HomeTips & TrickTravelingCara Mengatur Budget Liburan Efektif, Berkesan dan Hemat!

Cara Mengatur Budget Liburan Efektif, Berkesan dan Hemat!

Liburan seharusnya jadi momen menyenangkan yang bisa dinikmati untuk mengembalikan semangat dan suasana hati. Tapi apa jadinya jika liburan yang kamu lakukan justru jadi pemborosan karena tidak ada rencana keuangan yang pas? Ini mengapa, penting untuk tahu cara mengatur budget liburan yang ideal, agar kamu tidak kehilangan banyak uang karena pengeluaran tidak terduga.

Tidak sedikit orang yang memimpikan liburan seru ke tempat-tempat baru, atau mencoba pengalaman berkesan yang akan diingat sepanjang waktu. Jelas akan memerlukan biaya, tapi selama perencanaan benar, apa yang kamu keluarkan akan sebanding dengan pengalaman yang didapatkan.

Untuk mendapatkan insight lebih jauh tentang cara mengatur budget liburan, kamu bisa melihat poin-poin yang akan dibahas mulai dari perencanaan, penghematan di beberapa pos, dan tips untuk liburan hemat.

Baca Juga: 6+ Tips Aman Liburan ke Luar Negeri, Fun dan Anti Ribet

Lakukan Perencanaan Sebelum Liburan

This image has an empty alt attribute; its file name is image-16.jpeg
Sumber: EIGER Adventure

Bagian perencanaan penting agar kamu tahu benar apa yang akan dilakukan, kemana tujuannya, dan kapan waktu berangkatnya. Terdengar jadi hal mendasar, tapi banyak pengaturan yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran yang akan terjadi saat rencana ini dieksekusi.

1. Tujuan dan Tanggal

Kemana kamu pergi akan berpengaruh langsung pada berapa biaya yang diperlukan. Jadi, pilih tujuan yang sesuai dengan budget yang disediakan. Jika memang destinasi utama masih belum masuk dalam total biaya yang ada, kamu bisa pertimbangkan destinasi alternatif yang biayanya lebih masuk akal.

Nah, penentuan tujuan dan tanggal ini bisa mencoba mencari waktu liburan di luar peak season, agar harga tiket dan akomodasi yang diperlukan tidak terlalu mahal.

2. Susun Anggaran Realistis

Setelah tahu tujuan dan tanggal liburan, kamu bisa mulai mencari gambaran biaya-biaya yang akan dikeluarkan. Mulai dari biaya transportasi saat berangkat, di tempat tujuan, dan saat pulang, kemudian akomodasi selama liburan, makanan, aktivitas yang dilakukan, dan biaya tak terduga sejumlah sekian persen dari total budget yang ada.

Untuk memudahkan proses kedua ini kamu bisa menggunakan bantuan sejumlah aplikasi atau spreadsheet yang banyak dibagikan backpacker di forum-forum komunitas. Alokasikan setiap dana yang diperlukan, dan kamu akan dapat gambaran besar tentang pengeluaran yang kemungkinan besar akan terjadi.

3. Manfaatkan Promo dan Diskon

Supaya pengeluaran yang kamu lakukan bisa lebih ditekan, cara mengatur budget liburan juga akan melibatkan promo dan diskon yang ada. Memang untuk memanfaatkannya kamu perlu cermat dan terus memonitor beberapa platform. Tapi jika berhasil kamu bisa mengemat cukup banyak pengeluaran.

Penghematan Biaya Transportasi dan Akomodasi Liburan

cara mengatur budget liburan
Sumber: EIGER Adventure

Setelah semua perencanaan dilakukan, kini kamu punya gambaran tentang berapa pengeluaran yang akan diperlukan. Dari data ini, kamu bisa mulai ‘merampingkan’ beberapa pos pengeluaran, seperti transportasi dan akomodasi.

Transportasi Alternatif

Coba cari lagi alternatif transportasi yang lebih terjangkau. Jika pada budgeting yang kamu lakukan sebelumnya menggunakan tiket pesawat, alternatif tiket kereta, bus, atau kapal laut bisa mulai dipertimbangkan.

Memang tidak akan secepat pesawat, tapi moda transportasi lain cenderung lebih ekonomis dan bersahabat di kantong. Lihat juga tiket pesawat pada maskapai lain atau kota terdekat dari destinasimu, karena bisa jadi harganya terpaut cukup jauh.

Kamu juga bisa membandingkan harga tiket dari beberapa platform sebelum mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.

Akomodasi Ekonomis Tapi Tetap Nyaman

Nah untuk akomodasi, alternatif selain hotel bisa jadi opsi menarik. Selain memiliki fasilitas yang berbeda, hostel, guesthouse, atau hotel budget menawarkan pengalaman yang unik karena masing-masing memiliki daya tariknya sendiri.

Sebenarnya jika ingin benar-benar menekan budget akomodasi, ada pilihan lain yang tidak kalah unik yakni dengan menginap di rumah penduduk. Beberapa destinasi wisata telah dikelola sedemikian rupa sehingga penduduk turut serta di dalamnya untuk menyediakan opsi alternatif. Tapi tentu kamu perlu riset lebih jauh soal ini, supaya tetap mendapatkan pengalaman yang baik dan berkesan.

Salah satu dari sekian banyak pilihan yang tersedia untuk urusan ini adalah paket liburan yang sudah memasukkan akomodasi di dalamnya. Paket ini biasanya ditawarkan dengan harga lebih terjangkau alih-alih kamu membeli tiket pesawat dan mencari akomodasi secara terpisah.

Cara Mengatur Budget Liburan di Pos Makanan dan Aktivitas yang Dilakukan

cara mengatur budget liburan
Sumber: EIGER Adventure

Setelah tahu cara mengatur budget liburan di pos transportasi dan akomodasi, kamu juga perlu tahu caranya pada sektor makanan dan aktivitas. Selain dua poin sebelumnya, pengeluaran untuk makanan dan berbagai aktivitas selama liburan juga harus diperhatikan supaya tidak sampai menjadi titik pemborosan.

Hemat untuk Makan

Meskipun hanya beberapa kali, tapi ketika kamu bisa memasak makananmu sendiri selama liburan maka dampaknya pada pengeluaran akan cukup signifikan. Ini kenapa untuk liburan ekonomis, sangat direkomendasikan mencari akomodasi yang memiliki dapur sebagai fasilitasnya.

Jika tidak memungkinkan, kamu bisa mencoba mencari rekomendasi tempat makan warga lokal yang cenderung terjangkau. Ingat, hindari makan di restoran hotel atau makan di tempat wisata, sebab harga yang diberikan relatif tinggi.

Aktivitas yang Gratis atau Murah

Beberapa aktivitas seru tidak berarti harus mengeluarkan biaya yang besar. Berkunjung ke museum, taman kota, pantai yang terbuka untuk umum, atau hiburan lain yang diselenggarakan secara gratis akan memberikan potongan besar pada pengeluaran liburanmu.

Beberapa kota atau destinasi memiliki apa yang disebut kartu diskon wisata atau city pass, yang memberikan potongan harga pada beberapa hal selama kamu liburan di lokasi tersebut. Jadi, seru tidak harus boros ‘kan?

4 Tips Tambahan untuk Liburan Hemat, Kuncinya Disiplin

cara mengatur budget liburan
Sumber: EIGER Adventure

Setelah tahu cara mengatur budget liburan di atas, ada empat tambahan tips yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan budget yang kamu punya.

  • Pertama, bawa perlengkapan sendiri untuk berhemat. Botol air minum, kemudian camilan, perlengkapan mandi, dan perlengkapan harian lain yang bisa dibawa akan mencegah dari pembelian barang-barang sekali pakai selama liburan. Z-Kane Water Bottle bisa jadi opsi menarik, dengan harga terjangkau dan pilihan warna yang beragam
  • Kedua, gunakan transportasi umum. Kamu tidak perlu menyewa kendaraan saat liburan. Pelajari jalur transportasi umum yang ada di daerah tujuan atau kamu bisa berjalan kaki untuk menjelajah
  • Ketiga, hindari belanja impulsif. Disiplin ketika memegang uang dan kartu jadi kunci agar tidak sampai kehilangan banyak uang dalam urusan belanja impulsif. Buat daftar belanja yang rinci, dan bawa uang secukupnya
  • Keempat, gunakan kartu kredit travel yang menawarkan poin reward atau cashback untuk transaksi yang kamu lakukan selama liburan

Baca Juga: 9 Tips Liburan Hemat dan Mengesankan, Tentukan Destinasimu! 

Meski terdengar akan memotong satu dan lain hal dalam biaya yang dikeluarkan, tapi cara mengatur budget liburan di atas bisa tetap memberikan pengalaman yang berkesan. Tidak harus mahal dan mewah, pengalaman liburan idealnya terletak pada kesenangan yang bisa dirasakan dan efek sesudahnya saat kamu kembali ke rutinitas harian.

Kamu bisa mulai merencanakan liburanmu dengan pengelolaan biaya yang lebih baik berdasarkan insight di artikel ini. Memang akan perlu penyesuaian di satu dan lain hal, tapi setidaknya dengan begini kamu bisa mendapat bayangan bagaimana cara liburan yang tetap hemat tapi berkesan, sehingga kamu bisa liburan lebih sering dan mendapatkan pengalaman baru setiap saat.

Pengalaman liburan yang seru juga selalu didukung dengan gear solid, seperti yang disediakan EIGER Adventure. Selain tahu cara mengatur budget liburan, kamu juga bisa lebih jauh mencari produk berkualitas dari EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu.

 Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia dan maksimalkan tips cara mengatur budget liburan sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru