HomeTips & TrickMountaineering 7 Cara Mengusir Lintah atau Pacet di Alam Bebas

 7 Cara Mengusir Lintah atau Pacet di Alam Bebas

Lintah atau yang juga sering disebut dengan pacet, salah satu hewan yang sering kita temui saat mendaki. Hewan ini bentuknya mirip dengan cacing, warnanya kecoklat-coklatan dan berlendir. Dengan ukuran yang kecil dan warna yang gelap, membuat pacet sulit dihindari ketika melakukan pendakian. Pacet atau lintah memang tidak berbahaya namun, ketika hewan tersebut berhasil menggigit dan terus meminum darah kita, lama kelamaan kaki akan merasa gatal. Banyak orang mencari tahu cara mengusir lintah, selain karena mengganggu hewan ini juga terlihat menjijikan.

Saat menyedot atau menggigit bagian tubuh kita, lintah mengeluarkan zat khusus yang mencegah darah membeku. Lintah tidak akan berhenti sebelum ia merasa kenyang, semula yang ukurannya hanya seukuran batang korek api, setelah lama kelamaan akan berubah menjadi gendut. Kita tidak akan terlalu merasakannya, namun tiba-tiba kulit akan terasa gatal. Yuk cari tahu lebih lanjut cara mengusir lintah lewat artikel dari EIGER berikut ini. 

5 Cara Mengusir Lintah Yang Ampuh!

1. Air Tembakau

Lintah tidak menyukai bau dari tembakau, maka dari itu air dari tembakau jadi salah satu cara mengusir lintah. Tips ini sering kita dengar. Tembakau dicampur air dan dikocok, lalu dioleskan ke kaki. Pacet tidak suka bau tembakau sehingga tidak bakal melekat. Cara ini jadi salah satu cara teraman untuk melepaskan gigitan pacet dengan aman. Campurlah tembakau dengan air lalu siramkan ke tempat lintah menyedot darah kita. Tak perlu menunggu lama kemudian dijamin pacet akan melepaskan diri karena tidak tahan dengan zat yang terdapat pada tembakau.

2. Api Atau Puntung Rokok

Panas dari api atau bara puntung rokok sangat ampuh untuk melepaskan gigitan lintah. Tempelkan bara ke tubuh lintah, dan hewan itu pun akan segera merasa kepanasan dan segera melepaskan gigitannya. Jika Eigerian tidak merokok setidaknya bawalah korek api untuk berjaga-jaga selama pendakian. 

3. Minyak Tanah Jadi Sakah Satu Cara untuk Mengusir Lintah 

Sulit memang untuk melepaskan gigitan lintah, selain itu juga akan terasa sakit. Maka dari itu butuh aroma yang kuat untuk melepaskan gigitannya. Dengan aromanya yang kuat akan memberikan rasa yang berbeda pada lintah sehingga lintah akan menganggapnya sebagai situasi yang tidak aman sehingga memutuskan untuk menghentikan gigitannya.

4. Air Garam 

Cukup dengan air garam kamu bisa melepaskan gigitan lintah. Cukup dengan menyiramkan air garam ke lintah yang sedang menggigit kulitmu. Siramkan terutama ke bagian mulutnya.  Pacet/lintah yang peka dengan rasa akan melepaskan gigitannya ketika merasakan asin dari garam. 

5. Gunakan Sunblock

Lintah cenderung tidak menyukai bau bauan dari sunblock. Bagi kamu yang tidak mau terkena gigitan lintah bisa menggunakan sunblock sebelum mendaki. Selain menghindari bahaya paparan sinar matahari, sunblock juga berguna untuk cegah gigitan lintah. 

Baca juga: Komplit! Inilah Daftar Perlengkapan Naik Gunung yang Wajib Dibawa

Hindari Lintah Sebelum Kena, Gunakan Apparel Yang Melindungimu! 

Salah satu cara untuk menghindari lintah adalah dengan menggunakan celana panjang dan kemeja panjang. Celana dan kemeja panjang dapat menghindari kita dari gigitan pacet yang mengganggu pendakian. Dapatkan kemeja panjang berkualitas dari EIGER yuk. Belanja Eiger original hanya eigeradventure.com.  Beli di website resmi EIGER Adventure ya. Belanja yuk keperluan , travelling dan riding dari EIGERmu disini. Pasti dapatkan harga terbaiknya. Siap kirim kemanapun, tanpa ongkos tambahan! Dengan customer service yang responsif 24 jam, kamu bisa bebas tanyakan info produk, diskon atau hal lainya. Makin tambah mudah juga dengan berbagai metode pembayaran loh! Checkout sekarang yuk!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru