HomeTips & TrickLifestyle7 Cara Meditasi yang Benar, Cocok Untuk Pemula!

7 Cara Meditasi yang Benar, Cocok Untuk Pemula!

Padatnya kesibukan seringkali membuat kita merasa stress dan jenuh. Untuk mengatasinya, Eigerian bisa coba melakukan cara meditasi berikut ini!

Rasa stress dan jenuh merupakan hal yang wajar bagi banyak orang. Apalagi bagi kita yang punya kesibukan super padat dan minim waktu untuk liburan. Bahkan, rasa bosan juga bisa muncul saat kita terlalu lama di rumah seperti saat pandemi lalu.

Bagi Eigerian yang tak punya banyak waktu untuk liburan, perasaan stres atau “burnout” ini bisa jadi masalah di kemudian hari. Produktivitas kita bisa menurun, mood jadi tidak stabil, kurang bahagia, dan berimbas pada kesehatan fisik.

Tak perlu khawatir, meski tak bisa liburan, kita tetap bisa kok mengatasi burnout dari rumah. Eigerian bisa mencoba beberapa cara meditasi untuk pemula yang bisa dilakukan dengan mudah.

Meditasi bisa memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan pikiran dan mental, lho. Ingin tahu bagaimana cara meditasi yang benar untuk pemula? Ikuti langkah-langkahnya ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Naik Turun Tangga, Lebih Sehat dari Naik Lift

Cara Meditasi yang Benar Untuk Pemula

cara meditasi
(Foto meditasi untuk pemula. Sumber: Freepik.com)

Meditasi adalah seni untuk menenangkan pikiran dan melepaskan semua rasa stres. 

Untuk melakukannya, ada beberapa cara yang bisa Eigerian ikuti, berikut langkah-langkahnya!

1. Cari Tempat yang Nyaman

cari tempat nyaman
(Foto meditasi untuk pemula. Sumber: EIGER Adventure)

Cara meditasi yang pertama adalah mencari tempat yang nyaman dan tenang. Meditasi bisa dilakukan dimana saja, baik dalam ruangan atau di luar ruangan. 

Eigerian bisa melakukan meditasi di dalam rumah, di halaman rumah, di taman, maupun di tempat lain yang dirasa nyaman dan tenang.

2. Posisikan Diri Senyaman Mungkin

Setelah menemukan tempat yang tenang, selanjutnya kita perlu memposisikan diri dengan nyaman. Sebagian besar kegiatan meditasi dilakukan sambil duduk, artinya Eigerian perlu menggunakan celana yang nyaman.

Eigerian bisa menggunakan celana wanita EIGER Kawa Legging yang memiliki bahan yang nyaman dan elastis sehingga cocok digunakan untuk olahraga dan meditasi.

Jika Eigerian melakukan meditasi di taman atau halaman rumah, ada baiknya menggunakan Matras Cacing EIGER sebagai alas duduk.

Posisikan tubuh kita duduk bersila dengan badan tegap. Tujuannya adalah agar sirkulasi darah dan pernapasan menjadi lebih lancar dan tubuh menjadi rileks.

3. Tenangkan Pikiran

tenangkan pikiran
(Foto gerakan meditasi. Sumber: EIGER Adventure)

Untuk memulai meditasi, kita perlu menenangkan pikiran terlebih dahulu. Singkirkan semua pikiran-pikiran yang tidak perlu, fokuskan pikiran sepenuhnya untuk diri sendiri. 

Usahakan untuk tidak memikirkan pekerjaan atau urusan lain yang menjadi rutinitas harian ya, Eigerian!

4. Tentukan Batas Waktu

Kegiatan meditasi dapat dilakukan kapan saja dan dalam durasi waktu berbeda. Sebagai pemula, kita bisa membatasi kegiatan meditasi dalam durasi waktu yang pendek, misalnya antara 5 sampai 10 menit.

Jadikan meditasi awal ini sebagai proses untuk menjaga konsentrasi dan fokus dari berbagai macam distraksi yang ada di sekitar kita. 

Kalau sudah pro, Eigerian bisa menerapkan metode meditasi ini untuk menenangkan diri sejenak sebelum mulai bekerja.

Baca Juga: 5 Style Outfit Kondangan Pria Outdoor yang Nyaman untuk Digunakan

5. Atur Pernapasan

atur pernapasan
(Foto meditasi di alam terbuka. Sumber: Freepik.com)

Mengatur pernapasan adalah salah satu bagian terpenting dari cara meditasi. Fokuskan pikiran untuk mengatur pernapasan dengan stabil. 

Kita bisa menggunakan hitungan waktu untuk menarik napas dalam-dalam, menahan nafas, dan menghembuskannya selama beberapa detik.

Lakukan teknik tersebut secara berulang untuk mendapatkan ketenangan maksimal selama meditasi.

6. Jaga Pikiran Tetap Fokus

jaga pikiran fokus
(Foto gerakan meditasi untuk pemula. Sumber: EIGER Adventure)

Meditasi yang benar bisa membuat pikiran kita mengembara dan mengeksplorasi nilai-nilai positif yang ada di dalam diri kita. Maka dari itu, pastikan kamu meninggalkan semua pikiran negatif.

Selain itu, jauhkan juga semua bentuk distraksi yang mungkin muncul. Misalnya, matikan ponsel sejenak, mematikan televisi, atau pilihlah tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan.

7. Akhiri Meditasi Secara Perlahan

akhir meditasi dengan perlahan
(Foto tahapan meditasi untuk pemula. Sumber: EIGER)

Usai meditasi, sebaiknya jangan langsung beranjak dari posisi duduk. Layaknya olahraga yang diakhiri dengan cooling, meditasi juga perlu diakhiri dengan perlahan nih, Eigerian.

Kita bisa membuka mata perlahan, kemudian luangkan waktu sebentar untuk mendengarkan suara yang ada di sekitar kita. Amati juga lingkungan sekitar dengan santai dan biarkan emosi kita mengalir dengan natural.

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Menjadi Rahasia Umur Panjang

Manfaat Meditasi Bagi Tubuh

manfaat meditasi
(Foto manfaat meditasi. Sumber: Freepik.com)

Meditasi pastinya punya beragam manfaat bagi tubuh. Kegiatan yang murah dan mudah ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, dan mampu memberikan efek yang luar biasa, seperti:

· Mencegah dan meringankan burnout, depresi, dan rasa cemas.

· Membantu mengatur mood dan emosi yang positif.

· Mengatasi rasa nyeri pada tubuh.

· Mencegah tekanan darah tinggi dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

· Meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi insomnia.

· Meningkatkan dan melatih konsentrasi, daya ingat, dan mencegah pikun.

· Meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, meditasi juga bisa membantu mengatasi masalah adiksi atau kecanduan. Misalnya, kecanduan nikotin, minuman beralkohol, atau obat-obatan tertentu. 

Bagi Eigerian yang susah tidur, meditasi bisa membantu mengatasi masalah insomnia.

Namun, perlu diingat bahwa meditasi tidak bisa menggantikan kegiatan olahraga fisik. Jadi, kita juga perlu berolahraga secara teratur seperti workout, jogging, bersepeda, maupun pergi ke gym.

Selain itu, rutin mengkonsumsi makanan sehat juga jadi kunci dalam menjaga mood dan kesehatan tubuh. Membiasakan pola hidup sehat adalah investasi masa depan yang sangat penting.

Nah, bagi Eigerian yang ingin membeli perlengkapan olahraga seperti matras, celana legging, celana olahraga, kaos, jaket, dan produk lain Eigerian bisa berbelanja melalui website Eiger Adventure Official.

Berbelanja di website Eiger Adventure Official, kita bisa menemukan ratusan produk perlengkapan outdoor dari EIGER dengan jaminan kualitas terbaik dan original. Tunggu apalagi? Yuk, kunjungi website-nya segera ya!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru