HomeTips & TrickRidingIni 6 Cara Menghilangkan Rasa Takut Naik Motor saat Belajar

Ini 6 Cara Menghilangkan Rasa Takut Naik Motor saat Belajar

Rasa takut naik motor untuk pemula memang masih banyak ditemui. Hal ini wajar, karena berkendara dengan motor memang memerlukan kemampuan tersendiri. Tapi tak perlu cemas, karena di artikel ini kamu bisa menemukan cara menghilangkan rasa takut naik motor, terutama saat belajar pertama kali.

Selain akan menemukan cara menghilangkan rasa takut, kamu juga akan menemukan sedikit tips belajar mengendarai motor dengan cepat. Tentu, tips ini sifatnya adalah umum, dan akan perlu adaptasi atau penyesuaian pada cara belajar yang kamu gunakan.

Maka tanpa berlama-lama lagi, mari masuk bahasan pertama, terkait cara menghilangkan rasa takut naik motor.

6 Cara Menghilangkan Rasa Takut Naik Motor

cara menghilangkan rasa takut naik motor
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

1. Pertama, Kenali Penyebabnya

Mengenali penyebab rasa takut naik motor akan jadi bagian besar untuk berkendara dengan percaya diri. Banyak faktor yang bisa jadi pemicu rasa takut ini. Kamu bisa membicarakannya dengan orang yang akan mengajarimu berkendara dan lebih berpengalaman, sehingga bisa menemukan cara mengatasinya.

2. Belajar Bersama Orang yang Kamu Percaya

Tips kedua, adalah belajarlah bersama orang yang kamu percaya. Orang ini juga wajib memiliki pengalaman berkendara, dan fisik yang cukup kuat sebagai langkah preventif manakala kamu memerlukan bantuan. Kamu bisa menggunakan jasa tempat kursus, atau orang yang kamu kenal dan berpengalaman dalam mengendarai sepeda motor.

Baca Juga : 7 Perlengkapan Touring Motor yang Diperlukan, Klik Di Sini!

3. Jangan Ngebut

Pada fase belajar, biasanya kepanikan akan datang saat motor melaju terlalu cepat. Tentu saja, himbauan ini juga berlaku untuk kamu yang sudah bisa berkendara dengan baik. Jangan terlalu ngebut saat berkendara, karena bisa mengurangi kontrol pada kendaraan. Berkendara perlahan, dan nikmati saja perjalanan yang kamu lakukan.

4. Belajar di Tempat yang Sudah Kamu Kenal

Belajar di area yang sudah kamu kenali bisa membantu kamu mengurangi rasa takut saat naik motor. Setidaknya, alam bawah sadar akan mengenali lingkungan dan merasa lebih nyaman. Tidak ada salahnya memang belajar di tempat baru, namun dengan pengenalan yang lebih baik, effort yang dilakukan tubuh dan otak dalam belajar motor akan lebih bisa difokuskan.

5. Percaya Diri

Agak klise memang, tapi cara menghilangkan rasa takut naik motor adalah dengan meningkatkan percaya diri. Terus katakan dan berikan sugesti pada diri sendiri bahwa kamu bisa. Sambil tetap berkonsentrasi, perlahan mulailah menarik tuas gas motor yang kamu kendarai.

6. Pastikan Proteksi Diri

Takut naik motor karena kekhawatiran akan cedera tentu dimiliki beberapa orang. Untuk mengatasinya, kamu bisa memastikan penggunaan riding gear yang berkualitas dan terjamin keamanannya. Mulai dari helm, jaket, hingga footwear, semua bisa didapatkan dengan mudah dan model yang menarik.

Selanjutnya, Ini Tips Cepat Belajar Naik Motor

cara menghilangkan rasa takut naik motor
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Nah untuk lebih cepat dalam proses belajar naik motor hingga mahir, kamu bisa mengikut beberapa tips berikut ini.

1. Pelajari Cara Operasional Motor

Memang sifatnya sangat dasar, tapi belajar teori mengenai sepeda motor yang akan kamu gunakan akan sangat membantu memudahkan proses belajar berkendara. Dengan mengetahui apa saja fungsi setiap tombol dan tuas, kamu akan lebih cepat membiasakan diri.

Operasional motor yang lain adalah terkait jenis motor, apakah motor matic, atau motor yang menggunakan persneling, atau motor yang menggunakan kopling. Ketiganya memiliki cara operasional yang berbeda, sehingga mengenalnya terlebih dahulu bisa membantu kamu lekas mahir berkendara.

2. Belajar di Tempat Sepi

Baik jalanan komplek atau lapangan, sangat disarankan untuk belajar di tempat sepi. Jika kamu benar-benar tidak bisa berkendara dan belajar dari nol, cara ini akan lebih efektif karena bisa mengurangi kecemasan atau serangan panik yang mungkin datang jika belajar di area ramai.

Belajar di tempat sepi juga akan membantu kamu berkonsentrasi dengan mekanisme dan cara berkendara, alih-alih terpecah fokus pada objek lain. Saat nantinya kamu sudah lancar kamu bisa mencoba ke jalan atau area yang memiliki lebih banyak halangan.

Ingat, saat turun ke jalan raya, pastikan kamu sudah benar-benar mahir dan mampu berkendara sesuai aturan. Hal ini bisa dipastikan dengan lulus ujian SIM C.

3. Menggunakan Tempat Kursus

Belajar mengendarai motor bisa dilakukan dengan lebih cepat ketika kamu menggunakan jasa tempat kursus. Hal ini bisa terjadi, karena pemandu kursus yang bekerja di tempat tersebut memiliki keahlian berkendara, dan mampu membimbing kamu mahir berkendara.

Biasanya kemampuan berkendara ini juga juga diimbangi dengan kemampuan komunikasi yang baik, sehingga instruksinya bisa mudah dipahami. Jadi kamu bisa belajar secara cepat, menyerap apa yang disampaikan, dan menjadi mahir dalam waktu singkat.

Baca Juga : 5 Inspirasi Style Sunmori yang Keren Maksimal 

Memang, cara menghilangkan rasa takut naik motor bisa dilakukan dengan berbagai jalan. Namun setidaknya ketika kamu mengenakan riding gear berkualitas, kamu akan merasa aman dan lebih percaya diri. Eiger Adventure, akan jadi partner riding yang tepat untuk kamu. Memiliki banyak pilihan produk, kualitas yang terjamin, serta nyaman ketika digunakan, kamu bisa beli di Eiger Adventure official. Semua produk akan melindungimu dari cedera yang mungkin terjadi, dan meningkatkan proteksi saat berkendara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru