HomeTips & TrickGreen & Healthy7 Cara Mengatasi Stres pada Diri Sendiri, Jangan Biarkan Berlarut!

7 Cara Mengatasi Stres pada Diri Sendiri, Jangan Biarkan Berlarut!

Setiap orang pasti pernah merasakan stres, di mana stres ini adalah suatu reaksi alami terhadap tekanan atau tuntutan dalam hidup. Tentunya, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang merasa stres, seperti tekanan di tempat kerja, masalah keuangan, hubungan interpersonal yang rumit, atau bahkan perubahan besar dalam kehidupan pribadi. Lantas, bagaimana cara mengatasi stres pada diri sendiri yang paling tepat?

Perlu dipahami bahwa stres bisa memengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang jika tidak ditangani dengan baik. Itulah mengapa, Eigerian wajib tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi stres pada diri sendiri. Tapi sebelum itu, ketahui penyebab stres terlebih dahulu melalui ulasan di bawah ini, yuk!

Penyebab Stres pada Diri Sendiri

cara mengatasi stres pada diri sendiri
Sumber: Eiger Adventure

Stres bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor yang berbeda-beda bagi setiap orang. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum stres pada diri sendiri:

1. Faktor Eksternal

  • Beban kerja yang berlebihan, deadline yang ketat, konflik dengan rekan kerja atau atasan, serta kurangnya kontrol atas pekerjaan dapat menyebabkan stres.
  • Kesulitan dalam mengelola keuangan, utang yang menumpuk, hingga ketidakpastian finansial dapat menjadi sumber stres yang signifikan.
  • Konflik dengan pasangan, keluarga, atau teman, serta masalah dalam hubungan romantis atau sosial juga bisa menyebabkan stres.
  • Perubahan besar dalam hidup, misalnya pindah rumah, perubahan pekerjaan, pernikahan, atau kelahiran anak juga bisa memicu stres.
  • Penyakit serius, kondisi medis kronis, ataupun cedera fisik juga bisa menyebabkan stres baik pada pasien maupun keluarga.
  • Lingkungan yang bising, polusi, kemacetan lalu lintas, hingga kondisi tempat tinggal yang tidak nyaman akan menimbulkan stres.

2. Faktor Internal

  • Menetapkan standar yang terlalu tinggi bagi diri sendiri dan merasa tidak pernah cukup baik tentunya akan menyebabkan stres.
  • Kurangnya keterampilan untuk mengatasi masalah atau konflik juga bisa membuat situasi yang sulit menjadi lebih menekan.
  • Pola pikir negatif, seperti selalu melihat sisi buruk dari setiap situasi atau merasa pesimis tentang masa depan, bisa memperburuk stres.
  • Tidak memberikan waktu untuk relaksasi, hobi, atau aktivitas yang menyenangkan juga bisa meningkatkan stres.
  • Merasa tidak puas dengan berbagai aspek kehidupan, seperti pekerjaan, hubungan, atau pencapaian pribadi, akan menyebabkan stres.

Baca juga: 7 Pilar Kesehatan Holistik: Rahasia Hidup Sehat dan Bahagia Alami

Cara Mengatasi Stres pada Diri Sendiri

cara mengatasi stres pada diri sendiri
Sumber: p2ptm.kemkes.go.id

Mengidentifikasi penyebab stres merupakan langkah pertama untuk mengelolanya. Setelah mengetahui apa yang menyebabkan stres, tentunya ada beberapa cara untuk menguranginya. Sebagaimana dilansir dari laman P2PTM Kemenkes RI, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres dan mencapai jiwa yang sehat adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, Eigerian perlu membicarakan keluhan stres dengan seseorang yang dapat dipercaya.
  2. Lalu, coba lakukan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu.
  3. Selain itu, kembangkan hobi yang bermanfaat.
  4. Tips berikutnya, tingkatkan ibadah dan mendekatkan diri pada Tuhan.
  5. Selalu berpikir positif.
  6. Tenangkan pikiran dengan cara relaksasi. Eigerian bisa latihan pernapasan, meditasi, yoga, dan teknik relaksasi lainnya sehingga dapat membantu menenangkan pikiran.
  7. Selalu jaga kesehatan dengan rajin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur, tidur cukup, makan makanan bergizi seimbang, serta terapkan perilaku bersih dan sehat.

Dampak Stres Jika Tidak Segera Diatasi

cara mengatasi stres pada diri sendiri
Sumber: Eiger Adventure

Tahukah Eigerian, stres yang tidak segera diatasi dapat berdampak serius pada kesehatan fisik, mental, dan emosional, lho. Berikut ini adalah beberapa dampak potensial dari stres yang berkepanjangan:

1. Dampak Fisik

  • Stres kronis bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.
  • Stres juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS), maag, dan gangguan pencernaan lainnya.
  • Stres berkepanjangan akan melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit.
  • Insomnia atau gangguan tidur lainnya seringkali terkait dengan stres, yang pada gilirannya juga akan memperburuk kesehatan fisik dan mental.
  • Stres juga bisa menyebabkan atau memperburuk kondisi nyeri kronis seperti sakit kepala, migrain, dan nyeri otot.
  • Kondisi kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis akan diperburuk oleh stres.

2. Dampak Mental dan Emosional

  • Stres yang tidak diatasi akan meningkatkan risiko depresi.
  • Stres kronis bisa menyebabkan atau memperburuk gangguan kecemasan.
  • Merasa lelah secara emosional dan kehilangan minat atau motivasi dalam kehidupan sehari-hari merupakan tanda-tanda kelelahan emosional akibat stres.
  • Stres juga akan mengganggu kemampuan untuk fokus, mengingat, dan membuat keputusan.

3. Dampak Perilaku

  • Beberapa orang mungkin akan beralih ke alkohol, obat-obatan, atau merokok sebagai cara untuk mengatasi stres, yang pada akhirnya akan menyebabkan ketergantungan dan masalah kesehatan tambahan.
  • Stres akan menyebabkan perilaku makan berlebihan atau kurang makan, yang dapat mengarah pada masalah berat badan dan gangguan makan.
  • Seseorang yang mengalami stres juga akan menarik diri dari interaksi sosial, sehingga akan memperburuk perasaan kesepian dan isolasi.

4. Dampak pada Hubungan

  • Stres akan menyebabkan iritabilitas dan frustasi, yang dapat memicu konflik dalam hubungan pribadi dan profesional.
  • Menarik diri dari orang lain dan menghindari interaksi sosial juga akan mengurangi dukungan sosial yang penting untuk mengatasi stres.

Baca juga: Inilah 7 Aktivitas untuk Menjaga Kesehatan Alat Gerak

Penting untuk diingat bahwa mengelola stres memerlukan usaha yang berkelanjutan. Tapi tak perlu khawatir, karena dengan strategi yang tepat, Eigerian dapat mengurangi dampak negatif stres pada kehidupan sehari-hari.

Yuk, rencanakan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu untuk mengatasi stres pada diri sendiri! #SejenakSelamanya, pastikan Eigerian sempatkan untuk beristirahat atau traveling singkat supaya tidak penat dengan rutinitas sehari-hari.

Supaya lebih nyaman dan aman saat melakukan olahraga, relaksasi, traveling, aktivitas fisik atau berbagai hobi lainnya, Eigerian bisa memilih produk-produk dari EIGER Adventure. Eigerian bisa mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat, atau bisa juga belanja lewat mobile apps EIGER Adventure.

Langsung saja unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS, lalu cek produknya yang tersedia lebih lengkap. Jangan lupa manfaatkan promo menarik, dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru