HomeTips & TrickLifestyleTips Cerdas Berbelanja dan Mendapatkan Promo Saat Harbolnas

Tips Cerdas Berbelanja dan Mendapatkan Promo Saat Harbolnas

Rasanya, hampir semua orang menyukai belanja online. Tak dapat dipungkiri, bahwa tren pertumbuhan transaksi belanja online mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dan tentunya, transaksi juga semakin meningkat pada waktu-waktu tertentu seperti Harbolnas. Berbicara soal Harbolnas, apakah Eigerian sudah tahu bagaimana sejarahnya hingga populer dan diminati banyak orang seperti sekarang ini?

Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional, di mana pada hari itu, penyedia produk akan menawarkan banyak program diskon menarik sehingga masyarakat akan berbondong-bondong melakukan pembelanjaan. Gerakan ini diadakan setiap tanggal 12 Desember. Di Indonesia, Hari Belanja Online Nasional pertama kali dilaksanakan pada 12 Desember 2012 dan diinisiasi oleh Asosiasi e-commerce Indonesia atau bisa disebut dengan idEA. idEA adalah asosiasi kumpulan beberapa e-commerce terkemuka di Indonesia seperti Shopee, Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Berrybenka, dan Blibli. 

Saat pertama kali diselenggarakan, ternyata gerakan ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat Indonesia. Hingga akhirnya, gerakan ini diadakan kembali di tahun selanjutnya, yang kemudian berlangsung terus setiap tahunnya sampai sekarang. Jumlah penyelenggaranya pun terus bertambah. 

Apa sih Manfaat Harbolnas?

harbolnas
Sumber: Freepik

Meskipun sebagian orang melihat adanya Harbolnas mendorong perilaku konsumtif masyarakat, namun nyatanya gerakan ini juga memberi manfaat terutama dari segi pertumbuhan ekonomi. Baik bagi penjual maupun pembeli, berikut ini beberapa manfaat Harbolnas yang paling dirasakan.

  • Memberikan keuntungan bagi penjual. Ternyata, harga jual yang lebih rendah justru membantu penjual untuk bisa mendapatkan lebih banyak pembeli. Nilai margin yang lebih sedikit dibandingkan saat penjualan harga normal tetap menguntungkan karena jumlah pembelian yang banyak. Selain itu, semakin banyaknya penjualan juga akan membantu menghabiskan stok. Terutama sangat penting bagi pihak yang menjual barang-barang tidak tahan lama untuk menghindari kerugian sesungguhnya.
  • Memberikan kepuasan bagi pembeli. Harga yang jauh lebih murah sudah pasti menyenangkan bagi pembeli. Berbagai kebutuhan maupun keinginan yang sebelumnya sempat tertunda karena harga di luar budget kini dapat diperoleh tanpa harus terlalu menguras isi dompet. Tentu saja, cara belanja online yang dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja semakin membuat nyaman. Pasalnya, pembeli tidak perlu mengantre panjang di kasir atau bahkan berebut secara fisik untuk memperoleh barang yang diincar.

Baca juga: Tips Memilih Wind Breaker Terbaik dan Cara Tepat Merawatnya

Tips Belanja Saat Harbolnas Berlangsung

harbolnas

Nah, kalau Eigerian ingin ikut berbelanja saat Harbolnas, Eigerian perlu tips khusus. Pasalnya, jutaan orang juga siap berpartisipasi dalam gerakan ini. Jadi, agar tidak menyesal karena kehabisan, berikut ini beberapa hal yang bisa Eigerian lakukan.

  • Tips yang pertama adalah membuat daftar belanjaan. Jangan sampai kita malah terlena melihat banyak promo dan diskon yang beredar, sehingga kita melupakan barang yang menjadi tujuan utama di saat Harbolnas. Atau bahkan kita sampai membuang terlalu banyak uang. 
  • Saat Harbolnas berlangsung sudah pasti setiap e-commerce akan memberikan penawaran dan cashback yang spesial. Pilih saja e-commerce yang paling cocok dengan kita, agar tidak kelabakan mengambil semua penawaran promo dari banyaknya e-commerce yang ada. Supaya tidak ketinggalan promo di e-commerce atau toko online kesayangan, jangan lupa nyalakan notifikasi.
  • Ingat, saat Harbolnas berlangsung tidak hanya Eigerian saja yang berburu promo dan diskon, tapi ribuan orang bahkan jutaan orang di dunia berbondong-bondong untuk mendapatkan diskon dan penawaran spesial. Jadi, pastikan jaringan internet stabil, agar promo dan diskon yang telah diincar tidak didahului oleh orang lain. 
  • Setelah puas berbelanja saat Harbolnas dan sudah membayar itu semua, pilihlah jasa pengiriman yang terpercaya. Jangan lupa pilihlah harga yang murah agar Eigerian bisa lebih hemat!

Baca juga: Rekomendasi 5 Cafe Outdoor Di Bandung, Cocok untuk Bekerja

Jangan Lewatkan Kode Diskon Tambahan!

Yang namanya perayaan belanja online nasional, pasti akan ada banyak sekali kode diskon khusus. Sudah diberi diskon normal, Eigerian juga bisa mendapatkan diskon khusus di tanggal 12 Desember. Sangat menggiurkan, bukan? Jika ada kode khusus, jangan lupa untuk memasukkannya saat akan membayar produk incaran, ya. Sama halnya Eiger Adventure yang turut memeriahkan Harbolnas “Hari Belanja Outdoor Gear Online Nasional”. Belanja melalui official website Eiger, kita akan mendapatkan discount all items start from 10% up to 70%, lho! Ditambah ada promo free ongkir nasional jika Eigerian belanja minimal Rp100.000.

Selain itu, ada juga diskon untuk koleksi tertentu. Bahkan, Eigerian juga bisa mendapatkan ekstra voucher belanja dengan syarat dan ketentuan khusus. Cek info selengkapnya di website Eiger Adventure sekarang juga!

Selamat bersiap-siap untuk belanja saat Harbolnas! Jangan sampai barang incaranmu lebih dulu diburu orang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru