HomeTips & TrickGreen & Healthy6 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Jadi Penyebab Pikun

6 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Jadi Penyebab Pikun

Disadari atau tidak, beberapa kebiasaan nyatanya membawa dampak cukup buruk untuk kesehatan. Salah satu dampak masif yang bisa ditimbulkan adalah pikun. Yang perlu diketahui kemudian, kebiasaan apa saja yang kira kira bisa menjadi penyebab pikun dan tidak disadari?

Kebiasaan yang akan disajikan di bawah ini cenderung terbilang sepele, namun ternyata memiliki dampak yang sangat masif. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk menghindari kebiasaan ini agar tidak lekas pikun, bahkan hingga usia senja nanti.

Kamu bisa mencermati penyebab pikun di bawah ini. Ingat, dalam pepatah ‘Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jika yang kuat’.

Istirahat yang Kurang Optimal

penyebab pikun
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tubuh, idealnya, membutuhkan waktu istirahat yang berkualitas agar dapat berfungsi optimal. Ketika setelah beraktivitas tubuh tak mendapatkan waktu istirahat yang diperlukan, maka perlahan daya ingat akan menurun tanpa kamu sadari.

Seorang yang mengalami kelelahan secara fisik dan psikis memiliki resiko lebih besar pada pikun dini dibandingkan orang yang memiliki waktu istirahat ideal. Untuk membantu mengurangi resiko ini, kamu bisa melakukan deep sleep singkat saat siang hari untuk memberikan ‘pendinginan’ pada otak.

Tapi ingat, istirahat malam dengan kondisi dan waktu yang ideal juga diperlukan agar tubuh dan otak bisa mendapatkan waktu istirahat setelah aktivitas padat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Insomnia yang Praktis, Ini 5 Poinnya!

Pola Hidup Tidak Sehat

Penyakit kronis menjadi penyebab pikun yang dialami seseorang, padahal masih berada di usia produktif. Hal ini juga mengacu pada kecenderungan penyakit kronis yang diidap oleh seorang di usia muda, karena kebiasaan dan pola hidup yang tidak sehat.

Konsumsi makanan yang sembarangan tanpa memperhatikan keseimbangan nutrisi, waktu istirahat yang tidak optimal, kebiasaan begadang, merokok, konsumsi alkohol dan obat-obatan, kurangnya gerak fisik rutin, dan lain sebagainya, dapat memicu munculnya penyakit kronis.

Mulai dari diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi, dan berbagai macam penyakit kronis yang dahulu hanya dialami orang tua, kini bisa saja dialami anak muda jika tidak menjaga pola hidup. Jika skenario ini yang terjadi, solusi paling tepat sebenarnya adalah kembali pada pola hidup sehat dan didampingi dengan konsumsi suplemen vitamin yang disarankan dokter.

Tekanan Hidup dan Stres

penyebab pikun
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tanpa disadari, tidak sedikit lho dari kamu yang membaca artikel ini mengalami kondisi stres yang lebih dari kadar normal. Padahal hal ini sangat tidak disarankan, karena dapat menjadi pemicu dari berbagai penyakit kronis dan berbahaya.

Stres bisa disebabkan oleh kejenuhan atas rutinitas, tekanan pekerjaan, overthinking, dan banyak hal lainnya. Untuk tetap memiliki daya ingat yang baik, pengelolaan stres harus dilakukan dengan optimal sehingga kondisi otak bisa tetap sehat.

Kamu bisa mencoba kegiatan seperti mendaki gunung misalnya, untuk menghilangkan stres dan menyegarkan pikiran. Dengan dukungan dari Treksta Dove X GTX Shoes misalnya, kamu bisa mendaki gunung dengan nyaman dan bermodal pijakan kuat dan handal.

Penyebab Pikun di Usia Muda: Depresi

Selain stres, mental health issue selanjutnya yang harus jadi perhatian adalah depresi klinis. Depresi ini juga jadi isu yang cukup diperhatikan banyak orang, karena dapat membawa seseorang pada penurunan performa pekerjaan dan kemampuan sosial.

Di waktu yang sama, seorang yang mengalami depresi berkepanjangan, tanpa disadari, dapat menurunkan daya ingat jangka pendek dan panjang. Kamu pernah berkenalan dengan seseorang, dan dalam waktu singkat lupa namanya? Ini bisa jadi tanda kamu mengalami stres atau depresi yang terlalu tinggi.

Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter, menyegarkan pikiran dengan bercerita atau melakukan kegiatan yang dapat membuat kondisi mental lebih tenang. Jangan ragu mendatangi ahli ya, agar kamu bisa lekas pulih dan kembali menjalani hari dengan lancar.

Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

penyebab pikun
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Setiap jenis obat akan sangat baik dikonsumsi jika peruntukannya tepat. Rekomendasi atau resep dokter akan jadi acuan terbaik untuk hal ini, karena resep yang diberikan pasti berasal dari diagnosis yang akurat dan tepat.

Konsumsi obat-obatan tertentu, memiliki beberapa efek samping. Salah satu dari efek samping yang muncul adalah menurunnya daya ingat. Obat yang memberikan dampak ini antara lain obat penenang, antidepresan, obat masalah kencing, serta obat yang membantu kamu tertidur di malam hari.

Obat seperti ini bisa menyebabkan efek sedasi, dan mengurangi kemampuan otak untuk mengingat. Jika kamu termasuk orang yang mengkonsumsi obat jenis tersebut, pastikan kamu selalu melakukan pengobatan rutin ke dokter untuk mengetahui kapan konsumsi obat dapat diakhiri.

Baca Juga : Apa itu Self Healing dan Bagaimana Cara Tepat Melakukannya 

Beberapa penyebab pikun sebenarnya adalah hal-hal yang tidak disadari, dan dilakukan berulang kali. Maka dari itu, penting untuk kembali ke pola hidup sehat, sehingga kondisi fisik, mental, dan kesehatan otak tetap terjaga. Untuk mendampingi kamu menerapkan pola hidup sehat, berbagai peralatan terbaik dari Eiger Adventure official siap jadi pilihan. Mulai dari sepatu olahraga, tas untuk mendaki gunung, dan lain sebagainya siap didapatkan di laman produk Eiger Adventure. Semoga bermanfaat, dan selamat beraktivitas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru