HomeTips & TrickMountaineering3 Cara Mengatasi Heat Stroke, Penting untuk Kegiatan Luar Ruang!

3 Cara Mengatasi Heat Stroke, Penting untuk Kegiatan Luar Ruang!

Cuaca yang panas menjadi tantangan tersendiri bagi penggemar kegiatan luar ruang. Tidak hanya karena akan membuat kegiatan semakin berat, tapi juga munculnya risiko heat stroke yang mungkin dialami. Untuk itulah kamu perlu tahu cara mengatasi heat stroke dengan tepat, untuk menghindari risiko lebih besar.

Secara sederhana heat stroke bisa dipahami sebagai kondisi gawat yang ditandai dengan peningkatan suhu tubuh sampai lebih dari 40 derajat Celcius. Hal ini umumnya terjadi ketika seseorang terpapar suhu panas sampai di luar batas toleransi alami, sehingga tidak bisa mengendalikan suhunya secara normal.

Baca Juga: 7 Kesalahan Bisa Bikin Tersesat & Tips Bertahan Hidup di Hutan

Sederet Gejala Heat Stroke yang Harus Dikenali

Cara mengatasi heat stroke
Sumber: EyeEm via freepik.com

Untuk bisa mengatasi heat stroke sebenarnya bisa dimulai dari mengenali tanda-tandanya. Tanda dan gejala kondisi ini cukup mudah dicermati, karena tampak secara fisik dari penderitanya. Beberapa tanda yang paling sering muncul antara lain adalah sebagai berikut:

  • Mengalami demam tinggi, pada 40 derajat Celcius atau lebih
  • Keringat mengucur deras
  • Mengalami sakit kepala, berkunang-kunang, atau pusing
  • Kulit memerah dan menjadi kering
  • Tingkat respon pada rangsangan yang diberikan melambat
  • Jantung berdebar kenjang dan terjadi lonjakan denyut nadi yang mendadak
  • Terjadi perubahan perilaku signifikan, mulai dari kebingungan, linglung, mudah marah, hingga gelisah
  • Terjadi mual dan muntah
  • Napas menjadi cepat
  • Kejang
  • Hilang kesadaran

Tanda-tanda ini menjadi indikasi seseorang mengalami heat stroke, sehingga harus disikapi dengan tepat dan bijak.

3 Cara Mengatasi Heat Stroke, Pertolongan Pertama yang Dapat Diberikan

Cara mengatasi heat stroke
Sumber: freepik via freepik.com

Ketika muncul tanda-tanda atau indikasi yang disebutkan di atas saat kamu berkegiatan di luar ruang, maka ada setidaknya tiga cara mengatasi heat stroke yang bisa dilakukan. Ketiga cara ini dapat menjadi pertolongan pertama yang diberikan agar kondisinya tidak semakin parah.

1. Pindahkan ke Tempat Teduh

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah pindahkan penderita ke tempat yang teduh. Cara ini bisa membantunya untuk mengurangi paparan sinar matahari yang terlalu terik yang secara langsung dapat meningkatkan suhu tubuh.

Kamu bisa memindahkannya ke bawah pohon, atau area teduh lain yang juga memiliki sirkulasi udara lancar. Dengan begini tubuhnya akan terhindar dari suhu panas yang bisa memperburuk kondisinya.

2. Lakukan Pengompresan

Jika suhu tubuh yang dialami tidak kunjung menurun, kamu bisa melakukan apa yang disebut dengan ice bath atau memberikan kompres dingin ke tubuh penderita. Kompres dapat diberikan dengan handuk yang direndam air dingin dan diletakkan di bagian leher, ketiak, dan selangkangan.

Titik-titik tubuh  ini memiliki banyak pembuluh darah sehingga bisa jadi area yang tepat untuk membantu menurunkan suhu tubuh yang terlalu tinggi. Sedikit pengecualian yang harus kamu perhatikan, bahwa tindakan ini tidak direkomendasikan untuk penderita heat stroke anak-anak, lansia, atau penderita penyakit kronis.

3. Air Putih yang Banyak

Jika kesadarannya sudah kembali, kamu bisa memberikannya air putih dalam jumlah banyak. Pada kondisi heat stroke, tubuh akan memproduksi panas yang membuat jumlah cairan tubuh berkurang. Jika dibiarkan bukan tidak mungkin penderitanya mengalami dehidrasi akut.

Cermati suhu minuman yang diberikan, dan hindari memberikan minuman dengan suhu terlalu dingin atau mengandung kafein/alkohol. Minuman seperti yang disebutkan tadi justru akan membuat kondisi semakin buruk.

Air putih dalam suhu ruangan cukup untuk urusan ini, hanya saja berikan dalam jumlah yang cukup banyak.

Baca Juga: Selamatkan Diri! Panduan Pertolongan Pertama pada Luka Terbuka

Sebelum Terjadi, Terapkan Tips Berguna Ini untuk Pencegahan

Cara mengatasi heat stroke
Sumber: pakww via freepik.com

Heat stroke pada dasarnya terjadi karena paparan suhu terlalu tinggi yang membuat tubuh tidak dapat mengatur suhu alaminya di batas normal. Setelah tahu tiga cara mengatasi heat stroke, kamu juga sebaiknya tahu beberapa tips berguna untuk mencegahnya.

Tips pencegahan ini cenderung cukup mudah dilakukan karena sifatnya mendasar, tapi cukup banyak orang yang mengesampingkan atau menyepelekannya.

Pertama, perbanyak minum air putih. Cairan yang cukup akan membantu tubuh meregulasi suhu dan mencegah terjadinya dehidrasi. Pada cuaca yang panas, minum air putih dalam jumlah yang cukup akan sangat membantu, terlebih ketika kamu melakukan aktivitas di alam bebas yang terpapar secara langsung pada sinar matahari. Asupan cairan yang cukup akan membantumu terhindar dari risiko heat stroke.

Kedua, gunakan baju yang nyaman saat kegiatan dilakukan. Nyaman di sini diartikan dengan pakaian yang longgar sehingga memungkinkan sirkulasi udara baik, kemudian memiliki bahan ringan, serta berwarna terang. Pakaian seperti ini bisa membantu tubuh mendapatkan udara segar selama beraktivitas, sehingga suhunya tidak melonjak drastis secara mendadak. Tubuh dapat meregulasi suhu internal dengan cukup baik karena dibantu dengan angin yang berhembus secara terus menerus.

Ketiga, menggunakan sunscreen. Tidak hanya membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, ternyata, sunscreen juga bisa membantu tubuhmu mengatur suhu secara keseluruhan. Kamu bisa menerapkan cara ini dengan menggunakan sunscreen setiap 2 jam sekali atau lebih, sesuai dengan kondisi kulit. Sunscreen yang digunakan setidaknya mengandung minimal SPF 50.

Keempat, pastikan istirahat yang cukup. Terdengar sangat klasik sebagai saran menghindari heat stroke, tapi terus diberikan karena memang masih efektif. Jangan memaksakan diri terlalu jauh hingga mengorbankan waktu istirahatmu. Fisik yang terpapar suhu panas dan terus didorong melewati batas maksimalnya akan lebih mudah terkena heat stroke dan berbagai kondisi lain yang merugikan petualanganmu sekarang.

Baca Juga:  Bukan Sekadar Tas Minum Biasa, Ini 7 Keunggulan Hydropack

Mengetahui apa saja gejala dan cara mengatasi heat stroke idealnya jadi pemahaman mendasar untuk kamu yang suka berkegiatan di luar ruang. Terlebih di negara seperti Indonesia, yang memiliki paparan sinar matahari sepanjang tahun cukup intens, informasi ini sebaiknya dimiliki oleh semua orang yang gemar beraktivitas di bidang yang sama.

Informasi seperti ini, cara mengatasi heat stroke, dan berbagai informasi lain menjadi relevan untuk kamu yang suka berkegiatan di luar ruang dan alam terbuka. Tentu saja, dukungan alat yang berkualitas akan memberikan banyak benefit untuk kegiatanmu. Misalnya saja, pakaian yang longgar dan berbahan nyaman, kemudian botol minum yang berkualitas, hingga pelindung kepala yang bisa melindungimu dari sinar matahari. Semua produk ini bisa kamu dapatkan dari EIGER Adventure. Kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru