HomeTips & Trick5 Cara Mencuci Tumbler Stainless yang Praktis Saat Traveling

5 Cara Mencuci Tumbler Stainless yang Praktis Saat Traveling

Botol minum atau tumbler menjadi bagian baru dari gaya hidup masa kini. Ketika kesadaran untuk menjaga lingkungan semakin tinggi, maka pengguna tumbler pun meningkat. Tumbler stainless menjadi salah satu pilihan tumbler yang bisa kita gunakan sebagai pengganti botol plastik sekali pakai. Namun, tumbler stainless ini biasanya memiliki aroma khas yang kadang mengganggu. Apalagi jika tidak dibersihkan dengan baik dan tepat. Nah, gimana kalau kita kulik bagaimana cara mencuci tumbler stainless agar tidak bau? Baca artikel ini sampai akhir, ya

Manfaat Penggunaan Tumbler untuk Sehari-hari

Memangnya, kenapa sih kita perlu memakai tumbler? Perlu kita sadari bahwa salah satu penyumbang jumlah terbesar adalah penggunaan cup plastik yang digunakan saat kita memesan minuman. Di tengah kampanye pengurangan jumlah sampah yang semakin mengkhawatirkan, kini sudah banyak orang yang memiliki kesadaran akan manfaat yang didapatkan dengan menggunakan tumbler untuk minum. Bahkan menariknya, menggunakan tumbler dengan bentuk dan desain yang menarik juga bisa menambah semangat untuk minum, lho!  

1. Aman dan Tidak Mudah Tumpah

Berbeda dengan kemasan sekali pakai, tumbler biasanya terbuat dari bahan-bahan yang kokoh. Itulah sebabnya, saat dibawa bepergian tumbler cenderung aman dan tidak mudah seperti minuman kemasan yang kita beli di minimarket. Lebih praktis menjadi salah satu keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan penggunaan tumbler. Alih-alih praktis, membawa botol yang mudah tumpah akan membuat kita repot, karena mungkin saja minuman yang dibawa mengotori tas. Dengan menggunakan tumbler, maka minuman kita akan terjaga keamanannya dan tidak akan mudah tumpah di dalam tas.

2. Mengurangi Penggunaan Kemasan Sekali Pakai

Manfaat yang satu ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa kini mulai semakin banyak orang menggunakan tumbler untuk membawa minuman. Memiliki kebiasaan membawa tumbler saat traveling atau sekadar bepergian menjadi sebuah partisipasi untuk mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai. 

Untuk mendukung gerakan pengurangan sampah plastik sekali pakai, sata ini juga telah banyak gerai-gerai penjual minuman bahkan menyediakan tumbler dengan desain yang menarik untuk membuat pelanggannya menggunakannya dengan menawarkan berbagai keuntungan ketika membawanya untuk membeli minuman. Eiger salah satunya! 

3. Terbuat dari Bahan yang Aman

Tidak hanya memiliki banyak bentuk, ukuran, varian, warna hingga desain yang menarik, tumbler yang ada di pasaran juga menawarkan bahan-bahan yang cenderung lebih aman, tidak hanya untuk lingkungan tetapi juga untuk tubuh kita. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kita perlu jeli saat memilih dan akan membeli tumbler

Supaya lebih aman, kita bisa menggunakan tumbler dengan bahan stainless, atau bisa juga botol plastik yang memiliki klaim BPA-free. Dengan demikian, kita tidak hanya berpartisipasi dalam mengurangi kemasan plastik sekali pakai, tetapi juga lebih dapat menjaga kesehatan.

4. Menjaga Suhu Minuman

Minum teh atau kopi saat bepergian memang sangat nikmat, apalagi kalau kita bisa meminumnya ketika masih dalam kondisi hangat. Menggunakan tumbler, khususnya dengan bahan stainless steel dan memiliki tutup yang rapat akan membantu menjaga teh atau kopi yang kita bawa. 

Tumbler yang dapat menjaga suhu minuman kita tetap hangat biasanya dibuat menggunakan lapisan bahan khusus, agar minuman di dalamnya tidak cepat menjadi dingin. Bagi Eigerian yang hobi membawa kopi saat bepergian, menggunakan tumbler bisa menjadi solusi yang tepat karena akan memastikan suhu kopi yang akan kita minum tetap hangat dan nikmat.

5. Mengurangi Pengeluaran

Percaya atau tidak, kalau kebiasaan menggunakan tumbler bisa mengurangi pengeluaran? Penggunaan tumbler yang kini sudah mulai kembali ngetren menjadi hal baik yang patut dilestarikan, lho. Mengapa? Sebab selain bisa membantu mengurangi jumlah sampah, penggunaan tumbler terbukti membuat kita menjadi lebih dapat menghemat pengeluaran. 

Saat membawa minuman sendiri selama bepergian, maka kita tidak perlu lagi merogoh kocek untuk membeli minuman. Kini juga telah banyak gerai minuman yang memberikan diskon pada pelanggannya ketikan membawa tumbler sendiri. So, tidak ada alasan lagi untuk tidak mulai memiliki kebiasaan menggunakan tumbler

Baca juga: 5 Tips Backpacker, Harus Selalu Cermat dan Terencana!

Cara Mencuci Tumbler Stainless

cara mencuci tumbler

Tumbler dengan material stainless steel dan aluminium rata-rata dibuat memiliki kemampuan untuk menyimpan suhu minuman di dalamnya. Dengan begitu, minuman yang panas bisa hangat lebih lama, begitu juga minuman dingin. Namun sayangnya, karena sering digunakan untuk menyimpan minuman yang memiliki bau dan warna yang khas, tumbler stainless steel dan aluminium menjadi cukup sulit untuk dibersihkan. Bau yang tersisa dari kopi ataupun teh yang sebelumnya disimpan di dalamnya juga akan mengganggu ketika tumbler hanya diisi dengan air putih. Lantas, bagaimana solusinya? 

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghilangkan bau pada tumbler stainless maupun aluminium yang perlu dipraktikkan. 

1. Mencuci  Tumbler dengan Air Panas 

Jika ada bau tidak sedap membandel yang tersisa di tumbler, kita bisa coba mencucinya dengan air panas. Caranya, bersihkan tumbler dari sisa minuman yang ada kemudian tuang air panas ke dalamnya. Setelah itu, diamkan beberapa saat lalu kocok-kocok, atau bisa juga menggunakan pembersih botol yang lembut sehingga tidak merusak lapisan dalam tumbler. Ulangi beberapa kali, atau jika masih juga membandel bisa juga tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring.  

2. Mencuci Tumbler dengan Garam

Mencuci tumbler menggunakan garam juga dinilai ampuh dan efektif untuk menghilangkan noda dan bau tidak sedap. Bumbu dapur ini selain dapat digunakan untuk penyedap masakan, ternyata juga berguna untuk membersihkan berbagai piranti dapur. Cara mencuci tumbler dengan garam pun cukup mudah, kita hanya membutuhkan satu sendok garam serta air hangat secukupnya. Campurkan keduanya di dalam tumbler, kemudian kocok dengan kuat. Lakukan beberapa kali supaya hasilnya lebih maksimal. 

3. Rendam Tumbler dengan Baking Soda

Jika kita tidak punya banyak waktu untuk gosok-menggosok tumbler stainless steel yang kotor, cara ini bisa menjadi cara jitu. Tinggal bersihkan sisa minuman yang ada, kemudian masukkan tumbler dalam baking soda yang sudah ditambah air. Akan lebih efektif jika air yang digunakan merupakan air panas dan direndam semalaman. Tertarik untuk mencobanya? 

4. Cuci Tumbler Setiap Hari

Cara mencuci tumbler stainless di atas tidak akan terlalu berpengaruh jika kita tidak mencuci tumbler setiap hari. Semakin lama kita membiarkan tumbler dan tidak mencucinya, maka akan semakin banyak juga kotoran menempel di dalamnya. Namun, jika tumbler dicuci setiap hari, maka kita pasti tidak akan terlalu kerepotan saat mencucinya. Selain itu, tumbler juga akan menjadi lebih higienis dan lebih sehat saat digunakan. 

5. Lap Tumbler Hingga Kering

Ingat, wadah yang lembap menjadi tempat nyaman untuk bakteri berkembang biak sehingga menimbulkan bau tak sedap. Langkah terakhir ini sering kali diabaikan, padahal penting sekali untuk mengeringkan tumbler kesayangan kita hingga tuntas sebelum menutupnya. Seperti yang kita tahu, tempat yang lembap menjadi favorit mikroorganisme yang bisa menimbulkan bau tidak sedap. Jadi mulai sekarang, jangan malas mengeringkan tumbler setelah dicuci bersih, ya

Cara mencuci tumbler stainless mungkin memang terkesan mudah. Tapi kalau langkah yang dilakukan kurang tepat, maka bisa membuat tumbler stainless menjadi rusak. 

Baca juga: 7 Perlengkapan Traveling yang Wajib Dibawah, Ini Daftarnya!

Rekomendasi Tumbler Terbaik dari Eiger

Jika butuh membeli tumbler baru, berikut ini ada beberapa tumbler stainless dari Eiger yang paling direkomendasikan. Cek ulasannya, dan entukan pilihan sekarang juga! 

1. EIGER VOODOO WATER BOTTLE – Rp149.000,-

cara mencuci tumbler

Voodoo adalah botol minum yang sangat cocok digunakan untuk menemani kita saat berkemah, traveling, maupun berkegiatan sehari-hari. Terbuat dari bahan stainless steel, botol minum yang satu ini bebas BPA, sehingga aman digunakan. Tingginya 22cm dengan diameter 7.5cm.

2. EIGER DAWSON WATER STORAGE – Rp179.000,-

cara mencuci tumbler

Dawson juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menemani kita saat berkegiatan sehari-hari maupun traveling. Botol minum yang satu ini memiliki fitur double wall vacuum insulated, yang memungkinkan untuk membuat minuman kita tetap panas atau dingin selama kurang lebih 12 jam. Terbuat dari bahan stainless steel dengan food grade murni, botol minum yang satu ini bebas BPA, sehingga aman digunakan. Menariknya lagi, botol ini tidak akan mengalami pengembunan yang dapat meninggalkan bekas air pada meja.

Selain kedua produk di atas, masih ada banyak sekali produk terbaik dari Eiger yang bisa kita miliki. Cek koleksi terbarunya, dan belanja online dengan mudah dan nyaman hanya di website Eiger Adventure Official!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru