HomeTips & TrickRiding5 Tips Riding Aman Menuju Lokasi Bukber, Taat Prokes Aman!

5 Tips Riding Aman Menuju Lokasi Bukber, Taat Prokes Aman!

Mengadakan buka bersama tentu akan jadi acara yang menyenangkan, terlebih hal ini sudah diperbolehkan oleh pemerintah meski dengan syarat yang ketat. Untuk biker sendiri, agenda ini juga menjadi sarana bersilaturahmi, sebagai pengganti agenda kopdar atau kopi darat yang biasanya dilaksanakan.

Nah dalam artikel ini kamu bisa mendapatkan tips untuk motoran menuju tempat bukber, mengingat kondisi jalanan pasti sangat ramai. Selain itu, kamu juga bisa memperoleh informasi berguna tentang bagaimana tetap menjaga protokol kesehatan selama bukber dengan sanak saudara, teman, dan keluarga.

Baca Juga : 7 Cara Menghemat BBM yang Sederhana dan Tak Repot

Motoran Menuju Tempat Buka Bersama

buka bersama

Sebenarnya, motoran atau riding menuju tempat buka bersama tidak berbeda dengan riding saat momen lain. Hanya saja, kamu wajib paham bahwa kondisi jalan raya kini sudah cukup ramai, karena aktivitas sudah berjalan seperti biasanya. Meski demikian ini tidak berarti kita semua sudah terbebas dari pandemi, hanya saja kondisinya mulai terkendali berkat kerjasama semua pihak.

Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu kamu ingat saat akan riding menuju lokasi bukber yang sudah disepakati.

1. Gunakan Riding Gear Berstandar

Jelas selalu menjadi poin utama jika berbicara mengenai riding, adalah menggunakan riding gear berstandar jelas. Tidak hanya bersifat sebagai kelengkapan, perlengkapan berkendara ini juga akan jadi proteksi utama selama kamu berkendara di jalanan.

Pastikan memilih riding gear terbaik dan berkualitas ya, agar proteksi yang kamu dapatkan maksimal. Akan lebih baik jika riding gear ini juga tampak modis, sehingga kamu tampak keren saat berkendara.

Untuk mendukung riding yang kamu lakukan, kamu bisa melihat beberapa produk dari Eiger Adventure berikut ini. Mulai dari Eiger X-Famauina WS Gloves, Eiger Vanguard Wayfarer Sunglasses, Elbow Protector 01, Eiger EXRE Oragadam Bandana, dan Eiger EXRE Interceptor CAP

2. Cari Rute Terbaik, Pertimbangkan Arus Lalu Lintas

Tips kedua adalah untuk mencari rute terbaik karena arus lalu lintas menjelang berbuka puasa dapat dipastikan sangat padat. Dengan menggunakan aplikasi peta atau pengalaman yang kamu miliki, cari rute yang terbilang lebih lancar dan jaraknya paling ideal.

Sederhana saja, tips kedua ini ditujukan agar kamu tidak terlambat datang ke acara buka bersama dan harus membatalkan puasa saat di jalan.

3. Tidak Bergerombol

Mempertimbangkan kondisi jalan yang ramai, usahakan kamu tidak berkendara secara bergerombol. Memang, akan lebih seru ketika kamu sampai di tempat acara buka bersama dalam satu kelompok, tapi bagaimanapun juga, tetap utamakan keselamatan.

Justru akan lebih aman ketika kamu berkendara secara terpisah dengan rombongan, karena kemudian kewaspadaan bisa lebih ditingkatkan selama berada di jalan.

4. Gunakan Pakaian yang Ideal

Ideal di sini dalam artian pakaian yang tidak mengganggu perjalanan kamu. Memang banyak model pakaian panjang yang bisa digunakan agar nuansa bulan puasa lebih terasa. Namun secara praktis, pastikan pakaian ini tidak mengganggu aktivitas riding dan mengurangi faktor keselamatan.

Untuk meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan tunggal atau sejenisnya, disarankan tetap menggunakan pakaian yang aman untuk berkendara.

5. Jaga Konsentrasi pada Jalan Raya

Terakhir selalu pastikan konsentrasi kamu selalu terjaga untuk memperhatikan jalan raya. Berkendara sendiri sebenarnya sudah merupakan aktivitas multitasking, jadi idealnya tidak berkendara sambil melakukan hal lain. Perhatikan kondisi jalanan, selalu waspada, dan jangan hilang fokus.

Hilang fokus sering terjadi karena perut berada dalam kondisi lapar, dan pikiran sudah tertuju pada makanan serta suasana berbuka yang akan dihadapi.

Meski Seru, Tetap Ingat Terapkan Protokol Kesehatan

buka bersama
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Setelah mengetahui tips riding untuk menuju lokasi bukber, selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah tips untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama kegiatan ini. Yap, kegiatan rutin bulan Ramadhan ini memang sudah diizinkan, namun tetap dalam koridor prokes ketat.

Menjaga Protokol Kesehatan

  • Ingat untuk membawa hand sanitizer dan menggunakan masker. Poin pertama ini rasanya sudah menjadi kebiasaan banyak orang di Indonesia dan dunia. Jadi jangan sampai lupa membawa dan menggunakan keduanya.
  • Mencuci tangan saat sampai di tempat buka bersama, sebelum makan, dan sesudah makan. Menjaga agar tangan tetap bersih juga jadi poin penting dalam urusan menjaga protokol kesehatan, sehingga bisa mengurangi potensi virus masuk ke dalam tubuh.
  • Pilih lokasi atau venue yang memiliki sirkulasi udara baik. Usahakan untuk mencari venue bukber dengan sirkulasi udara baik. Tempat makan outdoor atau semi-outdoor bisa jadi opsi teratas kamu, sehingga udara yang kamu hirup lebih segar dan aman.
  • Menjaga jarak aman agar tidak terlalu berhimpitan. Well, poin ini memang agak menantang, mengingat kerinduan dan rasa hangat yang muncul saat kegiatan buka bersama. Namun demi menjaga prokes, sangat disarankan untuk tetap menjaga jarak selama bukber.
  • Mandi saat sampai di rumah. Tips terakhir untuk aman bukber selama pandemi adalah dengan mandi saat kamu sudah sampai di rumah kembali. Mandi setelah bepergian juga jadi kebiasaan yang baik selama pandemi, karena dapat membantu meminimalisir kuman dan virus yang tinggal di tubuh atau baju.

Baca Juga : 6 Jenis Tanda Rambu Lalu Lintas Di Indonesia, Rider Wajib Paham!

Well itu tadi beberapa tips yang bisa disampaikan terkait buka bersama, mulai dari perjalanan atau riding ke lokasi bukber, hingga tips menjaga protokol kesehatan selama bukber agar tetap aman dan nyaman. Tentu saja, terkait pakaian dan ridinggear, kamu tak perlu repot mencarinya. Semua sudah tersedia di website Eiger Adventure official. Perlengkapan riding Eiger Adventure akan selalu menjadi jawaban atas semua kebutuhan riding yang kamu milikI!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments