HomeTips & TrickLifestyleSemangat Kerja Loyo? Coba Bangkitkan Pakai 5 Cara Ini

Semangat Kerja Loyo? Coba Bangkitkan Pakai 5 Cara Ini

Melakukan pekerjaan yang berulang setiap hari dalam rentan waktu yang lama akan menumbuhkan rasa bosan dan kehilangan semangat kerja. Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa memicu hilangnya semangat kerja, misalnya dikejar deadline, hingga suasana tempat kerja yang tidak kondusif. Jika hal ini dibiarkan, maka akan menurunkan kinerja. Padahal semangat kerja merupakan kunci untuk menuju sukses. Maka dari itu, menjaga semangat kerja sangat penting untuk diupayakan. Bagaimana caranya? 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara meningkatkan semangat kerja, coba tanyakan pada diri sendiri terlebih dahulu, “apa alasan kita bekerja yang sebenarnya?”. Hal ini sangat penting, karena seorang karyawan yang tahu betul apa makna dari pekerjaan yang dilakukan, dan mampu memberikan dampak positif bagi orang banyak lewat karyanya, terbukti lebih bahagia dan produktif dari pada orang-orang yang bekerja tanpa tahu arah tujuan. Tidak peduli seberapa besar tujuan akhirnya, ketika kita terlibat dalam kegiatan yang buat kita sangat berarti maka percayalah bahwa kita akan lebih terinspirasi dan lebih semangat kerja.

Di bawah ini ada 5 cara untuk mendongkrak semangat kerja yang loyo, yang bisa kita coba. Keep reading

1. Mulailah Menata Ulang Meja Kerja

semangat kerja
Sumber: Freepik

Meja di mana kita beraktivitas ternyata dapat memberikan pengaruh besar pada semangat kerja kita, lho. Banyaknya kertas yang berserakan, buku-buku, hingga alat tulis yang tidak tertata rapi akan membuat pikiran menjadi lebih mudah lelah. Maka untuk mengakalinya, kita perlu menata ulang meja kerja. Pertama-tama, rapikan semua benda yang ada di atas meja, lalu ubah penataan barang dari sebelumnya.

Supaya lebih menumbuhkan semangat baru, tidak ada salahnya untuk meletakkan beberapa barang kesukaan. Misalnya frame foto, pot bunga kecil, hiasan meja, hingga aromaterapi untuk menambahkan wewangian yang menenangkan saat kita mengerjakan berbagai pekerjaan. Meletakkan foto orang tercinta dianggap sebagai salah satu cara ampuh untuk meningkatkan motivasi dalam bekerja. Sebentuk senyuman kecil pada sebingkai foto dapat mengingatkan tujuan utama kita bekerja.

2. Dengarkan Musik Kesukaan

Musik kesukaan bisa diandalkan ketika kita merasa jenuh akan suatu situasi, termasuk dalam pekerjaan. Mengawali hari dengan memutar musik kesukaan bisa menjadi cara yang terbaik untuk menjaga motivasi dan semangat kerja. Pilihlah lagu bernada semangat dengan beat yang cepat untuk memacu semangat kita. Jika khawatir akan mengganggu rekan kerja lainnya, maka ada baiknya kita menggunakan headset. Tapi ingat, jangan sampai karena terlalu asyik mendengarkan musik, kita malah jadi kurang fokus dalam bekerja. Jadi, pastikan kita juga membatasi diri agar tidak memutar musik sepanjang hari selama bekerja. 

3. Memperhatikan Work Life Balance

Memperhatikan work life balance merupakan salah cara menjaga semangat kerja yang efektif. Usahakan untuk meninggalkan semua pekerjaan di kantor begitu pulang kerja. Jika terpaksa harus menyelesaikan pekerjaan di rumah, usahakan agar seminimal mungkin. Saat kembali ke rumah, itulah saatnya bagi kita untuk beristirahat dan mengisi waktu bersama keluarga. Rumah dan keluarga merupakan tempat melepas lelah dari penatnya kesibukan di kantor. Jadi, manfaatkan sebaik mungkin waktu tersebut. 

Waktu istirahat di rumah merupakan momen di mana kita recharge kembali semangat serta motivasi untuk menjalankan pekerjaan dan tanggung jawab di kantor. Dengan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga di rumah, maka semangat bisa terpacu kembali saat bekerja. 

4. Kurangi Bertindak Multitasking

semangat kerja

Meskipun bekerja erat hubungannya dengan multitasking, namun ngotot untuk menyelesaikan lebih dari satu tugas secara bersamaan justru bisa membuang waktu berharga daripada bermanfaat. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang mencoba untuk melakukan dua atau lebih tugas sekaligus malah menjadi mudah teralihkan pikirannya, dan kualitas pekerjaan mereka menjadi buruk. Kuncinya, fokus selesaikan satu tugas di satu waktu sebelum akhirnya beralih ke tugas pekerjaan berikutnya. 

Baca juga: 7 Cara Cepat Tidur yang Bisa Kamu Coba

5. Cuti Sejenak untuk Liburan, Kenapa Tidak? 

Jika rasa lelah dan jenuh sudah benar-benar mengganggu performa kerja kita di kantor, mungkin ini saat yang tepat untuk mengambil cuti sejenak. Gunakan kesempatan untuk liburan di tempat favorit, dan melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Liburan beberapa hari akan membuat badan dan pikiran kita menjadi lebih fresh dan terlepas dari beban. Begitu kembali dari berlibur, maka motivasi dan semangat kerja bisa meningkat lagi. Dengan begitu, kinerja akan semakin baik dan berdampak positif bagi karir kita kedepannya.

Baca juga: 7 Manfaat Menulis bagi Kesehatan Mental yang Jarang Diketahui

Kalau Eigerian suka melakukan aktivitas outdoor, cobalah untuk mengajak sahabat pergi one day hiking. Bagi orang-orang yang tidak punya waktu untuk mendaki gunung karena alasan pekerjaan dan kesibukan lainnya, hiking satu hari menjadi tawaran yang sangat menarik. Meskipun terasa demikian singkat, namun one day hiking dapat dilakukan dengan cara yang sangat menyenangkan. Pilihlah gunung dengan waktu pendakian yang singkat, antara 2 hingga 5 jam. Jangan lupa siapkan fisik yang prima, kenakan perlengkapan yang tepat, dan bawa peralatan yang memadai.

Utamakan keselamatan selama pendakian berlangsung. Jangan lupa pakai alas kaki yang tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga tangguh. Sepatu Gunung Eiger adalah pilihan terbaik. Cek koleksi selengkapnya di sini.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments