HomeTips & TrickTraveling8 Cara Mengatasi Mabuk Laut yang Ampuh, Traveling Makin Seru

8 Cara Mengatasi Mabuk Laut yang Ampuh, Traveling Makin Seru

Tidak semua orang dapat bepergian jalur laut sehingga mungkin saja kita mengalami mabuk selama perjalanan. Yuk, simak cara mengatasi mabuk laut yang ampuh dalam artikel berikut.

Eigerian yang senang beraktivitas outdoor dan mungkin memiliki rencana untuk traveling dengan kapal laut, perlu antisipasi akan mabuk laut.

Hal ini karena guncangan selama di perjalanan menggunakan kapal bisa membuat kepala merasa pusing, mual, dan ingin muntah.

Jika kita memiliki riwayat mabuk perjalanan saat berkendara jarak jauh, ada baiknya untuk mencari tahu cara mengatasi mabuk laut sebagai antisipasi.

Jangan sampai efek mabuk laut ini justru mengganggu waktu traveling Eigerian, ya.

Baca Juga: 5 Cara Packing Baju di Koper Agar Muat Banyak dan Tetap Ringan

Cara Mengatasi Mabuk Laut

cara mengatasi mabuk laut
(Foto penumpang kapal laut. Sumber: Unsplash.com)

Lantas, bagaimana cara mengatasi mabuk laut yang ampuh? Ini dia sederet tips yang bisa dicoba:

1. Makan yang Cukup Sebelum Perjalanan

Cara terbaik dalam mengatasi mabuk laut adalah dengan mencegahnya. Jadi sebelum perjalanan, pastikan tubuh kita dalam keadaan fit.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang cukup sebelum berkendara jalur laut.

Eigerian dianjurkan untuk makan selama 30 menit hingga 1 jam sebelum menempuh perjalanan dengan kapal laut.

Jangan sampai membiarkan perut kosong karena bisa menyebabkan masuk angin. Cukup makan secukupnya jangan dalam porsi yang terlalu banyak karena justru dapat memicu mual.

2. Dapatkan Istirahat Cukup Sebelum Bepergian

Selain memastikan perut terisi, kita juga perlu mendapatkan istirahat yang cukup sebelum bepergian menggunakan kapal laut.

Pasalnya, tubuh yang kurang tidur dan lelah lebih rentan mengalami mabuk perjalanan. Jadi, pastikan Eigerian mendapatkan kualitas tidur yang baik sebelum pergi jarak jauh melalui jalur laut.

Hindari untuk begadang di malam sebelum jadwal keberangkatan. Usahakan juga untuk tidak menjalani aktivitas yang terlalu padat agar tubuh tetap dalam keadaan fit.

Baca Juga: 5 Destinasi yang Cocok untuk Road Trip Bersama Pasangan Atau Sahabat

3. Pastikan Banyak Minum Air Putih

minum air putih
(Foto botol air minum. Sumber: Unsplash.com)

Cara mengatasi mabuk laut selanjutnya, yakni dengan memastikan bahwa tubuh kita terhidrasi. Jadi, Eigerian sebaiknya mengonsumsi banyak air putih.

Ketika kamu tidak mendapatkan cairan yang cukup dan mengalami dehidrasi, risiko untuk mengalami mabuk perjalanan akan semakin besar.

Dehidrasi bisa memicu kamu mengalami sakit kepala hingga mual yang dapat mengganggu perjalanan dengan kapal laut.

4. Hindari Bermain Gadget

Mabuk laut biasanya ditandai dengan pusing, lemas, mual, dan muntah. Ketika Eigerian merasakan gejala ini, sebaiknya segera mengambil tindakan agar bisa berlayar dengan lebih nyaman.

Salah satu cara mengatasi mabuk laut ialah dengan berhenti menggunakan gadget selama di dalam kapal laut.

Hal ini karena menatap benda statis atau terlalu fokus dalam waktu lama selama berlayar bisa memicu munculnya mabuk laut.

Selain bermain gadget, usahakan untuk tidak membaca buku selama di kapal laut. Aktivitas ini juga dapat meningkatkan risiko mabuk laut. Jadi, alihkan perhatian kita dari ponsel pada benda lainnya.

Misalnya, melihat langit atau ke luar arah kapal untuk membunuh waktu. Bisa juga dengan memandang objek yang bergerak, seperti air laut guna meminimalisir mabuk laut yang tidak nyaman.

Baca Juga: 6 Traveling Kit yang Wajib Dibawa, Cermati Detailnya ya!

5. Konsumsi Obat Antimual

Cara mengatasi mabuk laut lainnya yang cukup ampuh ialah dengan mengonsumsi obat antimual atau antimabuk perjalanan.

Biasanya, obat untuk mencegah mabuk laut bisa membuat kamu lebih mudah tertidur. Jadi, kamu dapat tidur lebih nyaman selama perjalanan dan terhindar dari rasa mabuk.

Selain itu, obat antimabuk dapat membuat kamu merasa lebih baik ketika berlayar. Minumlah sekitar 15 menit sebelum perjalanan agar obat bisa bekerja optimal.

6. Pilih Tempat Duduk yang Minim Guncangan

Guncangan selama berlayar menjadi salah satu pemicu kuat munculnya mabuk laut. Oleh karenanya, kita perlu memilih tempat duduk yang tepat sebagai langkah pencegahan.

Eigerian yang hendak melakukan perjalanan dengan kapal laut dan rentan mabuk, sebaiknya memilih tempat duduk di bagian dek luar. Misalnya di bagian belakang atau atas kapal.

Duduklah di dek luar kapal dan memandang langit agar pikiran bisa terdistraksi dan tidak merasakan mabuk laut.

Jangan lupa untuk memastikan tempat duduk yang kamu pilih nyaman, ya. Jadi, perjalanan selama di kapal bisa dinikmati maksimal hingga sampai di tujuan.

Baca Juga: 5 Tips Backpacker, Harus Selalu Cermat dan Terencana!

7. Cari Udara Segar

cari udara segar
(Foto mencari udara segar. Sumber: Freepik.com)

Cara mengatasi mabuk selanjutnya, yakni dengan mencari udara segar. Apabila kita berada di dalam kapal, cobalah untuk berjalan-jalan sebentar ke area luar kapal untuk menghirup udara segar.

Cara yang satu ini cukup efektif untuk mengatasi rasa mabuk yang tidak nyaman, lho.

Dengan merasakan udara segar dari semilirnya angin bisa membuat perasaan kita lebih baik. Jadi, hindari untuk berada di ruangan yang pengap karena bisa memperparah mabuk laut.

Pilihlah ruangan dengan udara terbuka yang segar sehingga membuat kita menjadi lebih tenang selama perjalanan.

Jika memungkinkan, hindari juga tempat yang ramai atau berdesak-desakan dengan penumpang lain di kapal. Sebab, situasi seperti dapat memicu kita mengalami mabuk laut.

8. Makan Permen atau Konsumsi Minuman Herbal

Cara mengatasi mabuk lainnya yang juga efektif dilakukan selama perjalanan jalur laut, ialah dengan makan permen. Terutama permen jahe atau mint yang menyegarkan.

Banyak orang yang percaya bahwa jahe bisa menangkal mabuk perjalanan. Jadi, cobalah untuk makan permen jahe sebagai penawar mabuk laut.

Selain itu, kita dapat mengonsumsi minuman herbal, seperti jahe atau pun kunyit. Bahan-bahan alami seperti ini bisa mencegah tubuh dari masuk angin dan mabuk laut. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih fit selama berlayar.

Tidak hanya memastikan daya tahan tubuh yang baik selama perjalanan, penting juga bagi kita untuk menyiapkan perlengkapan aktivitas outdoor ketika traveling.

Dalam hal ini, kita dapat menggunakan beragam alat aktivitas outdoor dari EIGER yang sudah terjamin kualitasnya.

Yuk, segera belanja di Eiger Adventure Official untuk mendapatkan aneka perlengkapan outdoor dengan harga terbaik.

Kita bisa berbelanja perlengkapan outdoor hanya dalam beberapa kali klik, barangnya terjamin original, dan didukung oleh beragam metode pembayaran. 

Kita juga berkesempatan untuk mendapatkan gratis ongkos kirim dan penawaran menarik lainnya dari EIGER. 

Jika ada kendala selama berbelanja, Eigerian pun tidak perlu khawatir karena ada customer service yang siap melayani selama 24 jam.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru