HomeTips & TrickMountaineeringCara Mencuci Sleeping Bag dan 3 Tips Menyimpannya agar Awet

Cara Mencuci Sleeping Bag dan 3 Tips Menyimpannya agar Awet

Jika kamu banyak mendaki gunung atau melakukan camping, tentu tak akan jauh peralatan kegiatan luar ruang. Seperti sleeping bag misalnya, menjadi andalan untuk membantu kamu terlelap saat berada di luar ruang, sehingga merasa nyaman dan terlindung dari hawa dingin. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana cara mencuci sleeping bag yang benar?

Pertanyaan ini sebenarnya bersifat mendasar, lantaran sleeping bag memiliki harga yang cukup lumayan untuk kualitas baik. Perawatan yang tepat dan cara mencuci yang benar bisa membuat sleeping bag kamu awet, sehingga bisa digunakan terus menerus.

Nah, untuk mengetahui cara mencuci sleeping bag yang baik dan benar, kamu bisa lihat penjelasan di bawah ini.

Baca Juga : Macam-macam Peralatan Mendaki yang Wajib Dibawa Saat Naik Gunung

Cara Mencuci Sleeping Bag Tanpa Mesin Cuci

cara mencuci sleeping bag
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Sleeping bag yang selesai digunakan akan menjadi kotor dan biasanya memiliki bau yang kurang sedap. Maka sebelum disimpan, kamu harus mencucinya terlebih dahulu. Cara pertama ini adalah dengan manual, tanpa menggunakan mesin cuci.

  • Sediakan ember yang cukup besar dan isi dengan air bersih.
  • Tuang cairan khusus untuk mencuci sleeping bag, atau cairan pencuci yang direkomendasikan pada tag dari sleeping bag yang kamu miliki.
  • Pasangkan ritsliting, velcro, dan kancing pada kantong tidur sebelum dicuci.
  • Rendam kantong tidur di dalam ember yang sudah berisi air sabun atau cairan pembersih tadi.
  • Kucek dengan lembut kantong tidur yang sudah direndam, gosok perlahan pada permukaan kantong tidur untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel.
  • Pada noda atau kotoran yang membandel, kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk menggosoknya.
  • Angkat sleeping bag dan bilas dengan air bersih hingga semua busa hilang.
  • Untuk pengeringan, upayakan tidak memeras atau memelintir sleeping bag yang kamu miliki, jemur di tempat yang berangin, dan biarkan kering dengan sendirinya.

Jika setelah dicuci sleeping bag masih memiliki bau yang tidak sedap, berikan pewangi pakaian. Ingat, jangan setrika yang kamu miliki karena bahan yang digunakan cenderung sensitif terhadap suhu yang terlalu panas.

Cukup mudah bukan?

Cara Kedua, dengan Menggunakan Bantuan Mesin Cuci

cara mencuci sleeping bag
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Cara kedua untuk mencuci sleeping bag bisa menggunakan bantuan mesin cuci. Namun demikian mesin cuci yang disarankan adalah mesin cuci bukaan depan, sebab mesin cuci bukaan atas justru bisa membuat bahan bagian luar dan dalam rusak karena intensitas kerjanya yang tinggi.

Nah, berikut cara mencuci sleeping bag dengan mesin cuci bukaan depan.

  • Masukkan sleeping bag ke mesin cuci.
  • Isi dengan air bersih lalu tuangkan cairan pembersih sleeping bag atau shampoo bayi atau detergen lain yang disarankan pada tag produk yang kamu miliki.
  • Biarkan bagian resleting sedikit terbuka, masukkan dua bola tenis ke dalam sleeping bag. Bola tenis ini akan membantu menjaga agar bahan pengisi kantong tidur kamu tidak tersebar rata atau menggumpal.
  • Pilih program pencucian delicate, soft, handwash, atau gentle.
  • Cuci sleeping bag pada satu siklus pencucian, keluarkan dari dalam mesin cuci, dan bilas di ember berisi air bersih hingga busanya hilang.
  • Jemur di tempat berangin dan jangan diperas atau dipelintir.
  • Jika masih memiliki bau yang tidak sedap, gunakan pewangi pakaian.

Setelah selesai di cuci, sleeping bag juga harus disimpan dengan baik agar bisa bertahan lama dan bisa digunakan kembali. Menjadi bagian akhir dari artikel singkat ini, berikut tips menyimpan sleeping bag yang benar agar awet dan tidak mudah rusak.

3 Tips Menyimpan Sleeping Bag

cara mencuci sleeping bag
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Cara yang salah dalam menyimpan sleeping bag bisa membuatnya rusak, robek, aus, atau bahkan memiliki bau yang kurang sedap. Nah, setidaknya ada 3 cara menyimpan yang benar, sehingga sleeping bag kamu bisa tetap awet dan berada dalam kondisi baik.

  1. Pastikan bagian luar dan dalam sleeping bag sudah benar-benar kering setelah dicuci. Ketika sleeping bag disimpan dalam keadaan tidak benar-benar kering, resiko bau apek dan berjamur menjadi tinggi.
  2. Untuk menyimpan sleeping bag, kamu bisa menggantung dengan hanger atau melipatnya. Letakkan di tempat kering, dan tambahkan kamper serta pengharum lemari untuk mencegah tumbuhnya jamur.
  3. Saat ingin menggunakan sleeping bag yang sudah disimpan cukup lama, tepuk-tepuk kantong tidur tersebut agar bulu bagian dalam bisa menyebar ke semua bagian dan tetap nyaman digunakan.

Baca Juga : Ini Dia 5 Cara Packing Tas Carrier yang Benar untuk Pendakian 

Tentu saja, untuk bisa memiliki sleeping bag yang tahan lama, selain mengetahui cara mencuci yang benar kamu juga wajib memilih produk berkualitas. Eiger Adventure, dalam  hal ini, memiliki banyak produk andalan untuk sleeping bag.

Mulai dari Eiger Lake Side Sleeping Bag, Eiger Emergency Sleeping Bag, Eiger Kid Zoo 250 Sleeping Bag, Eiger Sleep Sack 600 Sleeping Bag, hingga Eiger Sleep Sack 1000 Sleeping Bag, semua didesain dengan baik dan menggunakan bahan berkualitas sehingga dengan perawatan ideal akan bertahan lama.

Sedikit informasi mengenai produk dan cara mencuci sleeping bag di atas semoga bisa jadi informasi yang bermanfaat. Pastikan kamu menggunakan produk sleeping bag dari Eiger, dan dapatkan produk terbaik lain di website Eiger Adventure official sekarang juga!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments