapat mengganggu metabolisme sel saraf otak.

Pada dasarnya, penggunaan ponsel dalam mode pesawat cukup aman dalam penerbangan. Sebab, kini berbagai penyebab gangguan terhadap pesawat sudah kurang relevan dengan kondisi saat ini.

Bagaimana pun, perkembangan teknologi sudah banyak mengatasi gangguan elektronik dan navigasi pesawat terbang.

Selain mematuhi aturan penerbangan, kita juga perlu menyiapkan diri sebaik mungkin agar momentum liburan menjadi lebih asyik dan menyenangkan.

Maka dari itu, Eigerian juga perlu melengkapi diri dengan perlengkapan outdoor dan traveling dari EIGER, mulai dari pakaian, topi, tas, sepatu, sandal, kacamata, dan aksesoris lainnya.

Eigerian bisa menemukan dan membeli produk original EIGER melalui website EIGER Adventure Official.

Proses belanja online di situs web EIGER sangatlah mudah dan nyaman. Didukung dengan berbagai metode pembayaran, seperti paylater, bank transfer, hingga COD. Dapatkan juga harga terbaik dan promo menarik untuk berbagai barang pilihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments