HomeTips & TrickRidingTak Perlu Panik, Ini Cara Atasi Kunci Motor Tidak Bisa Diputar

Tak Perlu Panik, Ini Cara Atasi Kunci Motor Tidak Bisa Diputar

Kunci motor tidak bisa diputar memang membuat kesal sekaligus panik. Kendala ini mungkin pernah Eigerian alami, sehingga tidak bisa menyalakan motor. Yuk cek artikel ini untuk cari tahu cara atasi kunci motor tidak bisa diputar.

Hal ini biasanya dialami oleh motor yang usianya sudah cukup lama yang terdapat karat dalam komponennya. Berbeda dengan motor keluaran terbaru saat ini yang sudah menggunakan teknologi keyless. 

Tidak bisa diputarnya kunci motor bisa jadi disebabkan berbagai macam hal, terlebih jika si pemilik motor jarang melakukan servis secara berkala. Selain itu bisa jadi adanya kotoran seperti debu atau endapan air yang masuk pada silinder kontak. 

Jika kunci tidak bisa diputar, otomatis motor tidak akan menyala. Jika tetap dipaksakan, kunci motor bisa patah dan menimbulkan masalah lain. 

Sebenarnya perusahaan motor telah menyiapkan pencegahan masalah kunci motor, yakni dengan menjadikan stainless steel sebagai bahan dasar logam lubang kunci motor agar terhindar dari karat. 

Saat mengalami kejadian kunci motor tidak bisa diputar, kamu tak perlu panik. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, bahkan tidak perlu ke bengkel, loh. Penasaran apa saja? Simak sampai beres ya. 

Penyebab Kunci Motor Tidak Bisa Diputar

Sebenarnya, hampir semua pabrikan motor telah memberikan solusi untuk meminimalisir kunci motor yang tidak bisa diputar. Salah satunya dengan menggunakan bahan dasar stainless steel agar bagian lubang kunci motor tidak berkarat. 

Bahkan motor keluaran terbaru telah dilengkapi tutup kunci motor. Hal itu untuk mengantisipasi masuknya berbagai kotoran kecil yang bisa menyebabkan kunci motor macet saat diputar. 

Nah, untuk itu Eigerian perlu memahami beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kunci motor tidak bisa diputar. 

  • Terdapat Tumpukan Kotoran

Salah satu penyebab paling umum kunci motor tidak bisa diputar yakni karena terdapat kotoran pada bagian kontak kunci motor. Kotoran seperti debu atau partikel kecil lainnya tersebut menumpuk dan akhirnya mengganjal kunci motor saat dimasukan. 

  • Terdapat Karat

Hal lain yang bisa memicu kunci motor macet yakni adanya karat pada bagian lubang kunci motor. Karat pada bagian komponen kunci motor tersebut disebabkan adanya air yang masuk, alhasil benda karat akan sulit untuk diputar atau digerakkan.  

  • Silinder Kontak Rusak

Masalah lain yang menjadi penyebab utama kunci motor tidak bisa diputar adalah bagian silinder kontak motor rusak yang membuat tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. 

  • Kunci Motor Bengkok

Pada umumnya, kunci memiliki bentuk yang lurus serta mempunyai pola khusus seperti bergerigi ataupun bercelah. 

Saat akan dimasukan pada lubang kunci, pastikan posisi kunci lurus agar bisa berjalan sesuai fungsinya. Namun jika kunci tersebut bengkok maka akan menyebabkan kunci motor tidak bisa diputar atau macet. 

  • Kesalahan Pengguna

Siapa sangka jika kesalahan pengguna bisa jadi penyebab kunci motor tidak bisa diputar. Banyak pengguna motor yang menghiraukan agar melakukan servis dan melakukan perawatan pada motor agar tidak ada kerusakan. 

Beberapa hal di atas merupakan penjelasan singkat mengenai penyebab kunci motor tidak bisa diputar. Lalu, jika terjadi hal yang demikian bagaimana sih cara mengatasinya?

Baca Juga: 6 Cara Membuka Kunci Stang Motor yang Terkunci

Cara Mengatasi Kunci Motor Tidak Bisa Diputar

Ada beberapa cara yang bisa Eigerian lakukan untuk mengatasi masalah pada kunci motor. Berikut ini merupakan kiat-kiat dalam mengatasi kunci motor tidak bisa diputar.

1. Tekan dan Putar Kunci Motor Jadi Salah Satu Cara Atasi Kunci Motor Tidak Bisa Diputar

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi  masalah kunci motor tidak bisa diputar yakni dengan mencoba menekan dan memutar kunci motor searah jarum jam atau sebaliknya.

Tekan kunci dan putar sedikit setir ke kiri atau kanan, untuk mencari celah bebas agar kunci bisa berputar. Biasanya pada kunci motor yang tidak bisa diputar terjadi karena kunci setir sedang dalam posisi terkunci erat. 

Saat hal tersebut terjadi, kamu harus berusaha untuk memutar kunci sambil mencoba menggoyangkan setir.  

2. Memastikan Posisi Kunci Motor Benar

Pada beberapa jenis silinder kunci motor, bagian selongsong mungkin berada pada posisi terkunci dan pernya tidak mampu mendorong kembali untuk membebaskan selongsong dari kuncian. 

Oleh karena itu, saat memasukkan kunci ke dalam lubang kunci, usahakan jangan tergesa-gesa. Karena hal itu bisa mengakibatkan posisi kunci salah dan kunci motor tidak dapat diputar.

3. Beri Pelumas Besi

Cara selanjutnya, kamu bisa membersihkan dan melumasi silinder kunci menggunakan cairan pembersih. Hal itu bertujuan untuk membersihkannya dari kotoran dan mengatasi rotasi selongsong yang macet.

Kamu juga bisa gunakan oli untuk melumasi bagian kontak kunci motor. Setelah selesai dibersihkan, Eigerian bisa mencoba kembali memasukan kunci motor untuk memastikan bisa diputar atau tidak. 

4. Bersihkan Kontak Motor Secara Rutin

Bagi kalian yang jarang melakukan perawatan motor dengan servis secara rutin, hal ini harus mulai kamu ubah. Dengan melakukan perawatan secara rutin, bisa membuat semua komponen yang terdapat pada motor menjadi lebih awet. 

Jika tidak ingin menggunakan jasa servis, kamu cukup lakukan pembersihan pada bagian kontak kunci dengan cara menyemprotkan cairan penetran atau silicon spray. Hal tersebut bisa meminimalisir kunci motor macer atau tidak bisa diputar. 

5. Ganti Kontak Motor

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah kunci motor tidak bisa diputar, yakni dengan melakukan penggantian komponen kontak motor yang baru. Mungkin hal ini bisa jadi solusi praktis jika tak ingin ribet memperbaiki secara mandiri. 

Namun, saat ingin melakukan cara ini pastikan kontak motor baru yang akan diganti sesuai dengan tipe atau jenis motor yang kamu gunakan. Hal itu agar dalam proses pemasangannya bisa dilakukan secara benar dan tepat. 

Tuntas Atasi Masalah Agar Riding Lebih Lancar

Nah Eigerian, itulah cara atasi kunci motor tidak bisa diputar. Namun, saat kamu telah berusaha tapi tidak membuahkan hasil, Eigerian bisa meminta bantuan ahli kunci atau mekanik motor untuk memperbaikinya. 

Selain harus memperhatikan beberapa tips di atas, kamu juga harus memperhatikan keamanan dan perlengkapan saat berkendara. 

Eigerian bisa mendapatkan banyak perlengkapan riding seperti helm, jaket, celana, kacamata, sarung tangan, dan perlengkapan lainnya hanya di website EIGER Adventure Official. 

Dengan berbelanja di situs resmi EIGER, kamu bisa dapatkan jaminan produk original serta promo berbagai menarik. Yuk segera berbelanja untuk lengkapi outfit riding-mu!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru