HomeTips & TrickRiding7 Cara Menghilangkan Pegal di Kaki Setelah Bersepeda

7 Cara Menghilangkan Pegal di Kaki Setelah Bersepeda

Halo Eigerian! Pandemi COVID-19 lalu memberikan banyak perubahan pada kebiasaan kita nih. Pergeseran kebiasaan ini memunculkan beragam hobi baru, seperti berkebun dan bersepeda. Namu, kegiatan fisik ini terkadang bikin kaki pegal. Bagaimana cara menghilangkan pegal di kaki?

Hobi tersebut sempat happening di tahun 2021 lalu, sebab banyak orang yang ingin menjaga kebugaran di masa pandemi. Bersepeda adalah hobi yang kini semakin disukai banyak orang.

Bahkan, beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bogor, dan Bandung sampai membuat jalur khusus bagi para pesepeda. Hal ini menunjukKan betapa tingginya antusias orang-orang untuk menjajal hobi yang satu ini.

Meski menyehatkan, olahraga bersepeda kerap kali menyebabkan rasa pegal di kaki. Rasa pegal ini pastinya membuat kita merasa tidak nyaman, ya

Lantas, apa penyebab pegal-pegal ini dan gimana cara menghilangkan pegal di kaki?

Baca Juga: Perhatikan Tips Memilih Sepatu Mendaki Supaya Nyaman Selama Pendakian!

Muncul Pegal Setelah Bersepeda, Apa Sebabnya?

cara menghilangkan pegal di kaki
(Foto mengayuh sepeda. Sumber: EIGER Adventure)

Rasa pegal yang muncul setelah bersepeda memang cukup mengganggu. Banyak orang yang mencoba berbagai cara menghilangkan pegal di kaki, apakah Eigerian termasuk salah satunya?

Untuk mengatasi pegal ini, tentunya kita perlu mencari tahu apa penyebabnya. Rasa pegal dan nyeri otot ini biasanya terjadi karena adanya gangguan pada sendi atau jaringan di sekitarnya, seperti tendon, ligamen, tulang, dan otot.  

Tingkat keparahan pegal dan nyeri otot bisa berbeda, mulai dari ringan, sedang, hingga parah. 

Eigerian, rasa pegal ini bisa dipicu karena olahraga yang berlebihan, karena sendi, tulang, dan otot dipaksa bekerja lebih keras.

Mengangkat beban terlalu berat juga bisa memicu rasa pegal. Sebab, otot kita bisa berkontraksi dan menjadi tegang. Bersepeda dengan posisi tubuh yang salah juga bisa memicu pegal.

Apalagi jika posisi bersepeda yang salah ini dilakukan dalam waktu yang lama, otot dan sendi akan semakin tegang dan muncul rasa pegal. 

Oleh sebab itu, memilih ukuran sepeda dan posisi duduk yang sesuai sangat penting nih, Eigerian!

Baca Juga: 6 Cara Agar Badan Wangi Sepanjang Hari Meski Berkegiatan Outdoor

Cara Menghilangkan Pegal di Kaki Dengan Cepat

hilangkan pegal di kaki
(Foto dua orang pria bersepeda di desa. Sumber: Unsplash.com)

Setelah kita mengetahui pemicu rasa pegal pasca bersepeda, kita jadi bisa melakukan pencegahan dan penanganan yang tepat. 

Nah, berikut beberapa cara menghilangkan pegal di kaki dengan cepat.

1. Lakukan Pemanasan dengan Benar

Cara menghilangkan pegal di kaki dengan cepat dan alami yang pertama adalah melakukan pemanasan. Pemanasan sebelum bersepeda bisa membuat otot jadi lebih rileks.

Semakin rileks otot kita, semakin kecil kemungkinan otot menjadi tegang dan memicu rasa pegal. Oleh sebab itu, pastikan Eigerian sudah melakukan peregangan sebelum mulai gowes, ya!

2. Lakukan Pendinginan Usai Bersepeda

Selain pemanasan,  juga kita perlu melakukan pendinginan. Tiap kali bersepeda, tentu kita tak lupa melakukan pemanasan supaya tidak cedera.

Namun, jangan lupa melakukan pendinginan usai bersepeda. Selama bersepeda, pembuluh darah di tungkai akan melebar. 

Jika kita berhenti tiba-tiba, darah akan terkumpul di tungkai dan membuat kita merasa pusing.

Pendinginan pasca bersepeda bisa membantu memulihkan rasa pusing dan ketegangan otot kaki.

3. Kompres Air Hangat

Cara menghilangkan pegal di kaki secara alami berikutnya, yaitu dengan dikompres air hangat. 

Mengompres kaki dengan air hangat bisa membuat otot kita menjadi lebih rileks dan mengurangi rasa pegal.

Eigerian bisa mengompres kaki yang pegal dengan handuk hangat, atau merendam langsung kaki kita di dalam air hangat selama beberapa menit. Hindari memaksakan otot kita terlalu keras saat bersepeda, ya!

Baca Juga: 7 Cara Bersepeda yang Baik di Jalan Raya, Simak di Sini!

4. Banyak Minum Air

banyak minum air
(Foto rombongan pesepada di jalan. Sumber: EIGER Adventure)

Pastinya Eigerian sudah tahu bahwa sebagian besar komponen tubuh kita terdiri atas air. Memenuhi kebutuhan cairan setiap usai bersepeda sangat dianjurkan untuk meredakan rasa pegal secara alami.

Asupan air dan mineral akan menutrisi otot kita, sehingga otot bisa bekerja normal dan terhindar dari pegal dan nyeri.

5. Lakukan Pemijatan

Salah satu cara menghilangkan pegal di kaki dengan cepat adalah melakukan pemijatan. Eigerian bisa memijat bagian betis kaki dengan lembut menggunakan minyak urut atau minyak esensial.

Pijatan bertujuan untuk melemaskan otot yang kaku, melancarkan peredaran darah, dan mengurangi stres.

6. Minum Obat Pereda Nyeri

Jika rasa pegal di betis semakin parah, ada baiknya Eigerian berkonsultasi ke dokter. Biasanya, dokter akan memberikan obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan parasetamol.

Obat-obatan pereda nyeri bisa kita beli di warung atau apotek, namun jika rasa pegal terus berkepanjangan, sebaiknya kita periksakan ke dokter agar mendapat penanganan dengan tepat.

Baca Juga: Pentingnya Memilih Sepatu Sepeda yang Tepat 

7. Gunakan Atribut Bersepeda yang Nyaman

Cara mencegah rasa pegal di kaki dan di sekujur badan yang juga perlu kita perhatikan adalah memilih atribut bersepeda yang nyaman.

Penggunaan atribut yang tepat bisa membuat tubuh merasa lebih rileks dan leluasa dalam bergerak. 

Ada beberapa atribut wajib pesepeda yang sebaiknya kita gunakan. Misalnya, sarung tangan, baju dan celana yang elastis, kacamata, helm sepeda, dan sepatu olahraga.

Selain itu, saat bersepeda sebaiknya hindari membawa beban berat di punggung. Maka dari itu, Eigerian bisa menggunakan tas khusus bersepeda yang biasa dipasang di frame sepeda.

Nah, Eigerian bisa menemukan dan membeli tas sepeda EIGER yang bisa dibeli melalui website Eiger Adventure Official. 

Selain tas, kita juga bisa membeli atribut bersepeda lain seperti sarung tangan, kacamata, bandana, dan masih banyak lagi.

Berbelanja perlengkapan bersepeda dan olahraga di EIGER Adventure Official, dijamin beraneka ragam produk-produk original yang berkualitas untuk pria dan wanita. 

Yuk, persiapkan atribut bersepeda yang nyaman sebelum gowes!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments