HomeTips & TrickLifestyleSambut Hari Musik Sedunia, Coba Tips Belajar Musik untuk Pemula Ini Deh!

Sambut Hari Musik Sedunia, Coba Tips Belajar Musik untuk Pemula Ini Deh!

Jelang perayaan Hari Musik Sedunia, siapa yang tertarik untuk belajar musik? Tenang, jika punya tekad yang kuat, belajar musik untuk pemula akan membuahkan hasil, kok. Sebelum mengetahui tips dan trik apa saja yang perlu dilakukan untuk belajar bermusik, intip dulu yuk sejarah perayaan Hari Musik Sedunia.

Hari Musik Sedunia merupakan perayaan musik tahunan yang berlangsung pada tanggal 21 Juni. Peringatan ini juga dikenal sebagai Hari Membuat Musik, Music Day, serta Fete de la Musique. Hari Musik ini biasanya akan diramaikan oleh musisi muda dan amatir yang didorong untuk tampil menunjukkan kebolehannya dalam bermusik.

Di Hari Musik ini, siapa saja bisa memainkan instrumen favorit mereka di taman, lingkungan, dan ruang terbuka untuk dinikmati oleh orang lain. Bahkan, para pecinta musik akan menyelenggarakan konser gratis dan acara musik lainnya.

Ada sejumlah fakta menarik terkait Hari Musik Sedunia, lho. Penasaran? Hari Musik Sedunia digagas oleh musisi Amerika, yaitu Joel Cohen pada 1976 silam.

Kemudian ditindaklanjuti oleh Direktur Musik dan Tari Maurice Fleuret, lalu diajukan kepada Menteri Kebudayaan Jack Lang pada tahun 1981, dan mulai dirayakan pada tahun 1982. Hari Musik Sedunia pertama kali diselenggarakan di Paris pada tahun 1982. 

Kemudian pada tahun 1982, Hari Musik Sedunia pertama dirayakan pada Summer Solstice di Perancis. Menteri Kebudayaan Prancis saat itu, Jack Lange merupakan orang yang memulai Fete de la Musique di Paris. Komposer musik terkenal lainnya, yaitu Maurice Fleuret, juga berperan dalam memulai hari untuk merayakan musik. Music Day lantas menjadi populer di semua negara di dunia, hingga saat ini.

Tips Belajar Musik untuk Pemula

belajar musik
Sumber: Freepik

Kalau sudah tahu tentang sejarah perayaan Hari Musik Sedunia, sekarang saat belajar musik. Perlu dipahami, bahwa untuk bisa bermain alat musik, kita perlu belajar dengan tekun dan intensif. Ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan, misalnya belajar melalui YouTube. Dari YouTube, kita dapat belajar banyak hal secara otodidak, termasuk belajar alat musik untuk pemula. 

Belajar musik akan sulit dilakukan jika kita tidak mengatur jadwal berlatih. Dengan adanya jadwal berlatih, maka kita akan terbiasa, terencana, dan disiplin dalam belajar. Tidak ada yang mustahil kalau kita serius melakukannya dalam disiplin, lho. Khusus pada bagian persiapan dan pada level pemula, berikut ini adalah beberapa tips dan trik belajar musik untuk pemula:

  1. Siapkan alat musik yang ingin dipelajari. Dengan memiliki alat musik yang ingin dipelajari, tentunya kita bisa dengan leluasa menggunakannya setiap kita sedang dalam mood yang baik untuk belajar. Kita juga tidak perlu takut dalam menggunakannya, seperti takut akan merusak alat musik dan lain sebagainya.
  2. Jika alat musik sudah ada, maka mulailah belajar dari dasar. Hal ini penting, sebab banyak orang yang ingin belajar musik namun tidak ingin belajar tentang hal-hal mendasar dalam memainkan musik tersebut. Kebanyakan orang cenderung ingin langsung memainkan sebuah lagu, padahal hal ini ternyata keliru. Misalnya, jika kita ingin belajar memainkan gitar, maka kita harus belajar dulu bagaimana cara memegang atau memetik senar gitar yang benar.
  3. Setelah kita mampu menguasai hal-hal mendasar pada sebuah alat instrumen, maka kita bisa mulai memainkan sebuah lagu.
  4. Semakin sering kita melakukan sesuatu, maka kita akan semakin mahir. Jadi, supaya kita bisa menguasai alat musik tertentu, kita harus berlatih dengan semangat dan disiplin. Ingat, practice makes perfect

Baca juga: Mengetahui Manfaat Musik untuk Kesehatan, Klik Di Sini!

Mengenal Music for Adventure EIGER

belajar musik

Sembari belajar musik, Eigerian harus tahu nih kalau Eiger telah meluncurkan sebuah album musik kompilasi bertajuk Music for Adventure, tepatnya pada tanggal 27 September 2021 lalu. Album musik kompilasi ini adalah hasil proyek co-creaction (collaboration, create & action) bersama Beli Album Fisik dan 6 musisi top tanah air. Uniknya, album musik kompilasi ini dikemas dalam sebuah Eiger Music For Adventure Box Set yang dijual dalam jumlah terbatas, lho!

Music for Adventure bukan merupakan album musik kompilasi biasa, karena sejatinya album musik ini adalah sebuah movement kepedulian terhadap lingkungan. Seluruh keuntungan dari penjualan album ini akan didonasikan untuk misi konservasi orangutan di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Karya musik ini diramaikan oleh 6 musisi papan atas nasional, serta 5 band musisi lokal pemenang audisi yang telah diadakan pada 2020 lalu. Adapun 6 musisi nasional yang terlibat pada album kompilasi ini di antaranya adalah Iwan Fals, Endank Soekamti, Fourtwnty, Alffy Rev, Navicula, dan Fiersa Besari. Sementara 5 musisi lokal yang juga turut serta dalam meramaikan album kompilasi ini adalah Beranda Rumah, Klopediakustik, Cikini Tropical Sound, Mercusuar, dan Nualusna.

Baca juga: Box Set Music For Adventure, Kolaborasi Eiger dengan 6 Musisi Top

Album musik yang merupakan limited collectible items ini tersedia seharga Rp499.000. Dengan membeli Eiger Music For Adventure Box Set ini, kita akan mendapatkan fitur menarik berikut:

  • Kotak kayu vintage, terbuat dari kayu jati Belanda
  • CD album kompilasi Eiger Music for Adventure
  • DVD video dokumenter Behind the Songs
  • Sertifikat kepemilikan box set
  • Booklet cerita proses pembuatan lagu
  • Photo card dengan lirik
  • Kaos dan masker eksklusif, terbuat dari bahan cotton bamboo yang lembut
  • Alat makan kayu, terbuat dari kayu mahoni
  • Benih kangkung
  • Kartu garansi box set.

Belum punya album Music for Adventure? Pesan sekarang website Eiger Adventure Official.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments