HomeTips & TrickLifestyleCara Membangkitkan Semangat Sekolah Usai Libur Panjang!

Cara Membangkitkan Semangat Sekolah Usai Libur Panjang!

Cara membangkitkan semangat sekolah setelah libur panjang memang bukan hal yang mudah. Namun kamu tak perlu ragu, karena di artikel ini kamu bisa menemukan sederet cara praktis untuk urusan kali ini.

Sebenarnya kamu juga perlu tahu kenapa anak-anak biasanya kurang bersemangat untuk masuk sekolah setelah libur panjang. Dengan pemahaman ini, kamu bisa menerapkan tips agar mereka kembali bersemangat dalam waktu singkat.

Apa yang Dirasakan Anak setelah Libur Panjang?

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Libur panjang yang dialami anak-anak di tahun ini terasa spesial, karena merupakan momen lebaran 2022. Tentu, nuansanya akan lebih terasa karena setidaknya sudah dua tahun belakangan anak-anak tidak merasakan libur lebaran dan mudik.

Tak heran jika rasa malas muncul pada anak-anak, beberapa hari menjelang masuk sekolah atau hari pertama sekolah dimulai. Beberapa hal berikut ini bisa jadi merupakan hal yang dirasakan anak-anak, sehingga memunculkan rasa malas.

1. Terkejut Mendengar Alarm

Bangun pagi menggunakan alarm akan jadi rutinitas anak-anak untuk berangkat sekolah. Hal ini akan cukup mengagetkan karena beberapa minggu belakangan anak-anak biasa bangun tanpa alarm. Ini hal pertama yang mungkin membuat anak malas berangkat ke sekolah.

2. Aktivitas Pagi Hari

Terbiasa mandi dan makan setelah matahari meninggi, aktivitas pagi akan membuat anak-anak harus beradaptasi dengan hal ini. Bangun pagi, mandi pagi, sarapan, dan bersiap berangkat ke sekolah, membuat anak harus mengubah pola aktivitasnya untuk kembali ke rutinitas semula.

3. Pelajaran yang Tidak Disukai

Bayangan akan bertemu dengan pelajaran yang tidak disukai akan selalu jadi hal yang membuat semangatnya menurun. Meski tidak selalu bertemu di hari pertama, namun jadwal pelajaran akan mempertemukan anak dengan pelajaran tersebut.

4. Rasa Kantuk dan Sulit Fokus

Semua tenaga dan perhatian anak-anak sudah terpola untuk bermain atau bersantai. Maka dari itu, rasa kantuk saat belajar dan tidak fokus akan jadi tantangan yang mereka hadapi di kelas. Hal ini akan dialami pada hari atau minggu pertama anak kembali ke sekolah.

5. PR di Minggu Pertama

Satu hal yang membuat semangat masuk sekolah setelah libur panjang menurun adalah munculnya PR pada minggu pertama sekolah dilakukan. Kamu juga pernah mengalami perasaan tersebut bukan? PR di minggu pertama adalah mimpi buruk semua pelajar yang masuk sekolah.

Mengembalikan Semangat Masuk Sekolah setelah Libur Panjang

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Nah setelah mengetahui beberapa hal yang membuat semangat masuk sekolah setelah libur panjang menurun, maka kamu bisa melakukan identifikasi pada sumber masalahnya. Beberapa cara berikut ini kemudian bisa kamu gunakan agar anak kembali bersemangat masuk sekolah.

1. Bantu Anak Mempersiapkan Diri

Persiapan untuk aktivitas pagi hari memang berat. Maka kamu sebagai orang dewasa bisa membantu mereka mempersiapkan diri, sehingga bisa lebih bersemangat menyambut pagi. Cara membangkitkan semangat sekolah, siapkan pakaian, perlengkapan mandi, dan semua yang dibutuhkan anak agar mereka merasa ringan untuk memulai aktivitas pagi.

2. Motivasi Serunya Sekolah

Kamu juga bisa membantu menumbuhkan motivasi anak-anak dengan menceritakan berbagai hal menarik yang bisa dilakukan di sekolah. Belajar hal baru, aktivitas yang seru dan menyenangkan, serta berbagai hal yang hanya bisa ditemui di sekolah.

3. Tentukan Skala Prioritas

Jika setelah masuk kembali ke sekolah, ada banyak tugas atau pekerjaan rumah yang harus kamu kerjakan, jangan ragu untuk membuat skala prioritas ya. Caranya dengan menuliskan di buku catatan, tugas apa saja yang sangat mendesak untuk dikerjakan dan tuliskan juga durasi serta kapan deadline dari setiap tugas.

Setelah itu, kamu bisa mengerjakan pekerjaan yang sudah akan mendekati deadline terlebih dahulu. Meskipun terlihat sederhana, faktanya hal ini benar-benar efektif untuk meningkatkan semangat belajar

4. Bertemu Teman-Teman

Salah satu motivasi besar yang bisa diberikan pada anak-anak adalah bahwa kembali sekolah artinya kembali bertemu dengan teman-teman yang seru. Belajar bersama, bermain bersama, dan melakukan aktivitas bersama yang seru, akan jadi penyemangat anak dalam kembali berkegiatan di sekolah.

5. Membelikan Perlengkapan Sekolah Baru

Cara membangkitkan semangat sekolah sebagai salah satu trik paling klasik yang bisa kamu gunakan, adalah membelikan anak perlengkapan sekolah yang baru. Mulai dari tas sekolah atau sepatu sekolah, mungkin jaket anak jika perjalanan ke sekolah cukup jauh, bisa menjadi penyemangat anak untuk kembali beraktivitas di sekolah.

6. Sarapan dengan Kandungan Nutrisi Berimbang

Meski terbilang hal mendasar, tapi sarapan dengan pertimbangan nutrisi yang seimbang bisa jadi penyemangat anak dari dalam. Ketika pemilihan menu makanan sarapan tepat, maka tenaga akan muncul secara bertahap dan menghindarkan anak dari rasa kantuk.

Kamu bisa meminta rekomendasi dokter anak andalanmu untuk hal ini, sehingga mendapatkan deretan menu sarapan sehat untuk penyemangat anak.

Eiger Adventure Siap Menjadi Partner Anak

Berbicara mengenai perlengkapan sekolah baru, Eiger Adventure selalu siap untuk menjadi partner terbaik kamu dan anak. Dengan berbagai produk tas, sepatu, hingga jaket anak yang lengkap dan berkualitas, dijamin anak akan semakin percaya diri saat bersekolah nanti.

Kamu bisa menemukan banyak produk terbaik dari Eiger Adventure langsung di situs produk resminya. Dengan model terbaru yang keren dan kece, dipastikan kamu bisa menemukan setiap produk untuk anak-anak.

Baca Juga : Ini 5 Cara Merawat HP Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Membangkitkan semangat masuk sekolah setelah libur panjang pada anak memang bukan hal yang mudah. Namun hal ini bisa dilakukan dan dicoba dengan beberapa tips di atas. Bersama Eiger Adventure Official, aktivitas sekolah anak semakin seru dan bersemangat, sehingga anak semakin berprestasi di masa yang akan datang. Pastikan kamu mendapat produk terbaik sekarang juga, dan maksimalkan semua promo yang ditawarkan di situs resminya!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments