HomeTips & TrickRidingBerkenalan dengan 7 Jenis Motor, Sudah Pernah Melihatnya?

Berkenalan dengan 7 Jenis Motor, Sudah Pernah Melihatnya?

Siapa diantara kamu semua yang membaca artikel ini adalah biker atau ingin menjadi biker? Tentu saja, artikel ini sangat tepat karena khusus kali ini kami akan mengulas mengenai jenis motor yang ada di pasar, lengkap dengan standar penggunaan berdasarkan spesifikasi dan fiturnya.

Kuda besi ini sendiri populer di kalangan masyarakat Indonesia karena memiliki daya guna yang besar. Memang pada dasarnya kegunaannya adalah berpindah dari satu tempat ke tempat lain, namun secara spesifik, fungsi dan jenis motor kemudian dibagi ke dalam beberapa kategori berbeda.

Untuk melihatnya secara lebih detail, kamu bisa melihat penjelasan di bawah ini, tentang beberapa jenis motor yang banyak digunakan di Indonesia dan dunia.

1. Motor Bebek atau CUB

Mungkin kamu yang sudah memasuki usia hampir 30 tahun, memahami benar apa istilah motor bebek. Belakangan popularitasnya semakin tergeser oleh motor matic atau skuter, dan motor jenis sport. Namun pada kenyataannya, motor jenis ini masih memiliki penggemar loyal.

Motor ini sebelumnya populer di Jepang, dan memiliki bentuk rangka melengkung ke atas seperti leher bebek. Kapasitas mesin yang tidak terlalu besar memungkinkan motor bebek memiliki konsumsi bahan bakar yang kecil, dan cocok untuk kegiatan operasional harian. Selain itu, biaya perawatannya juga tak terlalu tinggi.

2. Jenis Motor Matic atau Skuter

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tuntutan akan kemudahan berkendara dan praktisnya penggunaan jadi alasan kenapa motor jenis matic ini dipilih banyak orang. Bentuknya yang ringkas, perawatan yang mudah, serta bisa digunakan untuk membawa barang dalam kapasitas lebih besar, menjadikan motor matic primadona masyarakat saat ini.

Varian matic sendiri kemudian juga berevolusi pada cabang lebih spesifik, dengan ukuran yang lebih besar. Membawa sedikit kesan cruiser dalam bentuk dan fiturnya, matic jumbo ini juga mulai banyak diproduksi dan diminati masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Yuk Pahami Apa Itu Blind Spot dan Cara Menghindarinya

3. Sportbike, Gagah dan Bertenaga

Cenderung menekankan fitur pada tenaga mesin yang besar, bobot yang ringan, serta kemampuan akselerasi dan pengereman yang tinggi, jenis motor sportbike populer di kalangan anak muda dan penggemar balapan.

Dari bentuknya saja sudah terlihat begitu aerodinamis, sehingga tidak memiliki banyak penghambat gerak. Dengan mesin yang berkapasitas besar kecepatan yang bisa dicapai dalam waktu singkat cenderung tinggi, sehingga cocok untuk kamu yang mencari motor dengan fitur seperti ini.

Tapi ingat, tetap utamakan keselamatan saat berkendara dengan menggunakan riding gear lengkap dan patuhi peraturan lalu lintas yang berlaku.

4. Naked-Bike, Spesies Sportbike ‘Telanjang’

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Disebut telanjang karena jenis motor ini tidak memiliki fairing atau sayap-sayap yang membentuk bagian badan motor menjadi aerodinamis. Masih memiliki kapasitas mesin yang besar dan bertenaga, motor ini menjadi cukup populer karena bentuknya yang terkesan lebih garang dan kemampuan manuvernya yang tinggi.

Posisi berkendara yang lebih nyaman ditawarkan oleh jenis ini daripada sportbike yang cenderung membuat pengendaranya membungkuk. Naked-bike juga lebih versatile, karena bisa digunakan untuk banyak keperluan baik harian atau acara dan modifikasi tertentu.

5. Dual-Sport, Off-Road dan Jalan Aspal

Jenis kelima adalah motor dual-sport. Motor ini mendapatkan namanya dari kegunaannya yang fleksibel, antara jalanan off-road atau jalanan aspal. Memiliki ground clearance yang tinggi membuatnya bisa diajak melibas jalanan berbatu dan di luar jalan aspal.

Namun demikian motor ini masih bisa digunakan pada jalan beraspal, dan tetap terasa nyaman. Meski harus dibayar dengan bentuk tempat duduk yang mungil, namun popularitasnya di kalangan anak muda dan pegiat kegiatan luar ruang masih sangat tinggi.

6. Cruiser, Motor dengan Kenyamanan Tinggi

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Memiliki ciri khas bentuk motor yang rendah, panjang, dan gagah, jenis motor cruiser banyak dipilih untuk memberikan kesan berwibawa pengendaranya. Posisi berkendara yang agak membungkuk ke depan membuat motor ini cukup nyaman digunakan berkendara jarak jauh.

Beberapa produsen besar motor jenis ini adalah BMW, Harley-Davidson, Moto Guzzi, Triumph, dan Victory. Meski demikian segmen penggunanya cukup spesifik, sehingga mungkin kamu jarang melihat motor ini berseliweran di jalan raya.

7. Touring, Jenis Motor untuk Perjalanan Jarak Jauh

Nah jika kamu biker tentu tak asing dengan istilah touring. Istilah ini mengacu pada kegiatan berkendara jarak jauh, bisa sendiri atau berkelompok, dengan menggunakan motor. Sebenarnya, touring sendiri merupakan jenis motor.

Tentu saja, peruntukan motor ini sesuai dengan namanya. Dengan badan yang besar, kapasitas mesin tinggi, serta kenyamanan berkendara luar biasa, membuat siapa saja betah berkendara sejauh ratusan kilometer ketika menggunakan moge yang satu ini.

Baca Juga : Sunmori adalah Bentuk Kegiatan Luar Ruang, Perhatikan Hal Ini! 

Itu tadi beberapa jenis motor yang beredar di pasar dan banyak digunakan oleh masyarakat luas. Untuk kamu sendiri, mana jenis motor yang kamu inginkan atau kamu sudah miliki saat ini?

Memahami jenis-jenis motor bisa jadi sangat berguna ketika kamu akan membeli motor. Tentu saja, dalam berkendara kamu tetap harus mengutamakan keselamatan. Selalu gunakan riding gear terbaik dari Eiger Adventure, dan pastikan kamu juga memahami serta menaati semua rambu lalu lintas yang ada. Selamat berkendara, dan selamat berpetualang!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments