HomeTips & TrickGreen & HealthyMencari Cara Membakar Kalori yang Sehat dan Cepat? Ini 7 Poinnya!

Mencari Cara Membakar Kalori yang Sehat dan Cepat? Ini 7 Poinnya!

Setelah merayakan lebaran dengan penuh kebahagiaan, gulai, ketupat,dan opor, kini saatnya kamu kembali ke aktivitas normal. Badan yang terasa lebih berat setelah rangkaian makanan lezat bersantan idealnya akan dirampingkan, sehingga bisa tetap fit dan tidak mengganggu kegiatan. Beberapa cara membakar kalori yang ada di bawah ini, bisa jadi alternatif untuk kamu coba.

Olahraga jelas akan jadi menu harian yang kamu lakukan, agar tumpukan lemak dan kalori yang ada di dalam tubuh bisa segera dibakar.

Namun apakah olahraga saja cukup?

Sebenarnya jika dilakukan dengan disiplin dan rutin, olahraga akan sangat membantu kamu menurunkan berat badan dan mengoptimalkan metabolisme tubuh. Namun akan lebih baik jika kebiasaan ini juga dilakukan bersama dengan beberapa hal lain, sehingga pembakaran kalori lebih cepat.

Berikut beberapa cara membakar kalori yang bisa kamu coba.

1. Makan dalam Porsi Sedikit Tapi Lebih Sering

cara membakar kalori
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Untuk membantu pembakaran kalori yang terjadi selama berolahraga, kamu bisa menggunakan pola makan dalam porsi sedikit, tapi lebih sering. Hal ini akan membuat tubuh terus membakar kalori dalam mencerna makanan yang masuk, sehingga tumpukan kalori bisa segera terbakar.

Tapi apakah kalori yang terbakar lebih banyak daripada yang dimakan?

Jika porsi makan yang kamu miliki dikontrol dan disiplin, maka hal tersebut yang akan terjadi. Kalori yang masuk akan lebih sedikit daripada kalori yang dibakar, sehingga tubuh bisa menjadi lebih sehat dan terasa ringan dalam waktu singkat.

Baca Juga : Opsi Menarik Camilan Sehat untuk Di Kantor, Klik Di Sini!

2. Asupan Lemak Sehat

Lemak? Bukankah lemak justru menambah berat badan?

Lemak pada umumnya memang bisa menjadi faktor utama pertambahan berat badan, terlebih setelah konsumsi daging, santan, dan ketupat yang cukup banyak selama lebaran kemarin. Namun lemak sehat bisa jadi sangat membantu proses pembakaran kalori di dalam tubuh kamu.

Beberapa contoh lemak sehat misalnya adalah  kacang-kacangan, kemudian minyak zaitun, minyak hempseed, alpukat, dan beberapa makanan yang lain. Yang wajib dipastikan adalah bahwa asupan lemak sehat ini harus tetap terukur, agar tidak justru berdampak negatif untuk tubuh.

3. Tingkatkan Konsumsi Protein

cara membakar kalori
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Protein lebih kompleks membutuhkan proses penguraian kimiawi oleh tubuh agar dapat dicerna dan digunakan sebagai bahan bakar aktivitas tubuh. Protein sendiri menjadi salah satu kandungan yang dicerna cukup lama, sehingga membutuhkan kalori yang cukup besar.

Dalam kondisi normal, kebutuhan protein diperlukan untuk menstabilkan kadar gula dara dalam waktu yang cukup lama. Ketika hal ini terjadi, kamu akan merasa kenyang untuk waktu lebih lama, dan tidak mudah merasa lapar sehingga asupan makanan akan berkurang dengan sendirinya.

Beberapa diantaranya kamu bisa mengkonsumsi telur, tahu, ikan tuna, daging sapi, brokoli, kacang tanah, oat, dada ayam, dan sebagainya.

4. Cara Membakar Kalori dengan Rempah-Rempah

Bukan secara harfiah dibakar kemudian dikonsumsi, namun lebih kepada mengkonsumsinya dengan ditambahkan pada makanan atau minuman. Rempah yang masih panas terbukti dapat mempercepat pembakaran kalori di tubuh agar tumpukannya bisa lekas berkurang.

Anda bisa menggunakan bubuk kayu manis, atau cabe merah, atau lada merah, hingga wasabi yang ditambahkan di makanan atau minuman Anda. Selain bisa membantu membakar kalori, Anda juga akan mendapatkan makanan dan minuman dengan rasa yang unik.

5. Minum Banyak Air Dingin

cara membakar kalori
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Sebenarnya kalori yang dibakar dari minum air dingin berasal dari upaya tubuh untuk menormalkan suhu air yang masuk ke dalam tubuh. Tidak terlalu besar memang, tapi jika dilakukan secara rutin dan konsisten, kebiasaan ini juga bisa membantu kamu membakar kalori yang ada di dalam tubuh.

Pastikan kamu mengkonsumsi air dingin yang sudah matang dan higienis, untuk meminimalisir masuknya bakteri jahat ke dalam tubuh. Jangan pula meminum air yang terlalu dingin suhunya, karena bisa membawa efek yang tidak terlalu baik.

6. Cobalah Berkebun

Aktivitas fisik yang dilakukan tidak sekedar olahraga dan angkat beban, tapi juga kegiatan berkebun. Meski banyak dijadikan kegiatan rekreasional, namun ternyata berkebun memerlukan cukup banyak kalori sehingga apa yang kamu miliki di dalam tubuh bisa  benar-benar terbakar.

Cobalah bersihkan tanaman, lakukan penataan ulang, berikan pupuk, sirami kebun kamu, dan lakukan hal lain terkait dengan kegiatan ini. Dalam waktu singkat, kamu akan merasa cukup hangat dan keringat akan mengucur deras.

Jangan lupa. berkebun juga bisa menjadi kegiatan yang #PastiMakinAsyik dengan produk sustainable series dari Eiger Adventure. Produk seri ini dibuat dengan menggunakan kain sisa produksi guna mengurangi limbah, sehingga menjadikan produk lebih ramah lingkungan.

7. Menari Juga Jadi Alternatif yang Seru

cara membakar kalori
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Bisa membantu memperbaiki suasana hati, menari juga akan jadi alternatif yang menarik untuk dicoba dalam rangka membakar kalori. Cara membakar kalori yang satu ini banyak dilakukan masyarakat, karena dinilai memberikan banyak manfaat sekaligus.

Membuat tubuh menjadi bugar, kemudian suasana hati menjadi lebih baik, dan kebutuhan sosial bisa terpenuhi ketika kamu menari bersama dengan rombongan. Jika kamu belum pernah mencobanya, sangat dianjurkan untuk melakukan kegiatan ini untuk membantu membakar kalori.

Baca Juga : 5 Latihan Sederhana untuk Otot Lengan yang Kuat 

Sederet cara membakar kalori di atas bisa dilakukan. Catatan utama adalah tetap melakukan aktivitas fisik aktif, serta menjaga asupan dan pola makan setiap hari. Untuk mendukung kegiatan kamu dalam rangka membakar kalori, kamu bisa menemukan berbagai keperluan olahraga di website  Eiger Adventure Official. Di sana, sederet produk bisa diperoleh dengan harga dan desain menarik, sehingga akan membuat kamu semakin bersemangat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru