HomeTips & TrickGreen & HealthyCara Mengatasi Insomnia yang Praktis, Ini 5 Poinnya!

Cara Mengatasi Insomnia yang Praktis, Ini 5 Poinnya!

Di era sekarang ini, tak sedikit yang mengalami gangguan tidur yang biasa dikenal dengan insomnia. Kesulitan tidur ini bisa disebabkan berbagai faktor, sehingga membuat waktu istirahat di malam hari berkurang drastis. Nah, secara sederhana, mari kita bahas beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa dilakukan dengan mudah.

Cara-cara ini dikatakan mudah karena kamu tak perlu mendatangi dokter untuk melakukannya. Jelas, untuk mengatasi insomnia yang sudah parah sangat direkomendasikan berkonsultasi dengan dokter dan tenaga profesional.

Namun jika keluhan insomnia yang dirasakan tidak terlalu parah, kamu bisa mencoba beberapa cara sederhana berikut ini. Check this out!

Baca Juga : Apa itu Self Healing dan Bagaimana Cara Tepat Melakukannya

1. Trik Mandi Air Panas Sebelum Tidur

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Pernahkah kamu mencoba mandi dengan air panas setelah berkegiatan di sore atau malam hari? Air panas memiliki efek relaksasi pada tubuh, sehingga membuat tubuh terasa lebih tenang dan nyaman. Ketika kamu mandi air hangat, kamu juga nyaman bukan berlama-lama? Terlebih ketika bisa berendam.

Mandi dengan air hangat bisa membantu kantuk datang lebih cepat. Hal ini karena tubuh terasa lebih rileks, sehingga kamu bisa terhindar dari kesulitan tidur. Jika memungkinkan, menambahkan beberapa tetes minyak aroma lavender juga bisa membantu meningkatkan efek relaksasi.

Jadi ketika kamu beberapa hari belakangan mengalami keluhan sulit tidur atau insomnia, kamu bisa mencoba cara mudah ini. Baik dengan shower, berendam, atau mandi menggunakan gayung, air hangat bisa memberikan efek yang serupa.

2. Hindari Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Sudah jadi pengetahuan umum jika cahaya biru dari gadget dapat membuat jadwal tidur kacau. Memang mata kamu akan terasa perih atau kering, namun dorongan untuk tidur jadi berkurang karena terus ada tuntutan konten baru yang dinikmati.

Tentu saja mematikan atau menghindari penggunaan gadget beberapa jam sebelum tidur bisa jadi solusi atas hal ini. Setidaknya, terapkan saja aturan tidak ada gadget yang naik di atas tempat tidur, agar kamu bisa mengistirahatkan mata dan pikiran dari konten yang tiada hentinya.

Letakkan gadget di tempat yang cukup berjarak dengan tempat tidur. Misalnya di bagian atas meja yang ada di kamar kamu. Atau bisa juga di titik lain yang sekiranya berjarak beberapa meter. Hal ini juga agar gelombang radio yang dipancarkan tak mengganggu ketika kamu tidur di malam hari.

3. Susu atau Air Putih Hangat

Ingin minum sesuatu yang hangat sebelum tidur? Kamu bisa menjadikan susu atau air putih sebagai opsi terbaik. Selain bisa membantu rasa kantuk datang lebih cepat, susu bisa membantu menguatkan tulang saat kamu tertidur. Air putih, di sisi lain, bisa membantu tubuh tetap terhidrasi selama tidur.

Minuman seperti kopi misalnya, sangat buruk untuk dijadikan opsi karena kandungan kafeinnya. Kafein dikenal luas dapat memicu kerja jantung sehingga membuat kantuk tidak lekas datang. Ini mengapa minuman hitam pekat tersebut identik dengan aktivitas malam.

Suhu hangat dari susu dan air putih dapat membantu memberikan efek rileks pada tubuh, sehingga cepat beristirahat. Beberapa minuman sebenarnya juga bisa jadi opsi menarik, namun sebaiknya kamu memilih dengan hati-hati agar tidak justru membuatmu terjaga semalam suntuk.

4. Cara Mengatasi Insomnia : Waktu Relaksasi

Tahukah kamu jika meluangkan waktu sejenak untuk melakukan relaksasi bisa menjadi cara efektif mengatasi insomnia?

Tubuh dan pikiran yang baru saja beraktivitas umumnya masih memiliki tempo kerja tinggi. Padahal untuk  beristirahat di malam hari, kamu perlu membuat keduanya menurunkan aktivitas dan merasa rileks.

Maka dari itu, coba luangkan waktu sejenak untuk menjadi waktu relaksasi. Waktu relaksasi maksudnya adalah waktu untuk menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga merasa lebih santai dan tidak berada di fase kerja yang berat.

Saat diri merasa tenang dan nyaman, secara otomatis rasa kantuk akan datang lebih cepat sehingga kamu bisa beristirahat dengan lebih cepat pula.

5. Paling Jelas, Pola Hidup Sehat

Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Menerapkan pola hidup sehat sebenarnya jadi kunci untuk cara mengatasi insomnia. Pola makan dan makanan yang bernutrisi seimbang, olahraga rutin, serta waktu tidur yang terjadwal, membuat tubuh memiliki jam biologis yang ideal.

Dengan begini semua akan terjadwal dan terjadi secara otomatis. Mulai dari waktu makan, waktu minum air putih, waktu beraktivitas, waktu berolahraga, waktu istirahat, serta waktu tidur malam. Memang tidak mudah, namun sekali kamu memiliki pola ini, kamu kan menikmati manfaatnya untuk jangka panjang.

Kamu bisa mulai menerapkan pola hidup sehat sedini mungkin dengan hal-hal sederhana. Ingat, hal ini adalah proses yang tak sebentar. Jadi satu per satu mulai jadwalkan aktivitasmu, dan jadikan rutinitas.

Baca Juga : Apa Sih Manfaat Melakukan Olahraga Malam untuk Kesehatan? 

Kelima cara mengatasi insomnia tersebut mudah dan praktis untuk dilakukan siapa saja. Kamu bahkan bisa mencobanya malam nanti saat akan terlelap, untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas dan terhindar dari insomnia.

Untuk mulai mencoba cara mengatasi insomnia di atas, kamu bisa mulai menerapkan pola hidup sehat, seperti misalnya olahraga atau aktivitas di luar ruang. Eiger Adventure, akan senantiasa menjadi partner terbaik untuk menyediakan perlengkapan yang kamu perlukan untuk hal ini!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments