HomeTips & TrickRiding7 Cara Bersepeda yang Baik di Jalan Raya, Simak di Sini!

7 Cara Bersepeda yang Baik di Jalan Raya, Simak di Sini!

Aktivitas bersepeda di kota besar sudah jadi salah satu gaya hidup. Menghabiskan akhir pekan, atau bahkan memilih untuk bike to work, jadi opsi menarik untuk mengurangi polusi dan menjaga badan tetap sehat. Tapi untuk kamu yang menggemari aktivitas ini, harus paham pula cara bersepeda yang baik di jalan raya agar selamat dan nyaman saat bersepeda.

Pertimbangan utamanya adalah bahwa jalan raya yang ada di kota-kota besar juga dipadati kendaraan bermotor. Meski mungkin di beberapa ruas jalan terdapat jalur khusus sepeda, ini pun tidak menjamin kamu bisa bersepeda dengan nyaman dan aman.

Maka beberapa cara bersepeda yang baik di jalan raya ini semoga bisa menjadi tips yang berguna untuk kamu terapkan.

Baca Juga : Sederet Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Fisik dan Mental

1. Seperti Riding dengan Motor, Pastikan Kondisi Kendaraan

Cara bersepeda yang baik di jalan raya dimulai dari persiapan sepeda yang akan kamu kendarai. Jelas, memeriksa berbagai komponen secara cermat wajib dilakukan agar sepeda benar-benar dalam kondisi prima dan siap diajak riding.

Mulai dari roda, ban, rantai, rem, stang, dan semua elemen sepeda harus dipastikan dalam kondisi baik. Sebagai hal yang tidak boleh dilewatkan, gunakan alat pelindung diri saat bersepeda mulai dari helm hingga sepatu.

2. Elemen Penting Visibilitas, Gunakan Pakaian dengan Warna Cerah

Cara Bersepeda yang Baik di Jalan Raya
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Salah satu cara bersepeda yang baik di jalan raya adalah dengan menggunakan pakaian yang mencolok demi visibilitas yang lebih baik. Seperti yang dipahami bersama, semua orang yang berkendara di jalan memiliki kepentingannya masing-masing.

Hal ini bisa menurunkan fokus berkendara, dan bisa saja kamu tidak terlihat saat mengendarai sepeda. Dengan pakaian yang cerah, setidaknya visibilitas kamu di jalan raya bisa meningkat dan pengendara kendaraan lain bisa lebih aware akan keberadaanmu.

Pakaian berwarna cerah ini bisa dari berbagai elemen, mulai dari baju, celana, helm, masker, atau jaket. X-Syncline WIndbreaker Jacket (Rp 469.000) bisa jadi opsi menarik untuk meningkatkan visibilitas, sebab warnanya cerah.

3. Pastikan Pendengaran Optimal

Sebagian besar dari masyarakat yang gemar bersepeda juga gemar mendengarkan musik. Memang dapat menunjang kenyamanan bersepeda, namun secara praktis hal ini tidak direkomendasikan sebab bisa mengurangi awareness pada lingkungan sekitar.

Bunyi lain seperti klakson, suara knalpot kendaraan bermotor, atau peluit dari petugas kepolisian, tidak akan terdengar dengan baik. Secara signifikan ini bisa mengurangi keamanan berkendara yang kamu miliki.

Jadi sebisa mungkin tetap fokus pada kegiatan bersepeda dan hindari mendengarkan musik di jalan ya!

4. Berkendara di Bagian Pinggir Jalan

Cara Bersepeda yang Baik di Jalan Raya
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Karena kecepatan yang kamu miliki saat berkendara tidak tinggi, maka disarankan untuk menggunakan bagian pinggir jalan. Jika tersedia, pastikan kamu menggunakan jalur khusus sepeda untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan.

Dalam kelompok besar, pastikan rombongan tidak mengganggu pengendara lain. Dalam kondisi ideal rombongan bisa berjalan dalam dua shaft berbeda sehingga tidak terlalu memakan ruang di jalan raya. Tetap hormati pengendara lain, agar kondisi jalan raya kondusif untuk semua orang.

5. Tetap Menjaga Jarak

Meski berkendara dalam kecepatan yang cenderung tidak tinggi, namun kamu dan rombongan tetap wajib menjaga jarak aman. Setidaknya, berikan jarak yang luang untuk masing-masing sepeda, sehingga jika terjadi hal mendadak tidak mengejutkan dan membuat kecelakaan beruntun.

Jarak aman yang dibahas ini sebenarnya cukup subjektif, tergantung dengan kebiasaan rombongan. Tapi setidaknya kamu pasti paham benar jarak yang bisa memberikan ruang untuk mengerem atau mengurangi kecepatan, sehingga bisa berhenti dengan aman dan tidak mengejutkan pengendara lain.

6. Pahami Berbagai Bahasa Isyarat Umum dalam Bersepeda

Cara Bersepeda yang Baik di Jalan Raya
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Serupa dengan berkendara dengan motor, ada pula beberapa isyarat yang bisa dibuat dengan tangan untuk berkomunikasi di jalan raya. Menggunakan perangkat komunikasi elektronik tentu akan lebih baik. Namun jika tidak memungkinkan, kamu masih bisa menggunakan isyarat tangan.

Mulai dari isyarat stop, berbelok, kurangi kecepatan, hati-hati jika terdapat halangan, atau kode dan isyarat lainnya. Pemahaman pada isyarat ini bisa melancarkan komunikasi antar pengendara sepeda, sehingga agenda bersepeda tetap lancar dan tidak ada kesalahpahaman komunikasi yang terjadi.

7. Tetap Taati Peraturan Lalu Lintas yang Berlaku

Sebagai pengendara sepeda yang baik dan menggunakan jalan raya, pahami dan taati semua peraturan lalu lintas yang berlaku. Secara umum memang rambu lalu lintas ditujukan untuk pengendara kendaraan bermotor. Namun pengendara sepeda tetap wajib paham sehingga dapat meminimalisir risiko kecelakaan yang terjadi.

Rambu lalu lintas sendiri bisa dipahami dengan membaca pengertiannya di berbagai artikel atau laman resmi dari kepolisian. Dengan pemahaman yang sama, idealnya setiap pengendara di jalan raya bisa saling memahami dan tidak ada salah paham.

Baca Juga : Daftar Lengkap Perlengkapan Bersepeda Paling Recommended 

Mengetahui cara bersepeda yang baik di jalan raya jadi hal yang penting dalam menjamin kenyamanan dan keamanan setiap pengendara. Dengan demikian, kamu dan pengendara lain bisa menikmati hak ruang berkendara dengan nyaman.

Tentu saja, dalam hal bersepeda, Eiger Adventure juga siap jadi partner terbaik kamu. Selain memberikan pengetahuan terkait cara bersepeda yang baik di jalan raya, Eiger juga menyediakan banyak apparel dan perlengkapan bersepeda yang berkualitas. Belanja online di website Eiger Adventure official dengan mudah bisa langsung dilakukan di sini dengan memanfaatkan berbagai promonya. Bersepeda #PastiMakinAsyik bersama Eiger Adventure!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments