HomeTips & TrickMountaineeringBiaya Mendaki Gunung Rinjani Terbaru, Cermati 7 Poin Berikut

Biaya Mendaki Gunung Rinjani Terbaru, Cermati 7 Poin Berikut

Gunung Rinjani termasuk salah satu jajaran puncak tertinggi di Indonesia yang populer di kalangan pendaki. Menyajikan pemandangan alam spektakuler sepanjang trek bak keindahan surgawi serta tantangan yang menguji adrenalin, jadi alasan gunung tertinggi di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini jadi tujuan pendakian favorit. 

Di samping persiapan fisik dan mental yang tangguh, sebelum pendakian Eigerian mungkin bertanya-tanya, berapa estimasi biaya mendaki Gunung Rinjani? Ini adalah poin krusial yang wajib diketahui oleh para pendaki 

Buat Eigerian yang penasaran, yuk simak pembahasan selengkapnya terkait rincian biaya pendakian ke Gunung Rinjani berikut ini!

Rincian Biaya Mendaki Gunung Rinjani 2024

Bagi Eigerian yang memiliki agenda untuk melakukan pendakian ke Gunung Rinjani, maka persiapkan dana yang cukup meliputi biaya transportasi menuju lokasi, logistik, perlengkapan mountaineering, hingga dana darurat. 

Agar lebih detailnya, berikut ini perkiraan rincian biaya mendaki Gunung Rinjani 2024 yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Biaya Masuk Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) atau Simaksi

Tarif masuk untuk wisatawan/pendaki domestik sebesar Rp5.000 per hari untuk hari biasa dan pada hari libur dikenakan tarif Rp7.500 per hari setiap orangnya. 

Sementara itu, untuk wisatawan/pendaki asing, tarif masuk per orang dikenakan sekitar Rp150.000 per hari di hari biasa dan pada hari libur Rp250.000 per harinya.

Selain membayar biaya simaksi di aplikasi e-Rinjani, sebelum pendakian, setiap pendaki wajib menyerahkan surat keterangan sehat dengan biaya sekitar Rp20.000.

2. Transportasi Menuju Lokasi Basecamp

Tiket pesawat atau mode transportasi umum lain (bus, kapal, kereta, dll) menuju Lombok menyesuaikan dengan tarif yang bisa berubah-ubah, termasuk apabila ada promosi, peak season, low season, dan lainnya. 

Sewa mobil menuju basecamp Sembalun baik itu dari bandara atau pelabuhan PP, estimasi memerlukan biaya Rp1.200.000 (agar lebih hemat bisa patungan dengan anggota tim pendakian).

Sewa pick up dari basecamp menuju titik pendakian bisa lebih murah dengan cara patungan bersama tim. 

Biaya ojek motor dari Kandang Sapi ke Pos 2 sekitar Rp175.000 per orang.

3. Logistik Pendakian (Makan dan Minum)

Biaya yang dikeluarkan untuk mempersiapkan logistik selama pendakian bisa disesuaikan dengan kebutuhan tim pendakian masing-masing, kira-kira mulai dari Rp100.000 -Rp200.000 per orang.

Tips untuk menghemat biaya makan dan minum selama pendakian yaitu dengan membawa bekal yang cukup, mengenyangkan, dan bergizi serta memasak sendiri saat nge-camp. 

4. Biaya Perlengkapan Mountaineering

Sebelum pendakian, tentunya Eigerian harus mempersiapkan beragam perlengkapan mountaineering yang lengkap dan mumpuni. Daftar perlengkapan yang perlu disiapkan seperti sleeping bag, tenda, matras, cooking set, pakaian hangat, sepatu gunung, tas carrier, wadah minum, survival kit, P3K, dan lain-lain. 

Semua perlengkapan mountaineering bisa kamu beli satu per satu dengan harga yang bervariatif. Agar lebih menghemat budget, beberapa item pendakian yang belum dimiliki bisa kamu sewa di tempat persewaan. 

5. Biaya Penginapan

Apabila kamu berasal dari luar wilayah Lombok, satu malam sebelum memulai pendakian Rinjani, carilah akomodasi di hotel, homestay, atau penginapan yang nyaman. Temukan tempat penginapan terdekat dari basecamp Rinjani dengan harga yang terjangkau sesuai budget-mu.

6. Jasa Guide dan Porter Gunung

Biaya jasa satu orang porter di Gunung Rinjani dengan kapasitas beban yang ditentukan berkisar antara Rp300.000 – Rp350.000 per hari (bisa patungan dengan tim pendakian agar lebih hemat). 

Besarnya biaya membayar jasa porter gunung tergantung pada banyaknya jumlah porter yang dibutuhkan oleh setiap pendaki atau tim pendakian. Kamu juga dapat memberikan tambahan tip kepada porter dan guide lokal sebagai ungkapan terima kasih atas jasa mereka membantu pendakianmu lancar. 

7. Biaya Lain-Lain

Selain mempersiapkan budget untuk setiap pos pengeluaran Rinjani di atas, Eigerian juga harus menambahkan biaya tambahan lain-lain. Ini mencakup biaya obat-obatan, dana darurat, oleh-oleh, dan lainnya. 

Tips Berhemat agar Tidak Over Budget

Berikut adalah beberapa tips menghemat biaya mendaki Rinjani yang bisa kamu terapkan:

1. Membuat Kelompok Pendakian

Rincian biaya Rinjani di atas bisa lebih murah lagi tergantung dengan banyaknya anggota tim pendakian karena kebutuhan bersama bisa sharecost atau ditanggung bersama secara patungan. Artinya, semakin banyak anggota yang terlibat di dalamnya, maka semakin murah biaya per orang untuk trip ke Rinjani. 

2. Memilih Paket Open Trip

Saat ini ada banyak tour agent yang menawarkan paket open trip mendaki ke Gunung Rinjani. Paket biasanya sudah komplit meliputi guide, porter, tenda, transportasi, hingga makan. Mungkin dengan mengambil paket open trip atau semacamnya, biaya yang dikeluarkan bisa lebih terjangkau dan praktis. 

3. Memilih Open Trip yang Terpercaya dan Berkualitas

Bagi Eigerian yang berencana muncak ke Rinjani, sangat disarankan untuk selektif menggali informasi terkait estimasi biaya mendaki Gunung Rinjani yang realistis. Hal ini dikarenakan telah ditemui beberapa oknum tour agent tak bertanggung jawab yang menawarkan paket tour Rinjani dengan harga super murah dan tak masuk akal. 

4. Berburu Promo Tiket Pesawat dan Akomodasi

Jauh-jauh hari sebelum pendakian Rinjani, kamu bisa berburu promo tiket pesawat dan akomodasi agar mendapatkan harga yang lebih murah. Memesan tiket pesawat dan akomodasi menjelang keberangkatan biasanya akan lebih mahal harganya. 

Baca juga: Berapa Jam Pendakian Gunung Rinjani? Panduan untuk Eigerian

Rencanakan Pendakian Rinjani Bersama EIGER Adventure

Mendaki Gunung RInjani adalah pengalaman berharga dan tentunya tak akan terlupakan. Tentunya budget pendakian RInjani yang dikeluarkan akan sepadan dengan pengalaman yang tak ternilai harganya ini.

Setelah mengetahui estimasi berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pendakian Rinjani, yuk persiapkan fisik dan mental yang tangguh sebelum pendakian. Selalu pastikan kamu menggali informasi terkini terkait pendakian Gunung Rinjani di situs resmi TNGR, membaca review pengalaman di blog perjalanan, dan tergabung dalam komunitas pendaki.

Jangan lupa lengkapi segala peralatan mountaineering terbaik untuk menunjang keselamatan dan keamanan selama pendakian hanya di website resmi EIGER Adventure.

Selain mengunjungi website resmi Eiger, Eigerian juga bisa langsung belanja di EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Atau supaya lebih praktis dan mudah, Eigerian bisa belanja online lewat mobile apps EIGER Adventure. Langsung download di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. 

Produknya tersedia lebih lengkap, jaminan produk original, ada banyak promo menarik, banyak pilihan metode pembayaran, dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Cek sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru