HomeTips & TrickLifestyleJangan Bingung, Begini Cara Merawat Wajah Selama Mendaki Gunung

Jangan Bingung, Begini Cara Merawat Wajah Selama Mendaki Gunung

Faktanya, kegiatan mendaki gunung itu bukan hanya kegiatan milik kaum pria. Saat ini, semakin banyak wanita yang juga mencintai dunia pendakian. Nah, bagi para petualang cantik, tentunya kondisi wajah dan tubuh tetap menjadi perhatian pada saat mendaki. Lantas, bagaimana cara merawat wajah selama mendaki gunung? 

Berangkat mulus, begitu pulang kulit wajah dan tubuh jadi belang. Cuaca gunung yang kadang berangin, panas terik, dan dingin memang bisa mempengaruhi kulit wajah. Itulah mengapa cara merawat wajah seperti yang telah disebutkan di atas menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Di bawah ini ada beberapa cara merawat wajah selama mendaki gunung yang perlu diperhatikan.

Tips Ampuh Merawat Wajah Saat Naik Gunung

cara merawat wajah

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Eigerian coba praktekkan untuk merawat wajah selama mendaki gunung. Simak baik-baik, ya! Kalau perlu, Eigerian juga bisa mencatat tips di bawah ini supaya tidak lupa.

  1. Sebelum mendaki gunung, biasakan untuk memakai pelembap wajah yang mengandung SPF 50. Ini berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari paparan ultraviolet yang menyebabkan kulit terbakar.
  2. Lalu setengah jam sebelum jalan, biasakan untuk menggunakan sunblock. Walaupun udara di gunung itu dingin, tapi udara dingin juga bisa tetap membakar kulit wajah dan bibir. Sunblock ini sangat penting, bukan untuk menjaga agar tidak menjadi lebih gelap saja, tetapi juga agar terhindar dari resiko kanker kulit.
  3. Biasakan pakai Lip Balm setiap beberapa jam sekali, jangan tunggu sampai bibir kering dan pecah-pecah. Eigerian bisa menggunakan pelembap bibir yang tidak berwarna agar tidak terlalu mencolok.
  4. Jangan lupa bersihkan muka setelah mendaki. Eigerian bisa menggunakan lap basah, tisu wajah, ataupun kapas.
  5. Untuk pendaki wanita, usahakan tidak memakai make up berlebihan. Saat mendaki, kotoran, debu, dan keringat bisa menjadi tempat kuman di wajah dan dapat membuat wajah berjerawat. Jadi saat mendaki, biarkan wajah untuk menghirup udara segar di pegunungan.
  6. Banyak minum air putih, jangan sampai asupan air bagi tubuh kurang saat mendaki gunung.
  7. Walaupun sudah menggunakan sunblock, masker atau buff juga dapat digunakan sebagai perlindungan wajah tambahan. Eigerian bisa mengenakan masker sampai bagian batang hidung untuk melindungi sebagian besar area wajah.
  8. Untuk bagian mata dan sekitarnya, Eigerian bisa memanfaatkan kacamata hitam. Sebisa mungkin, gunakan kacamata hitam polarized yang bisa menyaring cahaya matahari sehingga area mata akan lebih terlindungi. Selain itu, memakai kacamata juga bisa melindungi area mata dari debu dan juga kotoran.
  9. Pada saat berada di titik istirahat, sempatkan untuk membasuh wajah menggunakan air hangat. Selain lebih bersih, air hangat juga bereaksi lebih lembut terhadap wajah dibandingkan dengan air gunung yang bersuhu dingin.

Stop! Jangan Sering Menyentuh Wajah

Penampilan tetaplah menjadi bagian yang tidak dapat dinomorduakan ketika para petualang wanita mendaki gunung. Ketika mendaki, Eigerian tentu akan menyentuh banyak hal seperti ranting, tanah, atau bebatuan. Sebaiknya, tahan tangan agar tidak terlalu sering menyentuh wajah, ya! Usahakan untuk selalu mencuci tangan atau menyekanya dengan tisu basah sebelum menyentuh wajah. Tujuannya adalah agar kotoran tidak menempel di wajah.

Tips Mengatasi Kondisi Kulit Wajah Usai Mendaki Gunung

cara merawat wajah

Kulit wajah yang terasa panas dan bahkan mengelupas bisa saja terjadi selama dan setelah mendaki. Hal ini disebabkan oleh suhu dan udara yang berubah, serta paparan sinar matahari yang didapat selama mendaki. Tetapi Eigerian tidak perlu khawatir. Setelah turun dari pendakian dan sampai di rumah, pertimbangkan untuk melakukan facial di salon untuk membantu mencerahkan wajah. Lakukan facial ringan hanya sekadar untuk membersihkan wajah dari sisa kotoran selama di perjalanan. Namun, sebaiknya tunggu hingga beberapa hari setelah pendakian atau tunggu sampai kulit wajah tidak lagi terasa panas atau tidak lagi mengelupas, ya. Sambil menunggu kulit kembali normal, Eigerian tetap bisa menjalani rutinitas penggunaan pelembap, krim siang, dan krim malam, serta membersihkan wajah dengan cleanser secara perlahan.

Penting untuk diingat, bahwa tipe kulit masing-masing orang itu berbeda. Mungkin beberapa orang memiliki cara perawatannya sendiri-sendiri. Namun, beberapa cara merawat wajah di atas dapat diaplikasikan bagi yang memiliki tipe kulit normal. Kalau sudah tidak risau lagi soal bagaimana cara merawat wajah selama mendaki gunung, kini saatnya kamu menyiapkan peralatan pendakian. Peralatan apa saja yang sudah masuk ke dalam tas carrier-mu? Jika ada yang kurang, khususnya peralatan mountaineering woman series, langsung saja dapatkan di Eiger Adventure. Tidak sembarangan, produk-produk yang kamu dapatkan di Eiger Adventure tentunya terbaik dan berkualitas dengan desain terbaru di setiap koleksinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru