HomeTips & TrickLifestyleParents Wajib Tahu Nih! 5 Cara Mengatasi Anak Kecanduan HP

Parents Wajib Tahu Nih! 5 Cara Mengatasi Anak Kecanduan HP

Sebenarnya, penggunaan smartphone tidak selalu memberikan dampak buruk bagi penggunanya, termasuk anak-anak. Ibarat dua sisi mata uang, smartphone dapat memberikan manfaat karena konten edukasi yang mudah diakses. Tetapi juga bisa berdampak buruk jika anak mengakses terlalu banyak konten yang tidak sesuai usia. Sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui ciri-ciri anak kecanduan HP. Dengan begitu, orang tua bisa mencari solusi dengan cepat jika memang anak benar-benar kecanduan dengan barang elektroniknya. Jika ingin tahu bagaimana cara mengatasi anak kecanduan HP, simak ulasan di bawah ini sampai akhir, ya

Mengenal Tanda Anak Kecanduan HP

Berikut ini adalah beberapa tanda atau ciri-ciri anak kecanduan HP atau gadget:

  1. Ciri-ciri kecanduan HP pada anak yang bisa langsung dikenali adalah sifat mereka yang cenderung agresif saat tidak ada HP dalam genggaman mereka. Bahkan pada beberapa kasus,  anak cenderung marah hingga tantrum saat kehilangan HP dari tangannya.
  2. Ciri lainnya adalah anak akan kehilangan motivasi untuk bersosialisasi. Mereka enggan untuk bepergian ke luar rumah, karena pola pikir yang tertanam pada anak yang kecanduan HP adalah pergi ke luar berarti harus lepas dengan HP. Maka dari itu, anak-anak yang kecanduan HP cenderung lebih suka menyendiri di rumah bersama gadget-nya saja.
  3. Saat sudah kecanduan HP, maka anak akan lupa dengan waktu dan jadwal kegiatan mereka. HP atau gadget akan membuat anak-anak menghiraukan waktu makan, bermain bersama teman, bahkan waktu belajarnya. Jadi, jika anak sudah menunjukan ciri yang ini, setiap orang tua harus lebih waspada.
  4. Pola dan kualitas tidur anak juga bisa terganggu jika sudah kecanduan HP. Faktanya, paparan blue light dari layar HP akan berpengaruh pada kualitas dan kuantitas tidur seseorang.
  5. Ciri-ciri kecanduan HP lainnya bisa diketahui dari jawaban anak saat diajak berolahraga. Biasanya anak yang sudah kecanduan HP akan sulit diajak olahraga atau aktivitas fisik lainnya karena dunia mereka hanya berpusat pada gadget.

Kalau sudah melihat anak menunjukkan ciri-ciri kecanduan HP seperti yang disebutkan di atas, pastikan untuk segera menanganinya, ya. Pasalnya, kecanduan pada gadget dapat memberikan dampak yang buruk bagi anak. 

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Kecanduan HP?

Setidaknya ada lima cara mengatasi anak kecanduan HP yang perlu dicoba.

1. Berikan Contoh yang Baik pada Anak

Orang tua perlu memberikan contoh dalam intensitas penggunaan HP. Pada saat sedang bersama anak-anak, usahakan agar orang tua menjauhi HP supaya anak tidak tertarik untuk meniru dan memegang HP juga. Jika ada kepentingan mendesak untuk penggunaan HP, maka orang tua bisa memberikan penjelasan kepada anak dari tujuan penggunaan HP tersebut. Sering kali orang tua dalam menemani anak bahkan memberikan HP untuk bermain supaya anak diam dan tidak rewel. Satu atau dua kali mungkin memang bisa menjadi hiburan, namun selanjutnya anak akan menjadi kecanduan dan tidak mau belajar serta melakukan kegiatan lainnya. 

2. Menyediakan Permainan Alternatif Lain

Permainan alternatif sangat diperlukan sebagai cara mengatasi anak kecanduan HP. Misalnya permainan-permainan edukasi, permainan tradisional, atau permainan lainnya yang tidak ada hubungannya dengan HP. Hal ini bisa mengalihkan perhatian dan kegemaran anak dalam aktivitas bermainnya sehari-hari. Tidak perlu bingung karena saat ini masih banyak permainan tradisional yang bisa disediakan untuk anak. Bahkan mainan edukasi memang perlu diberikan karena permainan jenis ini akan memancing kreativitas anak.

3. Menemani dan Mengajak Anak Berkomunikasi

Komunikasi antara orang tua dan anak perlu dilakukan, sekaligus untuk memberikan keleluasaan berpendapat terkait pengalaman, hingga keinginan pribadi anak. Dengan mengajak berkomunikasi, maka anak-anak tidak akan fokus bermain HP sehingga secara pelan-pelan mereka akan meninggalkan kebiasaan itu  karena memiliki kegiatan lain yang positif, yaitu berkomunikasi bersama keluarga.

4. Membatasi Penggunaan HP

Orang tua sangat perlu membatasi waktu penggunaan HP bagi anak, misalnya paling lama 1-2 jam dalam satu hari. Supaya lebih disiplin, orang tua harus mengingatkan anak untuk beraktivitas lainnya atau beristirahat.

5. Jangan Membelikan HP

Tidak ada salahnya orang tua membelikan anak handphone, tapi pilihlah waktu yang bijak dan tepat ketika anak sudah siap secara mental. Pilihlah gadget yang sesuai dan tidak berlebihan. Tentukan juga akses internet yang akan dipasang dalam ponsel apakah sudah sesuai dengan kebutuhan anak dan tidak berlebihan.

Pasti Seru! Yuk, Ajak Anak Menjelajah Alam

cara mengatasi anak kecanduan hp

Saat anak kebanyakan main HP atau gadget lainnya, bisa jadi anak kekurangan aktivitas seru di rumah atau lingkungannya. Maka dari itu, orang tua bisa mengajak anak untuk melakukan kegiatan menarik lainnya supaya pikiran anak teralihkan. Orang tua bisa mendaftarkan anak untuk mengikuti les menari, renang, kelas musik atau aktivitas menarik lain yang sesuai dengan minat dan bakatnya, termasuk menjelajah alam. Cara mengatasi anak kecanduan HP ini dipercaya bisa membuatnya mulai meninggalkan gadget dan menghabiskan waktunya dengan kegiatan yang lebih positif, lho

Alam memang selalu menarik bagi anak. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi anak kecanduan HP adalah dengan mengajaknya bermain mengenal alam. Di sore hari, ketika orang tua memiliki waktu luang, ajaklah anak untuk jalan-jalan di lingkungan tempat tinggal. Bisa juga dengan mengajak anak untuk berkemah, hiking, dan lainnya. 

Baca juga: 5 Tips Menabung Efektif, Meskipun Gaji Pas-pasan

Rekomendasi Produk Kids Series dari Eiger

cara mengatasi anak kecanduan hp

Mengajak anak menjelajah alam adalah salah satu cara mengatasi anak kecanduan HP yang wajib dipraktikkan. Supaya lebih semangat untuk menjelajah alam, orang tua bisa membelikan beberapa perlengkapan untuk menunjang penampilan anak. Di bawah ini ada beberapa produk Eiger Kids yang paling direkomendasikan, cocok untuk dipakai si kecil! Cek satu per satu, yuk!

1. EIGER GENCIVE JR CAP – Rp139.000,-

Saat petualangan memanggil, pastikan penjelajah kecil merasa nyaman berada di luar ruang dengan memakai topi Gencive JR koleksi Eiger Junior Series. Topi dengan model snapback ini terbuat dari bahan katun twill yang dilengkapi dengan detail sablon grafis high-density di bagian depan. Tersedia juga adjuster untuk menyesuaikan ukuran topi dengan lingkar kepala.

2. EIGER ABSTRICKO BUCKET HAT JR – Rp139.000,-

Biarkan penjelajah kecil mengejar petualangannya dengan memakai Abstricko, yaitu topi bergaya bucket dengan dua sisi yang dapat dibalik. Topi ini menawarkan tampilan berbeda dengan motif yang sangat unik pada satu sisi dan warna solid pada sisi lainnya.  

3. EIGER KORUYUCU FACE MASK– Rp19.500,-

Jangan lupa lengkapi penampilan si kecil dengan Koruyucu untuk menemani aktivitas hariannya. Terbuat dari bahan breathable yang nyaman, masker non medis ini memiliki desain yang pas di wajah serta earloops berbahan elastis tanpa jahitan untuk menunjang kenyamanan sepanjang hari. Kain yang digunakan pada masker ini dilengkapi dengan teknologi antibacterial yang berfungsi untuk mengurangi risiko transmisi bakteri.

4. EIGER GENCIVE JR SS T-SHIRT – Rp149.000,-

T-shirt lengan pendek Gencive dari Eiger Junior Series ini akan menjaga petualang kecil tetap nyaman saat dalam perjalanan. T-shirt ini bisa dipadukan dengan bawahan favorit mereka, dan mereka siap untuk berpetualang!

5. EIGER WANDER KIDS T-SHIRT – Rp169.000,-

Saatnya si kecil berpetualang dengan memakai T-shirt lengan panjang model raglan Wander Kids yang terbuat dari paduan bahan dua warna dan memiliki detail sablon grafis pada bagian depan. Material adalah Cotton Combed 24’S dengan fitur kerah corong.

6. EIGER BONERATE KIDS SWEATPANTS – Rp299.000,-

Pastikan si kecil selalu siap untuk menjalani hari mereka yang aktif bersama dengan Bonerate Kids. Dengan bahan yang lembut dan teknologi Tropic Dry, sweatpants yang satu ini akan membuat mereka tetap nyaman sepanjang hari. Materialnya terdiri dari 77%, Polyester 18% Viscose, dan 5% Elastane.

7. EIGER CALDERA KIDS 2.0 ROLL STRAP SANDAL – Rp259.000,- 

Caldera Kids 2,0 merupakan sandal palang yang nyaman dirancang untuk anak-anak, sehingga cocok digunakan untuk petualangan luar ruang, ataupun kegiatan sehari-hari. Sandal ini dilengkapi fitur footbed yang menggunakan material phylon empuk serta rubber outsole. Sementara fitur hook-and-loop yang memudahkan pengguna untuk menyesuaikan fitting kaki sesuai dengan kenyamanan.

8. EIGER ADDER KIDS SHOES – Rp589.000,-

Adder Kids merupakan sepatu low-cut yang dirancang bagi anak-anak untuk kegiatan hiking ringan dan juga pemakaian sehari-hari. Bagian upper sepatu ini terbuat dari bahan kulit dan polymesh yang didukung dengan bagian insole Ortholite.

Baca juga: 5 Tips Membangun Kebiasaan Hidup Produktif, Wajib Tahu!

Dapatkan berbagai macam perlengkapan untuk menunjang penampilan si kecil, dengan belanja online di website Eiger Adventure Official. Selain produk Kids Series, tentu saja EIGER juga menyediakan produk-produk untuk remaja hingga dewasa. Cek koleksinya sekarang, deh!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments