HomeTips & TrickGreen & HealthyBingung Latihan Fisik Di Rumah? 5 Jenis Olahraga Ini Opsinya!

Bingung Latihan Fisik Di Rumah? 5 Jenis Olahraga Ini Opsinya!

Menjaga kesehatan dan kebugaran badan selama berada di rumah memang bukan hal yang sulit. Sederet jenis olahraga bisa dilakukan di dalam rumah, sehingga tubuh Eigerian tetap terjaga kebugarannya.

Di tengah kondisi yang serba tak menentu seperti sekarang, Eigerian sangat direkomendasikan untuk tetap berkegiatan fisik secara aktif. Selain bisa menjaga kesehatan tubuh, kegiatan fisik seperti olahraga di rumah ini juga bisa membuat mood terjaga dalam kondisi baik.

Maka dari itu, meri kita lihat beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah, dengan alat bantu sederhana sebagai penunjangnya.

7 Minute Workout, Jenis Olahraga Kekinian yang Populer

Jenis olahraga pertama yang bisa Eigerian lakukan selama di rumah adalah 7 minutes workout. Olahraga ini sangat populer di kalangan masyarakat modern, karena menjadi latihan intensitas tinggi dalam waktu singkat yang bisa membawa banyak manfaat.

Jangan dikira karena namanya 7 minutes workout ‘menu’ latihannya juga terasa ringan. Sederet gerakan harus dilakukan dalam setiap sesinya, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jenis olahraga ini. Berikut beberapa gerakan yang bisa dilakukan.

1. Jumping jack

2. Wall sit

3. Push-up

4. Abdominal crunch

5. Step-up onto chair

6. Squat

7. Triceps dip on chair

8. Plack

9. High knees

10. Lunge

11. Push-up and rotation

12. Side plank

Sudah mulai terbayang betapa intensnya gerakan-gerakan ini?

Rata-rata setiap gerakan akan dilakukan 30 sampai 45 detik, dengan jeda istirahat 10 sampai 15 detik setiap gerakannya. Ingat, untuk mendapat manfaat maksimal, kamu harus melakukan runtutan gerakan ini secara berlanjut dan konsisten.

Tentu kamu juga bisa mengkombinasikan ‘menu’ gerakan ini dengan gerakan-gerakan lain, sesuai kebutuhan latihan yang dimiliki. Jadi, selain bermanfaat, kombinasinya juga fleksibel sehingga dapat dengan mudah disesuaikan.

Baca Juga : Macam-macam Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Sambil WFH

Sederhana Tapi Terasa, Skipping

Jenis olahraga kedua yang bisa Eigerian lakukan selama berada di rumah adalah skipping. Skipping atau lompat tali merupakan salah satu olahraga yang masuk dalam golongan HIIT, atau high intensity interval training, yang dapat membuat kamu berkeringat dalam waktu singkat.

Gerakannya sederhana, hanya melakukan lompat tali dengan pengulangan pada durasi waktu tertentu. Meski demikian, ketika mulai memasuki hhngan 50 atau 75, kaki kamu akan mulai merasakan efek dari gerakan sederhana ini.

Pada repetisi ketiga, tubuh akan mulai berkeringat dan ini saatnya kamu benar-benar menguji daya tahan dan kekuatan. Jika dilakukan secara rutin, latihan seperti skipping bisa membantu menguatkan otot kaki, sehingga kondisinya tetap terjaga jika sewaktu-waktu kamu ingin kembali menanjak di gunung favoritmu.

Senam dengan Panduan Kanal YouTube Favoritmu

Yap, kamu tidak salah baca. Senam merupakan satu jenis olahraga menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah selama pandemi ini. Terlebih dengan ketersediaan internet hampir di semua tempat, akses platform seperti YouTube menjadi lebih mudah.

Kamu bisa mencari jenis senam favoritmu, dan mengikuti gerakan yang ditunjukkan oleh instrukturnya. Dalam waktu singkat, kamu akan mendapati tubuh berkeringat dan efek ringan sampai sedang di sekujur tubuh.

Senam sendiri kami rekomendasikan karena selain dapat melatih dan membuat tubuh menjadi sehat, juga dapat meningkatkan mood selama sehari penuh. Gerakan yang sederhana, musik yang mengiringi, dan motivasi dari instruktur, akan menjadikan senam kegiatan yang baik tak hanya untuk kondisi fisik namun juga kondisi mental.

Melakukan Yoga untuk Melatih Kelenturan

Keempat, kami juga menyarankan kamu untuk berlatih yoga dengan mengikuti kelas gratis atau video tutorial di YouTube. Mengapa yoga? Karena secara praktis jenis olahraga ini bisa membantu kamu melatih kelenturan otot, sehingga tidak mudah mengalami cedera.

Gerakan-gerakan yang dilakukan saat yoga sendiri terbilang memiliki tingkat kesulitan beragam, tergantung kelas seperti apa yang kamu ambil. Untuk Eigerian yang belum pernah mencobanya, bisa mengambil kelas pemula sehingga tidak terlalu kesulitan dalam melakukan olahraga ini.

Jenis Olahraga Paling Mudah, Jogging

Well memang diperlukan alat seperti treadmill atau sejenisnya, tapi jogging benar-benar jadi salah satu rekomendasi jenis olahraga yang bisa dilakukan selama berada di rumah.

Tak perlu banyak teknik, tak perlu banyak persiapan, cukup pemanasan secukupnya, persiapkan musik pengiring, dan kamu bisa mulai jogging dengan santai. Jika ingin melakukannya di luar, pastikan kamu tidak terlalu jauh dari rumah, atau justru lakukan lari-lari kecil di halaman belakang.

Gerakan yang mudah menjadikan jogging olahraga banyak orang. Di era sebelum pandemi, cukup banyak yang menjadikan ini sebagai olahraga rutin setiap sore hari atau pagi hari. Karena memang pada kenyataannya selain bisa meningkatkan kesehatan, jogging juga bisa membawa mood baik untuk mereka yang melakukannya.

Baca Juga : Pahami Cara Tepat Belanja yang Eco Friendly 

Beberapa jenis olahraga di atas, bisa Eigerian lakukan di rumah. Jadi, rasanya tak ada alasan untuk tidak latihan selama berada di rumah, untuk menjaga kesehatan dan menjaga kebugaran. Nah setiap latihan ini bisa didukung secara maksimal dengan peralatan yang mumpuni, yang bisa kamu temukan di Eiger Adventure. Setiap perlengkapan, seperti sarung tangan, atau matras, dan sebagainya, tersedia lengkap di sana. Kamu bisa mendapatkan produk terbaik dengan harga sepadan, dan kualitas yang tidak usah diragukan lagi.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments